Ini lho yang harus kita lakukan agar Bahasa Indonesia jadi bahasa internasional

indonesia jadi bahasa internasional

Apa bahasa internasional yang kita gunakan saat ini? Sudah pasti jawabannya, bahasa Inggris. Eh tapi ada yang tahu nggak sih kenapa bahasa Inggris bisa jadi bahasa internasional? Tidak lain karena kegigihan bangsa Inggris untuk melebarkan sayapnya ke negara lain.

Bisakah bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional? Bisa banget. Masih ada harapan bagi kita untuk menjadikan bahasa ibu kita menjadi bahasa dunia. Gimana caranya? Wovgo punya caranya nih, di bawah ini.

1. Pemerintah Indonesia harus melakukan ekspansi besar-besaran dan aktif melakukan perundingan dengan negara lain.

kerja sam

Foto : suaradesa.timesindonesia.co.id

Perjuangan bahasa Inggris untuk menjadi bahasa internasional tidaklah mudah. Dibutuhkan waktu ratusan tahun dan pengorbanan yang tidak sedikit. Di abad ke-19, Inggris merupakan negara yang paling aktif melakukan kolonialisme.

Mereka pergi mengarungi samudera untuk menguasai negara-negara baru. Dan mereka selalu membawa bahasa Inggris kemanapun mereka pergi. Akibatnya, bisa dilihat hingga saat ini. Bahasa Inggris merupakan bahasa resmi atau setidaknya menjadi bahasa kedua di negara-negara bekas jajahan Inggris. Lihat saja negara tetangga kita, Malaysia dan Singapura.

Pemerintah Indonesia tentu harus melakukan ekspansi agar bahasa Indonesia bisa menjadi bahasa internasional. Ekspansinya harus ekspansi yang positif. Misalnya, rutin mengadakan perundingan-perundingan.

2. Ekspansi besar-besaran dari pemerintah harus dibantu dengan sukarelawan dan aktivis.

volunteer

Foto : www.trinityhospice.co.uk

Tentunya pemerintah tidak bisa berjalan sendiri. Ia harus didukung banyak pihak untuk mensukseskan menginternasionalnya bahasa Indonesia. Dukungan ini berasal dari relawan dan aktivis.

Bahasa Inggris pun demikian. Di Indonesia ini, banyak sekali komunitas dan organisasi yang tujuannya membanntu anggotanya agar mahir berbahasa Inggris. Bahkan di Kediri sana, ada satu kampung yang dijuluki ‘Kampung Inggris’. Yup, tepat sekali, namanya Pare.

Nah, Indonesia membutuhkan banyak sekali komunitas dan organisasi yang tujuannya membantu anggotanya mahir berbahasa Indonesia. Gimana Wovger? Bersediakah kamu jadi anggotanya?

3. Semua-muanya harus menggunakan bahasa Indonesia. Tanpa terkecuali.

dialog

Foto : genius.com

Semua-muanya itu apa? Ya, semua-muanya. Tanpa disadari, hal-hal yang terdapat di sekitar kita tidak sepenuhnya berbahasa Indonesia. Iklan-iklan yang ada di media masih disisipi bahasa Inggris. Komposisi bahan makanan yang ada dibungkus makanan masih menggunakan terjemahan bahasa Inggris. Cara ngomong kita pun juga kadang kita sisipi bahasa Inggris.

Misalnya, kita lebih sering menggunakan kata LDR (Long Distance Relationship) dibanding menggunakan istilah bahasa Indonesia. Kenapa sih harus pake LDR? Kenapa nggak bilang HJJ (Hubungan Jarak Jauh) atau PJJ (Pacaran Jarak Jauh)?

Di sinilah peran kita sangat berarti untuk membantu bahasa Indonesia agar menjadi bahasa internasional.

4. Indonesia harus menjadi pusat perkembangan sains dan teknologi di seluruh dunia. Bukan tugas yang mudah, tapi pasti bisa dicapai.

indonesia

Tips kelima, Indonesia harus menjadi pusat perkembangan sains dan teknologi.

Kok bisa sains dan teknologi mendorong tumbuhnya bahasa internasional?

Gini deh sederhananya, kenapa sih komputer itu pakai bahasa Inggris? Karena komputer banyak diproduksi di Amerika Serikat yang notabenenya pakai bahasa Inggris.

Coba kalau awalnya komputer diproduksi di Indonesia, ia mungkin akan menggunakan bahasa Indonesia. Demikian juga di bidang sains. Indonesia harus mampu melahirkan peneliti-peneliti kelas dunia dan menerbitkan jurnal-jurnal berkualitas dalam bahasa Indonesia. Mau nggak mau peneliti asing jadi sedikit mengenal bahasa Indonesia.

5. Indonesia harus menjadi magnet di semua bidang, terutama bidang industri. Tujuannya, untuk menarik orang lain berbondong-bondong datang kemari.

magnet

Foto : www.publicdomainpictures.net

Poin terakhir inilah yang menentukan berhasil/tidaknya bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional. Coba sejenak kita hadapkan kepala ke negara Amerika Serikat, Inggris, dan negara lain yang bahasa resminya bahasa Inggris.

Negara-negara tersebut supermaju dan sangat adidaya karena unggul di semua sisi. Dari sisi industri, jelas bahwa negara tersebut merupakan negara-negara kaya. Dari sisi pendidikan, mereka juga tak kalah maju.

Nah, agar bahasa Indonesia bisa digunakan secara internasional, Indonesianya dulu harus dimajukan. Pendidikannya dikembangkan, industrinya dikuatkan, hukumnya ditegakkan, pemerintahannya dibenahi, tata kotanya diperhatikan. Kalau Indonesia sudah bisa menjadi surga, siapa sih yang bisa memalingkan muka dari negara ini?

***

Itulah beberapa cara yang mungkin dilakukan agar bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi. Tentu saja masih ada harapan suatu hari nanti. Jadi, apa yang akan kamu lakukan jika bahasa Indonesia benar-benar menjadi bahasa dunia?