Basmi menunda pekerjaan dengan 8 cara berikut ini

Things to Do.

Biar aku tebak, kamu seharusnya melakukan aktivitas lain yang lebih penting daripada cuma sekedar membaca artikel ini. Namun karena sesuatu hal, kamu lebih memilih membaca artikel ini daripada menyelesaikan pekerjaanmu.

Kebiasaan burukmu ini dikenal dengan nama ‘menunda-nunda pekerjaan’. Istilah kerennya procrastination. Kabar baiknya, menunda-nunda pekerjaan bisa dihilangkan. Hanya dibutuhkan komitmen dan tekad yang kuat.

Bingung gimana caranya membasmi kebiasaan jelek tersebut? Ikuti langkah-langkah berikut ini dengan konsisten.

1. Gunakan formula (10+2)*5

Crazy scientist. Young boy performing experiments

Foto : dailyalchemy.com

Apa itu maksudnya (10+2)*5? Tenang-tenang, jangan keburu panik. Rumus tersebut bukanlah rumus matematika yang rumit seperti yang diajarkan di sekolah. Rumus tersebut diciptakan oleh Merlin Mann.

Artinya, 10 menit bekerja, 2 menit istirahat. Jika dikalikan selama 5 kali, maka hasilnya akan genap 1 jam. Kenapa harus ada jeda 2 menit setiap 10 menit? Jawabannya sederhana. Orang yang sering menunda pekerjaan umumnya merupakan orang yang mudah bosan dan mudah teralihkan perhatiannya.

Kalau nggak diberikan jeda di tengah, mereka akan merasa cepat lelah dan akan menunda pekerjaan tersebut di lain waktu.

BACA JUGA : Hal-hal yang tanpa disadari menyebabkan waktu terbuang sia-sia

2. Atur jadwal harian setiap jamnya.

schedule

Foto : www.hsph.harvard.edu

Seperti kebiasaan buruk lainnya, menunda-nunda merupakan penyakit yang harus dihilangkan. Selain formula (10+2)*5, kamu bisa membuat jadwal harian setiap jamnya. Dimulai dari bangun tidur hingga mau tidur.

Contoh sederhananya seperti di bawah ini:

  • 08.00-08.15: menyiapkan semua perlengkapan kerja.
  • 08.15-10.00: bekerja
  • 10.00-10.15: istirahat sebentar
  • 10.15-selesai: lanjut kerja lagi.

3. Bersihkan meja dari gadget.

no gadget at desk

Foto : www.zdnet.com

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Byers dan Kleiner Caufield, rata-rata pengguna handphone, memeriksa handphone mereka sebanyak 150 kali setiap hari!

150 kali? Wow! Jumlah yang fantastis!

Mungkin kamu termasuk salah satu di antaranya. Nah biar perhatianmu nggak teralihkan dan kamu bisa fokus bekerja, bersihkan area kerjamu dari gawai apapun. Mulai dari smartphone, ponsel, dsb.

4. Gerakkan badan 10 menit setiap pagi.

olahraga pagi

Foto : wongbanten.com

Saat pertama kali bangun tidur, hindari membuka ponsel terlebih dahulu. Umumnya, ponsel adalah benda pertama yang kita periksa di pagi hari ketika mulai membuka mata. Sebelum perhatianmu tersita olehnya, sempatkan waktu 10 menit untuk menggerakkan badan.

Gerakan badan walau hanya sejenak, terbukti meningkatkan produktivitas dan meningkatkan endorphin. Endorphin merupakan hormon yang memicu munculnya kebahagiaan pada manusia. Kamu nggak perlu jogging ke luar rumah. Cukup pergi ke halaman lalu lari di tempat selama 10 menit sampai keringat mengucur dari tubuh.

Iya, sesederhana itu.

5. Buat papan pengingat yang inspirasional.

inspiration wall

Lebih tepatnya, papan penyemangat. Buat papan penyemangat yang inspirasional dan menarik, yang nyaman dipandang mata. Tak lupa juga sisipi beberapa kutipan inspiratif yang membuat harimu semakin bersemangat.

Setelah papannya jadi, pandangi papan tersebut setiap hari setelah bangun tidur. Resapi kalimat-kalimat yang kamu tulis di dalamnya. Resapi juga daftar pekerjaan yang kamu tulis di sana. Dengan demikian, motivasimu untuk menyelesaikan pekerjaan semakin bertambah.

6. Siapkan cemilan yang sehat.

camilan

Foto : ciricara.com

Rasa malas yang muncul bisa disebabkan karena kurangnya asupan makanan ke dalam tubuh. Kadang kita nggak cukup hanya dengan makan 3 kali sehari. Perlu persediaan ekstra yang dinamakan cemilan.

Sebelum kamu mulai bekerja, sediakan cemilan sehat di sampingmu agar terhindar dari kelaparan. Cemilan sehat misalnya buah-buahan, salad, dan sayur-mayur. Cemilan yang sehat membantumu menjaga mood supaya tetap semangat menyelesaikan pekerjaan.

7. Kerjakan tugas di tempat yang membuatmu semangat.

Travel Blogger

Foto : nomadicsamuel.com

Salah satu penyebab lain kamu sering menunda pekerjaan adalah ruang kerja yang itu-itu saja. Nggak ada cahaya matahari. Panas. Pengap. Membosankan. Biar semangat, kamu harus sesekali menyelesaikan pekerjaan di tempat yang berbeda. Di mall, di kafe, di taman, merupakan alternatif pilihan yang bisa kamu coba.

8. Miliki seseorang yang selalu bisa mengingatkanmu untuk menyelesaikan tugas-tugasmu.

pasangan

Foto : sipananda.wordpress.com

Uhuk!

Ini dia jawabannya yang selama ini dicari. Mungkin kamu kebanyakan menunda pekerjaan karena nggak ada seseorang yang bersedia mengingatkan.

Cup, cup, jangan sedih. Buat kamu yang jomblo, kamu bisa saling mengingatkan dengan teman sebaya. Pilih teman yang tanpa sungkan mau mengingatkanmu terhadap tugas-tugasmu. Pilihan lainnya, kamu bisa memilih kakak kelas atau senior yang lebih tua sebagai pengawasmu.

Semoga tips di atas berguna untuk mengurangi kebiasaanmu menunda pekerjaan. Stop! Jangan klik link artikel lain. Selesaikan dulu pekerjaanmu. Kalau sudah, boleh balik lagi ke Wovgo untuk baca-baca artikel lainnya.

BACA JUGA : Kamu bisa tetep produktif meski tanpa to do list