Tips ampuh mengeringkan pakaian ala anak kos

mengeringkan jemuran

Hhhh…anak kos- anak kos, aku juga udah pernah ngerasain jadi anak kos…

Mungkin di antara kita ada yang sependapat kayak kutipan tadi. Sambil mengelus dada dan inget-inget, aku dulunya jadi anak kos model apa ya?

Sebenernya jadi anak kos itu susah-susah gampang kan, selain dituntut menjadi mandiri karena keadaan, kita juga harus pinter menghadapi ibu kos yang bawel, pembantu kos yang males-malesan hingga cuaca buruk sekalipun.

Cuaca seperti apa?

Itu loh cuaca hujan. Yang artinya cucianmu susah kering terus kamu harus lari-larian sambil teriak “Man..temaannn hujaaannn…angkat jemuraaaan!!!”

Ada yang kayak gini?

Wah, berarti kita samaan.

Tapi menurut kamu, pas jemuran udah terlanjur basah kena hujan. Apa sih yang biasanya kamu lakukan untuk mengeringkan pakaianmu?

Kalau menurut aku sih…

1. Menggunakan kekuatan kipas angin.

Menggunakan kipas angin buat ngeringin baju

Foto : bennypr36

Oke, menurut anak kos ada yang bilang menggunakan kipas angin merupakan cara ampuh untuk mengeringkan cucian basah.

Kita analisis, hmm…kalau dipikir-pikir boleh juga menggunakan kipas angin tapi sayangnya kalau kipas angin itu cuma cocok pakaian basah berskala kecil. Akan susah kalau kamu mengkipas semua pakaian di kamar kosan yang ruangannya nggak seluas itu.

Mungkin, kamu baru bisa dengan efisien menggunakan kipas angin untuk celana dalammu saja hahaha. Celana dalam atau CD yang basah kamu kipas semalaman dijamin akan jauh lebih kering.

2. Manfaatkan Magiccom atau Magicjar.

Manfaatkan magic com buat ngeringin baju

Foto : bennypr36

Loh guys kenapa kok nyengir?

Hehe..nggak asing sama benda ini ya dikosan…

Seperti halnya kipas angin, mesin penanak nasi ini bisa dijadikan alternatif mengeringkan pakaian. Caranya sama seperti kipas angin, taruh pakaianmu di atas magiccom semalam suntuk dijamin akan lebih kering.

But…cara ini sedikit nggak aman ya. Selain itu, cuma bisa mengeringkan benda-benda yang kecil juga seperti uang, dompet yaa paling besar celana dalam lah.

3. Triknya prioritaskan pakaian dalammu.

Utamakan pakaian dalam

Foto : bennypr36

Lagi-lagi kita bahas soal ‘daleman’, jangan menganggap tabu ya soalnya itu kenyataan. Sebagai anak kos yang baik memang harus memprioritaskan yang terpenting dulu termasuk menyelamatkan daleman waktu hujan.

Kita coba analisis lagi, apakah dengan menyelamatkan daleman terlebih dahulu menjadi sangat efisien?

Kalau saya sih yes ya,  mengutamakan daleman waktu hujan. Kenapa? Karena ini berhubungan dengan kebersihan daleman itu sendiri.

Daleman selalu cepat kotor karena dia seringkali bersinggungan dengan tubuh dan keringat jadi kebayangkan kalau daleman kena hujan. Euuww….akan banyak bakteri yang keburu menempel kalau nggak segera diangkat.

Kemeja dan jins mungkin masih nyaman kalau dipake dengan keadaan sedikit lembab tapi kalau daleman? Hmm..sayangi ‘masa depan’ organ-organ vitalmu sebelum terlambat.

4. Gerak cepat! Cerah jemur, mendung angkat.

Cerah Jemur, Mendung Angkat

Foto : bennypr36

Menurut kamu ampuh nggak sih cara ini?

Hmmm…mari kita pikirkan. Memang di musim penghujan intensitas sinar matahari yang sampai ke permukaan bumi jauh berkurang karena banyak mendung mulai berdatangan. Itu membuatmu memikirkan cara terefisien untuk mengeringkan jemuran.

Emang benar banget kamu harus jadi lebih peka dengan lingkungan sekitar. Bak BMKG berjalan ketika cuaca sedang panas-panasnya segeralah menjemur, tapi kalau udah ‘bau-bau tanah’ dan mendung tipis-tipis terlihat angkatlah jemuranmu.

Intinya adalah PEKA.

Tapi gimana kalau lagi nggak ada di kosan?

Eeeee….

5. Membuat kawat jemuran baru di tempat yang strategis.

Bikin Kawat Jemuran Baru di Tempat Strategis

Foto : bennypr36

Kalau menurut aku sih bikin lagi aja jemuran di tempat strategis, jadi kalau jemuran udah diangkat taruh di situ. Nanti bakalan kering kena sentuhan angin alami dari hujan.

Betul sekali! Cara ini juga dinilai ampuh maksimal. Logikanya, ketika turun hujan sedikit banyak ada angin yang seliwar-seliwer di dalam kosan. Kamu bisa memanfaatkan angin alami tersebut untuk mengeringkan pakaianmu.

Tentunya dengan syarat kamu juga harus bikin kawat jemuran baru di tempat yang teduh dan berpotensi terkena semilir angin hujan.

6. Kalau aku, suka pake kekuatan pahlawan super Iron-Man!

Ngeringin jemuran pakai strika

Foto : bennypr36

Haaa…ini menarik. Ada yang mengaku menggunakan kekuatan Iron-Man alias setrikaan untuk membuat pakaian kering maksimal.

Mungkin cara ini memang ampuh tapi beberapa anak kos tidak menyarankan hal ini. Kenapa?

Analisisnya sungguh mudah, ada kemungkinan perubahan panas-dingin mendadak di logam setrika memicu gejala pemuaian dan penyusutan di lempeng logam sehingga setrika akan cepat rusak jika sering-sering bersentuhan dengan pakaian yang lembab atau setengah kering.

Penjelasan yang detail kakak. Mungkin kamu menggunakan setrika sesekali aja, jangan keseringan.

7. Yang paling efektif ya Laundry lah..

Biar pakaian cepet kering, ya cuci aja di laundry

Foto : bennypr36

Jalan terakhir adalah laundry, ya iya lah nggak usah kebanyakan mikir solusi agar cucianmu kering. Sudah ada banyak jasa laundry di sekitar kosmu. Dengan membayar Rp5000 per kilonya kamu udah merasakan sensasi pakaian kering seketika tanpa terkena hujan sedikitpun. Baju juga jadi harum dan nggak bau apek….

***

Nah itu dia beberapa tips ngeringin baju ala anak kos yang bisa kamu coba di kosan. Kalau kamu punya tips unik lainnya, share di kolom komentar ya.

Foto : @bennypr36