10 Pantai di Malang ini akan membuatmu klepek-klepek

pantai di Malang

Siapa sih yang gak tau tentang Arema dan Apel Malang yang beken itu. Image Malang emang udah melekat banged sama kedua hal itu. Tapi siapa yang menyangka kalo Malang juga punya jajaran pantai yang begitu keren.

Kalo ngomong tentang wisata di Malang, yang ada di pikiran Wovger pasti ya itu-itu ajah. Yok mulai liat gimana keindahan pantai-pantai di Malang ini.

1. Pantai Bajul Mati dengan keindahan teluk-teluknya.

Pantai Bajul Mati

Foto : suetoclub.wordpress.com

Pantai Bajul Mati lokasinya berada di desa Bajulmati, Desa Gajah Rejo, Kecamatan Gedangan, Malang. Jaraknya sekitar 58 km dari Kota Malang.

Sebelum Wovger memasuki kawasan pantai, Wovger akan melewati jembatan sepanjang 90 meter berbentuk setengah lingkaran. Desainnya sangat artistik, disini Wovger juga bisa melihat pemandangan bukit-bukit karang dan lautan, tenang ajah gak ada pemandangan mantan. Dan disini jadi spot foto yang keren banget.

Untuk masuk kekawasan pantai, Wovger hanya harus membayar Rp. 4.000,-.

BACA JUGA : Trenggalek mungkin terdengar asing. Tapi Kabupaten ini menyimpan segudang pantai yang wow banget!

Disini Wovger akan disambut dengan hamparan pasir putih yang masih bersih dengan bebatuan bebatuan karang yang terlihat begitu menawan. Pantai Bajulmati ini juga mempunyai teluk-teluk yang indah. Tapi sayangnya karena kondisi pantai yang curam dan ombak yang besar, Wovger jangan berenang disini dech.

Untuk fasilitas di pantai ini sudah cukup lengkap dengan warung-warung, toilet, mushola, hingga homestay. Disini Wovger juga bisa menyewa tenda untuk camping dikawasan ini.

2. Pantai Balekambang, sekilas akan membuatmu berpikiran bahwa kamu sedang ada di Tanah Lot.

Pantai Balekambang Malang

Foto : nginepmana.com

Pantai ini terkenal banged di Malang, percaya ajah dech. Bentuknya yang kaya Tanah Lot lah yang menjadikan pantai ini terkenal banget. Ada sebuah Pura yang ada dipulau ismoyo dan dihubungkan dengan jembatan, epik banged asli.

Panti ini lokasinya ada di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Panti ini sekitar 65 km kearah selatan Malang. Fasilitasnya sudah sangat lengkap, bahkan ada flying fox, persewaan ATV, dan taman bermain anak. Penginapan dikawasan pantai ini juga sudah ada banyak.

Untuk bisa masuk kawasan pantai ini Wovger harus membayar tiket Rp. 20.000,-, agak mahal sih tapi Worth it lah.

BACA JUGA : Ini dia spot wisata di pulau Bawean yang indahnya luar biasa

3. Pantai Ngliyep dengan kealamian hutan lindung disekitar pantainya.

Pantai Ngliyep Malang

Foto : halomalang.com

Pantai ini lokasinya ada di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 62 km arah selatan dari Kota Malang. Fasilitsnya sangat lengkap mulai dari toilet, tempat parkir, warung-warung makan, penginapan, bahkan cottage.

Ngliyep memiliki panorama yang sangat indah, memiliki hamparan pasir putih yang lembut. Ngliyep dikelilingi oleh tebing-tebing yang curam dan hamparan hutan tropis di sekitarnya. Terdapat sebuah pulau kecil bernama Gunung Kombang yang terdapat sebuah petilasan yang bisa dikunjungi.

BACA JUGA : Ini dia beberapa destinasi wisata di Kebumen yang ‘wow’ banget!

Untuk masuk ke kawasan ini Wovger hanya perlu membayar tiket seharga Rp. 5.000,-. Tapi sayangnya, sekarang Ngliyep kurang dikelola dengan baik karena masih terjadi persengketaan lahan antara pemerintah daerah dengan Perum Perhutani.

4. Pantai Goa Cina mempesona bak wanita yang masih gadis.

Pantai Goa Cina Malang

Foto : kepanjen.web.id

Pantai ini memiliki pasir yang lembut dan putih masih terlihat bersih ditambah adanya pemandangan sekeliling yang pantai yang mempesona, berpadu dengan air pantai yang bening. Dari pantai ini Wovger bisa menikmati keindahan sunrise yang istimewa banget. Tiga pulau yang terlihat dari pantai yaitu Pulau Bantengan, Pulau Goa China dan Pulau Nyonya menambah keindahan pantai ini.

BACA JUGA : Ayo berwisata ke Kabupaten Batang, serpihan surga lain di provinsi Jawa Tengah

Lokasi pantai ini terletak di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang. Sebelum memasuki Pantai Goa China juga akan melewati Jembatan Bajulmati. Lokasi dengan pantai Bajulmati juga tidak begitu jauh, hanya sekitar 7km.

Untuk bisa menikmati pesona dipantai ini Wovger hanya perlu membayar tiket kurang lebih Rp. 10.000,-. Fasilitas yang ada dipantai ini cukup lengkap kok mulai warung makan, musholla, masjid, kamar mandi, dan tempat parkir.

5. Pantai Sendang Biru dengan pasir putih dan air biru jernih.

Pantai Sendang Biru Malang

Foto : wisatamalang.info

Lokasi pantai ini berada di Dusun Sendangbiru, Desa Tambakrejo,Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Pantai Sendangbiru merupakan salah satu wanawisata yang dimiliki oleh Perum Perhutani dan dikelola oleh KBM JLPL Unit II. Jarak dari Kota Malang sekitar 67 kilometer.

BACA JUGA : 12 gunung di Pulau Jawa yang senantiasa menunggumu untuk didaki

Selain menjadi tempat wisata yang populer, pantai ini juga merupakan salah satu pusat kegiatan nelayan di Malang. Disini juga terdapat Tempat Pelelangan Ikan, jadi Wovger bisa sekalian belanja ikan segar disini. Fasilitas disini juga sudah cukup lengkap, yang akan menjadikan wisata Wovger terasa lebih nyaman. Tapi memang agak disayangkan karena tidak ada penginapan, ya namanya juga masuk kawasan hutan lindung.

Untuk masuk kesini Wovger hanya perlu membayar tiket sebesar Rp. 5.000,-.

6. Pantai Sipelot dengan ombaknya yang tenang.

Pantai Sipelot Malang

Foto : pemandanganalamindonesiaa.blogspot.com

Pantai ini masuk diwilayah Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jalan menuju Pantai Sipelot Wovger harus melewati jalan yang sempit dan berkelok.

Disini Wovger akan disambut dengan bentangan pasir putih yang indah dengan hempasan ombak yang begitu tenang. Di sepanjang tepi pantai banyak pepohonan yang bisa digunakan berteduh para pengunjung. Disini juga terdapat Curug Sipelot. Wovger bisa mengunjunginya dengan menyewa perahu nelayan seharga Rp. 50.000,- untuk mengantar menyusuri teluk menuju curug tersebut.

BACA JUGA : Pantai selalu menjadi primadona. Nah, buat kamu yang berwisata ke Jawa Timur, wajib banget mengunjungi 10 pantai berikut ini

Wovger juga bisa merasakan keindahan lain dari atas bukit didekat pantai ini. Wovger bisa melihat bagaimana keindahan pantai dari ketinggian. Dari perbukitan tinggi yang hijau disekitar pantai ini, Wovger bisa melihat garis pantai sipelot yang panjang dan berbentuk melingkar mirip seperti danau.

Fasilitas disini cukup lengkap area parkir luas, warung makan, mushala dan toilet. Dan satu lagi, untuk memasuki Pantai Sipelot ini, Wovger tidak akan dipungut biaya masuk. Wuahaha Feemazing.

7. Pantai Kondang Merak dihiasi pepohonan serta batu karang besar yang kokoh.

Pantai Kondang Merak

Foto : jonosbrothers.wordpress.com

Lokasi pantai ini ada di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Jaraknya sekitar 64 km dari kota Malang. Jika Wovger dari pantai Balekambang, lokasinya ada disebelahnya, jaraknya kurang lebih 2 km di sebelah Pantai Balekambang.

Pantai ini menjadi destinasi snorkling yang patut Wovger coba. Disini Wovger juga bisa berenang dengan nyaman karena gelombang di Pantai Kondang Merak tidak terlalu besar. Ombak ini terpecah dengan keberadaan batu karang menjulang yang berjajar di radius sekitar 200 meter dari bibir pantai. Garis pantainya disini cukup panjang dengan pasir putih membentang dan pepohonan ditepiannya.

BACA JUGA : Kalau berwisata ke Madura, jangan lupa mengunjungi tempat-tempat ini

Untuk bisa menikmati suasana pantai ini, Wovger hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp. 5.000,- saja. Fasilitas disini juga sudah cukup lengkap. Disini Wovger tidak perlu khawatir karena sudah ada beberapa penginapan, rumah makan, mushola bahkan camping ground pun tersedia di sini.

8. Pantai Lenggoksono, pantai idaman para pemancing.

Pantai Lenggoksono

Foto : rentalmobilmalang.biz

Buat para pecinta olahraga memancing, pantai ini menjadi pilihan tepat untuk berlibur. Disini memiliki kekayaan hasil laut yang melimpah macam lobster, cumi-cumi, layur, hingga cakalang. Yang unik dipantai ini adalah banyaknya batu-batu kecil tersebar di sepanjang tepi pantai.

Pantai ini masuk diwilayah Dusun Lenggoksono, Desa Purwodadi, Tirtoyudo,Kabupaten Malang. Fasilitasnya cukup memadai dan untuk masuk kesini Wovger hanya harus membayar sekitar Rp. 5.000,-.

9. Pantai Banyu Anjlok yang memiliki air terjun yang epik.

Pantai Banyu Anjlok

Foto : sukasuka31.blogspot.com

Dipantai ini Wovger akan menemukan sesuatu yang unik yaitu sebuah air terjun yang bermuara langsung dipantai. Wovger bisa bermain air terjun ini. Air terjun ini berada di teluk  Kletekan, dan untuk menuju kesini Wovger harus menempuh jalur laut dari pantai Lenggoksono. Airnya jernih, bersih dan sangat dingin. Kita bisa berenang atau mandi di air terjun ini.

BACA JUGA : 15 Air terjun di Jogja ini wajib kamu kunjungi agar liburanmu di Kota Gudeg semakin komplit

10. Pantai Jembatan Panjang yang menawan dengan jembatan yang terputus-putus.

Pantai Jembatan Panjang

Foto : liburmulu.com

Jika menuju kesini Wovger akan mendapati pantai berpasir putih bersih, air laut yang biru jernih, hutan yang masih alami dan yang paling unik adalah pemandangan jembatan yang terputus. Jembatan terputus ini bisa menjadi background foto yang keren banged.

Kondisi pantai ini masih sangat alami dan sangat bersih, mungkin juga karena masih jarang yang mengunjunginya.

Pantai Pasir Panjang terletak bersebelahan dengan Pantai Balekambang, tepatnya di sebelah barat, masuk wilayah teritorial Desa Sumberbening. Untuk kesini Wovger bisa berjalan kaki melalui jalan setapak dengan mengambil ke arah kanan di Pulau Wisanggeni dan langsung menuju ke pantai Jembatan Panjang, tetapi apabila laut mengalami surut Wovger bisa lewat bawah jembatan yang menghubungkan Pulau Wisanggeni dengan Pulau Ismaya.

BACA JUGA : Hal-hal yang sering kita anggap ‘biasa’ ini, justru jadi magnet yang membuat turis asing tertarik dengan Indonesia

***

Sebenarnya masih banyak sekali pantai-pantai indah yang ada di Malang. Mulai dari yang sudah dikelola oleh masyarakat lokal ataupun yang masih benar-benar alami. Jika Wovger tau beberapa diantaranya bisa menambahkannya di komentar yah.