Selamat Joey! Kamu mengharumkan nama bangsa dalam nominasi Grammy di usia ke 12 tahun

Joey Alexander

Siapa Joey?

Laki-laki mungil berkacamata ini lagi jadi bahan obrolan hangat netizen loh, setelah mendapat dua nominasi Grammy untuk album perdananya: My Favorite Things.

Hmm… siapa dia dan apa prestasinya? Wovgo akan kemas secara singkat.

Namanya telah beredar di kancah musik internasional sebagai pianis Jazz asal Indonesia. Joey Alexander, si jagoan cilik yang saat Wovgo menulis ini, usianya masih 12 tahun. Joey lahir di Bali tahun 2003, dan memulai mengejar karir di bidang musik dengan pindah ke New York bersama orangtuanya pada usia 11 tahun.

foto: jadiberita.com

foto: jadiberita.com

Sejak umur 6 tahun, dia sudah mulai belajar bermain piano, karena tertarik dengan sebuah album jazz yang diputar oleh ayahnya. Ayahnya memang seorang pianis amatir yang juga sosok pengusaha di bidang turisme. Maka dari itu, ia tak segan-segan untuk mengajarkan bermain piano kepada sang anak.

Ketika dirasa sudah menguasai teknik dasar bermain piano, Joey pindah ke Jakarta demi mendalami musik jazz bersama musisi-musisi ternama di Indonesia. Finally, saat umurnya sudah menginjak 11 tahun, Joey memutuskan untuk pindah ke Amerika.

BACA JUGA: Transmigrasi itu banyak banget lho manfaatnya…

Kalau ditanya soal prestasi, jelas sudah Joey berhasil merebut nominasi Grammy, tak lama setelah kepindahannya ke New York. Keahlian bermusiknya melesat dan memikat musisi-musisi Jazz kenamaan seperti Wynton Marsalis dan Herbie Hancock.

Joey mendapat dua nominasi Grammy sekaligus, yakni Best Jazz Instrumental Album dan Best Improvised Jazz Solo dari album perdananya yang dirilis tahun 2015: My Favorite Things.

foto: www.allaboutjazz.com

foto: www.allaboutjazz.com

Komentar dan pujian banyak datang dari musisi lain seperti Larry Grenadier yang mengatakan:

“Pada musisi-musisi jazz cilik genius, biasanya saya melihat adanya kerja keras tingkat tinggi dan memiliki kedisiplinan dalam berlatih. Tapi pada Joey, saya melihat bakat musik yang natural dan intuitif. Melihatnya bermusik itu indah sekali!”

BACA JUGA: Jangan jadi jomblo biasa! Jadilah high quality jomblo dengan tips berikut ini!

Usut punya usut, sosok Imut Joey ini menjadi salah satu nominator termuda Grammy yang pernah ada. Dia disebut-sebut telah bersanding dengan Zac Hanson (dari band generasi 90-an) dan Michael Jackson, sosok King of Pop, sekaligus musisi yang juga pernah berhasil meraih nominasi Grammy di usia 12 tahun.

foto: mjworld.net

foto: mjworld.net

Selain mereka, terdapat pula nama Leah Peasall (7 tahun), Deleon Richards (8 tahun) dan Hannah Paesall (9 tahun) yang sama-sama pernah meraih nominasi sebagi musisi cilik.

Menginjak usia yang belum remaja ini, ia juga dinobatkan menjadi orang Indonesia pertama yang berhasil meraih nominasi Grammy berdasarkan Majalah Rolling Stone Indonesia.

BACA JUGA: Keren, SMA Labschool dapat medali emas di Folklore Festival Rusia. Selamat!

Hingga saat ini, terdapat rekor yang menyebutkan bahwa sosok bernama LeAnn Rimers adalah artis termuda yang pernah memenangkan Grammy di usia yang 14 tahun. Sebuah kabar menyebutkan, jika Joey menang tahun depan, atau tepatnya pada bulan Februari tahun 2016, maka Joey secara resmi akan menjadi anak termuda yang pernah memenangkan piala Grammy dalam sejarah, menggeser kedudukan LeAnn Rimers.

Semangat Joey! Seluruh warga Indonesia mendukungmu.