8 Pantai di Jepara ini akan mengukir kepuasan batinmu

Pantai Empu Rancak Jepara

Wovger selama ini pasti mengenal jepara dengan ukirannya. Ukiran khas Jepara itu memang sangat khas. Tapi selain ukirannya yang fenomenal, Jepara juga memiliki jajaran pantai yang indah. Lokasinya yang sebelah utaranya berbatasan langsung dengan laut jawa, menjadikan Jepara memiliki banyak pantai-pantai indah yang bisa dikunjungi.

Pantai-pantai di Jepara ini antara lain.

1. Pantai Kartini dengan landmarknya yang khas.

pantai kartini jepara

Foto : anekatempatwisata.com

Pantai Kartini sangat unik. Disini Wovger akan menemukan landmark yang hampir sama dengan Pantai Losari di Makassar. Ditepi pantai terdapat landmark berupa tulisan besar bertuliskan “Pantai Kartini”. Keren lah.

Lokasi pantai ini ada di Bulu, Jepara. Pantai ini terletak 2,5 km arah barat dari pendopo Kantor Bupati Jepara. Deket banget dengan pusat kota, jadi aksesnya sangat mudah.

BACA JUGA : 10 Pantai di Malang ini akan membuatmu klepek-klepek

Pasir putih dan ombak yang tenang akan menyambut Wovger disini. Pantai kartini tak mempesona dengan pantainya saja. Disini ada banyak sekali wahana permainan yang bisa Wovger mainkan dengan keluarga. taman bermain anak-anak, spoor mini, catur raksasa, panggung hiburan, tugu Kartini, kolam kecek, dan yang menjadi unggulan adalah Kura-kura Ocean Park. Kura-kura Ocean park adalah sebuah akuarium raksasa berbentuk kura-kura. Dibangunnya Kura-kura Ocean Park ini adalah sebagai sarana edukasi mengenai kehidupan bawah laut Indonesia yang beragam. Untuk masuk ocean park Wovger harus membayar sekitar Rp. 12.000,- sampai Rp. 17.000,-

Untuk tiket masuk Pantai Kartini sendiri adalah sebesar kurang lebih Rp. 5.000,-.

2. Pantai Tirto Samodra menghibur dengan berbagai kelengkapan wahananya.

Pantai Tirto Samodra Jepara

Foto : Kompasiana

Pantai ini dikenal juga dengan nama Pantai Badengan yang merupakan nama daerah pantai ini berada. Lokasi tepatnya ada di Desa Bandengan, Kecamatan Kota Jepara, Kabupaten Jepara. Lokasinya juga tidak jauh dari pusat kota, hanya 7km sebelah utara pusat kota.

Pantai ini memiliki pantai dengan pasir putih dan air laut yang cukup jernih. Tapi hal yang menjadi daya tarik disini adalah wahana yang disediakan lengkap banget. Disini Wovger bisa bermain Jetski, Banana Boat, Flying Fish, Kanoe, Wave House. DIsini juga disediakan Kid’s Park, mushola, wc umum, toko souvenir, warung makan dan juga ada penginapan disekitar sini.

Dengan hanya membayar Rp. 5.000,- rupiah, Wovger sudah bisa masuk kawasan pantai Badengan ini. Tapi untuk bermain segala wahana lain, tetep bayar lagi yah.

3. Pantai Empu Rancak yang memiliki olahan sea food yang mak nyuss.

Pantai Empu Rancak Jepara

Foto : www.nasirullahsitam.com

Pantai ini terletak di Karang Gondang, Mlonggo, Jepara. Pantai ini belum begitu ramai karena belum dikelola secara serius sebagai tempat wisata, tapi untungnya masyarakat setempat sudah mengelola pantai ini secara swadaya.

Panti ini masih sangat alami. Seperti masih perawan karena belum banyak pengunjungnya. Selain pasir putih dan kealamian pantainya, disini Wovger juga bisa merasakan aneka olahan seafood diwarung pinggir pantai yang sangat lezat. Disini Wovger juga bisa menikmati makanan khas Jepara antara lain Pindang Serani, Pecel Ikan Laut Panggang, Tempong, Sup Udang Jepara, Siomay Tongkol, dan lain-lain. Wovger bisa menikmati masakan yang lezat ini dibawah gazebo yang langsung menghadap kepantai, wuih mantap lah.

Karena memang belum dikelola secara serius, fasilitas disini dirasa masih sangatlah kurang. Tapi untuk masuk kesini Wovger tidak perlu mengeluarkan uang membayar tiket.

4. Pantai Ombak Mati tapi keindahannya tidak mati.

Pantai Ombak Mati Jepara

Foto : www.yukpiknik.com

Pantai ini dinamakan pantai ombak mati karena memang hampir tidak ada ombak. Pantai ini sangat tenang, serasa didanau atau kolam. Pantai Ombak Mati cocok banget buat Wovger yang pengen menyendiri sehabis ditinggal nikah mantan. Suasana di pantai ini masih sangat sepi. Yah gimana lagi, lokasinya cukup jauh dari pusat kota.

Lokasi pantai ini ada di Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara. Pantai ini benar-benar seperti belum terjamah. Pantai ini sangat sepi dan tenang. Wovger bisa dengan puas menikmati suasana pantai tanpa distraksi.

Walaupun pantai ini memiliki ombak tenang, ada kalanya pantai ini juga memiliki ombak besar. Pada saat musim barat ombaknya cukup besar, namun setelah itu airnya akan menjadi tenang dan jernih. Didukung lautnya yang dangkal, lokasi ini sangat menyenangkan untuk berenang, atau bermain air laut.

Fasilitas dipantai ini memang belum lengkap. Gimana lagi, pengelolaannya masih belum sepenuhnya berjalan. Tapu sekarang sudah ada inisiatif masyarakat untuk menyediakan tempat bilas dan penyewaan ban. Tentu saja masuk disini gratis !!!

5. Pantai Blebak sepi dan damai di hati.

Pantai Blebak Jepara

Foto : www.nasirullahsitam.com

Pantai Blebak berlokasi di desa sekuro, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara. Pantai ini juga masih sangat sepi, lokasinya yang jauh yang mungkin mengurangi minat para turis untuk kesini.

Pantai ini sangatlah nyaman. Suasana yang dihadirkan sangatlah lengkap dan bisa membuat hati lega.

Fasilitas yang ada dipantai ini adalah penyewaan perahu, becak air, taman bermain anak, toilet, dan mushola. Karena belum dikelola pemerintah, pantai ini masih gratis.

6. Pantai Pungkruk menghadirkan suasana wisata kuliner olehan laut diatas laut.

Pantai Pungkruk Jepara

Foto : Wikipedia

Lokasi dari pantai ini adalah di Mororejo, Mlongo, Jepara. Pantai ini berada 7 km dari pusat kota Jepara. Pantainya datar dan berkarang, di lokasi ini terdapat banyak rumah makan tradisional yang menyajikan seafood dengan menu andalan ikan bakar dan pindang serani. Yang keren dari tempat ini adalah, tempat makannya yang dibuat seperti gazebo atau rumah panggung diatas laut.

Mungkin pantai ini memang lebih cocok dijadikan tempat wisata kuliner. Selain tempat makan, beberapa pengusaha warung makan juga membuka karokean.

Selain gazebonya yang epik, disini Wovger juga bisa menyewa becak-becak air sembari menyusuri pantai.

7. Pantai Teluk Awur dengan sunset yang cukup keren.

Pantai Teluk Awur Jepara

Foto : yasiryafiat.wordpress.com

Pantai ini berlokasi di Desa Telukawur kecamatan Tahunan, sekitar 4 km dari pusat kota. Pantai ini sangatlah indah saat senja. Sunset dipantai ini sangat sempurna. Memang pantai ini tidak sesepecial pantai lain, tapi mengunjungi tempat ini cukup menyennagkan lah. Fasilitas disini sudah cukup lengkap walaupun tiket masuknya gratis.

8. Pantai Pailus Jepara yang sengaja dibiarkan tetap perawan.

Pantai Pailus Jepara

Foto : id.wikipedia.org

Pantai ini berlokasi di desa Karanggondan kecamatan Mlonggo. Pantai ini masihlah sangat alami dan memang sengaja disetting seperti itu. Pemerintah berusaha untuk memenuhi para wisatawan yang menginginkan pantai-pantai alami dan belum banyak bangunan berdiri dilingkungan sekitarnya. Bahkan sampai dibuat peraturan yang melarang mendirikan bangunan di kawasan pantai

Pantai ini sangat cocok untuk para loner. Pantai pasir putih yang indah dengan air laut yang jernih dan pepohonan rindang disisi pantainya, kayanya benar-benar lengkap banget.

***

Jika Wovger punya rekomendasi lain tentang wisata pantai di Jepara atau wisata lainnya bisa melipir dikolom komentar yah. 🙂