Transmigrasi itu banyak banget lho manfaatnya…

transmigrasi

Sebelum lanjut ke bawah,yuk bedain dulu istilah transmigrasi dengan –grasi lainnya. Sambil flaschback pelajaran IPS zaman SD dulu. Transmigrasi adalah perpindahan penduduk dari pulau (daerah) yang padat penduduk ke pulau (daerah) yang jarang penduduknya. Imigrasi ialah perpindahan penduduk lintas negara untuk menetap. Emigrasi ialah perpindahan penduduk Indonesia ke luar negeri untuk menetap. Sedangkan grasi adalah ampunan yang diberikan kepala negara untuk narapidana yang kena hukuman.

Di antara sekian banyak –grasi, Wovgo cuma mau membahas Transmigrasi. Tidak meratanya persebaran penduduk di Indonesia yang berpusat di Pulau Jawa merupakan salah satu alasan pemerintah membuat program transmigrasi.

Wovger tahu nggak sih, trasnmigrasi itu nggak menakutkan. Meski jauh dari keluarga, ada manfaat tambahan yang bisa kamu dapatkan. Ini dia beberapa daftarnya.

1. Terlepas dari kejaran hutang.

nagih hutang

Foto : blogs.clicks.my.id

Aji mumpung. Itulah yang pertama kali terlintas ketika bertransmigrasi. Mumpung pergi ke luar daerah, sekalian nggak bayar utang. Hihi. Eh tapi cara ini nggak seharusnya diterapkan di dunia nyata. Tentu yang paling baik adalah lunasi lebih dulu utangnya sebelum pergi menetap ke daerah lain. Lunasi dulu ya, daripada kamu di tagih di akhirat, tambah berabe tuh!

2. Mempercepat move on dari bayang-bayang mantan yang dulu tinggal satu daerah.

move on

Foto : downloadgambarkata.com

Kalau kamu punya mantan yang susah banget dilupain, transmigrasi merupakan cara yang ampuh untuk melupakannya. Meski bayangannya masih nempel juga di kepalamu, setidaknya tidak kamu lihat lagi kenangan-kenangan di kota yang sama.

3. Menambah relasi.

relasi

Foto : mebiso.com

Sudah pasti dong menambah relasi. Di sana kamu nggak akan sendirian. kamu akan mendapat sanak saudara baru, kerabat baru, handai tolan baru. Dijamin nggak kesepian. Plis Wovger, pulau-pulau tersebut tentu ada penghuninya. Nggak cuma hutan-hutan saja isinya.

Dengan demikian, relasi dan pertemananmu menjadi semakin luas. Tidak menutup kemungkinan kalau kamu bisa mendapat teman dari seluruh Indonesia.

4. Lebih mandiri.

kerja keras

Foto : cafebaca.blogspot.com

Transmigrasi membuatmu menjadi lebih mandiri. Mengapa? Karena kamu jauh dari keluarga dan teman yang bisa menolongmu saat kesusahan. Di tempat baru ini, kamu menjadi dirimu sendiri. Seratus persen tanpa campur tangan orang lain.

Kamu harus mengambil tindakan sendiri, kamu harus mengambil keputusan sendiri, kamu harus bisa melakukan semuanya sendiri. Tenang, kamu pasti bisa bertahan kok. Manusia diciptakan dengan naluri bertahan hidup yang sangat kuat.

5. Penyebaran penduduk yang merata. Kamu bisa mendapatkan pasangan baru, atau jodohmu di sana.

kepadatan penduduk 2015

Foto : itoez.com

Dengan ikut transmigrasi, kamu telah mendorong pemerintah Indonesia untuk memeratakan penduduk Indonesia. Meski satu orang, tetap berpengaruh lho. Akan ada efek bola salju yang muncul.

Ssttt, kamu bisa juga menemukan jodohmu di sana. Bisa saja penyebab kamu gak dapat jodoh karena sudah terlalu banyak saingan di daerah asalmu. Kalau sudah begini, kamu harus melebarkan sayap ke daerah lainnya.

6. Mempelajari budaya dan bahasa baru.

budaya baru

Foto : it.avatar-nusantara.com

Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya. Artinya, setiap daerah memiliki adat-istiadat yang berbeda-beda. Begitu juga dengan tempat barumu ini. Adat-istiadatnya tidak mungkin sama dengan tempat asalmu. Baik itu budayanya maupun bahasanya.

Berpindah ke tempat baru berarti kamu harus mengikuti adat-istiadat mereka. Akibatnya, kamu jadi terdorong untuk mempelajari budaya dan bahasa mereka. Pengetahuanmu akan Indonesia menjadi bertambah luas karenanya. Secara tidak langsung, kamu juga telah membantu melestarikan kebudayaan Indonesia.

7. Terjadinya proses penyatuan budaya. Jurang kesukuan antardaerah semakin menipis.

berbeda beda tetapi tetap satu

Foto : tedikustandi.wordpress.com

Masyarakat Indonesia masih kental dengan kebanggan suku yang mengalir dalam darahnya. Masing-masing merasa superior dibanding yang lain. Padahal sejatinya, semua suku itu ya sama saja.

Dengan ikut transmigrasi, kamu telah memperkecil jurang budaya antarsuku di Indonesia. Kamu mempelajari budaya mereka dan mereka juga mempelajari kebudayaanmu.

8. Kamu telah ikut serta membangun Indonesia.

membangun indonesia

Foto : www.siperubahan.com

Meski tidak terlihat, kamu ternyata sudah ikut membangun Indonesia dengan mengikuti transmigrasi. Di tempat baru ini, tentunya kamu tidak hanya berpangku tangan dan mengandalkan orang lain saja bukan?

Kamu harus bekerja. Kamu harus mencari nafkah. Kamu harus membangun dan menata masa depanmu. Dan itu artinya, sedikit demi sedikit kamu telah membangun Indonesia.

***

Gimana Wovger? Banyak banget kan manfaat transmigrasi. Masih banyak lho pulau-pulau di Indonesia yang jarang penduduknya. Bukan cuma 1-2 tapi ribuan jumlahnya. Kira-kira, pulau mana yang akan menjadi tujuan transmigrasimu?

Oh iya, Selamat Hari Transmigrasi 🙂