Bingung harus kemana mencari ide? Ya ke sini aja …

di atas pohon kelapa

Siapakah makhluk yang paling susah dicari dan sering ilang-ilangan? Kadang ada kabar? Seringnya nggak ada kabar?

Pacar.

Selain pacar?

Ide.

Yup, bener banget. Ide adalah salah satu makhluk Tuhan yang paling susah dicari. Ia suka datang tiba-tiba. Tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Kalau tidak siap pena dan catatan, lalu pfftttt. Ia menghilang lagi. Sebaliknya, pas lagi siap, pena dan catatan ada di tangan, ide nggak datang-datang.

Nah, gak mau kan dikacangin sama ide? Sebaiknya kenali kapan dan dimana datangnya ide. Berikut ini Wovgo ada saran mengenai tempat-tempat yang bisa melahirkan ide.  

1. Kedai kopi

kedai kopi

Foto : tukangkopi.com

Tempat pertama yang digadang-gadang sebagai tempat lahirnya ide oleh para geeks dan hipster adalah kedai kopi. Suasananya yang tenang, udaranya yang dingin, ditambah dengan aroma kopi yang sedap membuat tubuh berada dalam posisi rileks.

Bekerja di kedai kopi mulai menjadi aktivitas yang biasa kita lihat akhir-akhir ini. Tidak mengherankan karena banyak banget ide-ide yang mengalir deras dari tempat ini. Kedai kopi kini juga identik sebagai tempat rapat dengan rekan kerja.

Nah Wovger, coba sebutin kedai kopi favoritmu.

2. Kafetaria

kedai kopi

Foto : www.pegipegi.com

Konsep kafetaria hampir sama dengan kedai kopi. Umumnya, orang yang tidak suka kopi, lebih memilih pergi ke kafetaria. Di beberapa kafe, sering kita lihat banyak mahasiswa belajar kelompok atau belajar sendiri.

Aroma makanan menstimulasi otak untuk bekerja lebih cepat. Hal yang perlu diingat ialah jangan terlalu fokus makan sehingga melupakan pekerjaan. Atur jam makan setiap 90 menit sekali sehingga tidak mengganggu pekerjaanmu.

3. Ruang kelas kosong di kampus.

kelas kosong

Foto : pixabay.com

Ruang kelas kosong di kampus masih banyak yang belum memanfaatkannya. Ketika berada di ruang kelas, sekalipun itu kosong, otak secara otomatis berubah dari mode rileks menjadi mode fokus. Mode fokus ini sangat membantu untuk melahirkan ide-ide segar.

Tips tambahan, ketika belajar di ruang kelas kosong, bawalah satu atau beberapa teman yang gila belajar. Tujuannya agar keinginan belajarmu juga tumbuh dengan melihat mereka belajar.

4. Kamar mandi.

kamar mandi

Foto : www.irenovasi.com

Jangan remehkan kamar mandi. Kamar mandi tidak selamanya identik dengan ruangan yang bau dan jorok. Di tempat tersebut, otak kita justru bisa melahirkan ide-ide liar. Pasalnya, saat berada di kamar mandi, otak berada dalam posisi rileks dan fokus.

Apalagi jika Wovger sedang mandi. Air yang mengalir ke tubuh memperbaiki jalannya aliran darah sehingga bisa memompa lebih banyak oksigen ke otak. Kalau kamu merasa bosan dan jenuh dengan pekerjaan, tips tercepat untuk menghilangkan kebosanan adalah mandi.

Setelah mandi, rasakan kesegaran dan aroma wangi tubuhmu. Rasakan pula kehadiran ide dan semangat yang muncul kembali setelah menghilang beberapa saat.

5. Ruangan terbuka.

taman kota

Foto : bulletinmetropolis.com

Udara bersih, cahaya yang cukup, angin sepoi-sepoi. Cucok deh tempatnya sebagai tempat kelahiran ide. Agar tubuhmu tetap sehat, pastikan ia mendapat udara yang cukup.

Perlu diperhatikan juga, jangan terlalu sering menghindar dari sinar matahari. Kulit kita memerlukan sinar matahari agar tidak kekurangan Vitamin D. Sumber Vitamin D alami hanya bisa didapat dengan mengunjungi ruang terbuka.

Sesekali, cobalah bekerja di halaman atau di teras kantor. Gunakan pagimu untuk menikmati sinar matahari.

Buat Wovger yang tinggal di kota-kota besar, rooftop bisa menjadi pilihan untuk bekerja atau melamunkan ide-ide baru. Menikmati rooftop tetap asik baik di siang hari maupun di malam hari.

Di siang hari, kamu bisa melahirkan ide di bawah naungan langit biru. Sedangkan di malam hari, kamu bisa melahirkan ide di bawah naungan cahaya bulan dan bintang. Seru banget nggak tuh!

6. Atas pohon kelapa.

di atas pohon kelapa

Foto : www.pulsk.com

Kalau dengan berkunjung ke tempat-tempat di atas ternyata sang ide masih belum muncul, kamu perlu mencoba yang satu ini. Naik ke atas pohon kelapa. Siapa tahu dengan memanjat pohon kelapa, otakmu terstimulasi untuk menghasilkan buah pikiran yang dahsyat.

Sudah siap mengunjungi tempat-tempat di atas? Tempat-tempat di atas terbukti ampuh melahirkan ide. Oh iya, jangan lupa bawa pena dan catatan kemanapun kamu pergi. Siap-siaplah ketika sang ide datang. Brace yourself!