Tak ada Amarilis, Eceng Gondok pun jadi. Yuk selfie …

eceng gondok jogja

Setelah kasus keindahan taman bunga Amarilis di daerah Gunungkidul Jogja, kini ada taman bunga eceng gondok yang memikat hati pecinta selfie.

Kalau ditanya soal menyita perhatian warga, sudah pasti terutama remaja Jogja yang antusias berkerumun di sana untuk mengabadikan momen mekarnya bunga eceng gondok ini.

Lokasinya berada di Dusun Karangasem, Desa Palbapang, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Nah, lengkap to? Yang mau selfie dan mengunggahnya ke media sosial facebook atau Instagram cepet gih ke sana ntar keburu kuncup lagi tuh bunga eceng gondoknya.

Namanya Pak Karsono, pemilik taman bunga berwarna ungu tersebut. Meskipun cuma bunga eceng gondok, tapi daya tariknya tetap sama karena bunga itu mekar serempak di hamparan seluas 100 meter persegi.

Menurut si pemilik, awalnya hanya ditanami padi. Lambat laun perkembangan sawah pak Karsono mulai mengalami perubahan pasca terjadinya gempa tahun 2006 silam. Mungkin sawahnya masih mendapat pasokan air namun susah untuk membuangnya.

#warawiriindonesia Lokasi : Taman Ecenggondok Dusun Karangasem, Palbapang kab. Bantul, Yogyakarta Jawa Tengah Photo disana Free Gratisss Tpi Ingat Jangan Dirusak yah!! Berbeda dgn hamparan amarylis di Gunungkidul yang memang ditanam dan dirawat,tumbuhan dan bunga eceng gondok yang ada di dusun ini tumbuh secara alami. #Wi_jateng _______________________________ 📷 by : @shesil_ Tags n like tmn" Kalian kesini 😍 _______________________________ Yuk Follow 👉 @warawiriindonesia Gunakan hastag tag 👉#warawiriindonesia Siapa tau photo anda kami repost selanjutnya _______________________________ #amazingindonesia #indonesia #pantaiglamor #travellingindonesia #beautifulindonesia #indonesia #ecenggondok #bantul #explorebantul #jalan2man #visitbantul #yogyakarta #jalanjalandijawa #jatengeksis #indonesia_photography #kamerahpgw #kerengan #jalan2terus #jalanjalan #kamerague #exploreindonesia #iloveindonesia #jogja

A photo posted by Wara Wiri Indonesia (@warawiriindonesia) on

Karena kondisi irigasi yang macet, akhirnya sawah tersebut didiamkan dan meninggalkan luka dalam bukan ding..tapi genangan air. Tak lama, sawah itu ditumbuhi oleh tanaman eceng gondok dengan sendirinya. Biasanya tanaman itu difungsikan untuk makanan ternak bebek dan ayam kalkun.

Kini, tanaman tersebut berbunga dan mekar secara bersamaan, dampaknya jelas banyak pengunjung yang hadir. Mereka demen banget selfie mengagumi keindahan bunga bertumpuk-tumpuk itu.

Namun hal ini tidaklah menjadi kendala mengingat pemberitaan tentang bunga Amarilis masih membekas dibenak warga. Tanaman dengan nama latin Eichhornia crassipes, nggak akan rusak diinjek-injek pengunjung, yang ada mereka malah kejebur di air. Hehe..

Para pengunjung berkesempatan untuk berfoto di rangkaian bambu siap pijak yang sudah disediakan. Selain itu untuk mengantisipasi rusaknya bunga, para pemuda setempat menempelkan himbauan agar pengunjung nggak memetik atau menginjak bunga tersebut.

Untuk menikmati hamparan bunga ini nggak ada tiket masuk, cukup sediakan uang 2000 rupiah untuk ongkos parkir yang dikelola warga setempat. Pemilik kebun juga menyediakan ojek payung untuk kondisi hujan dengan biaya Rp 2.000 saja.

Menarik bukan?

Tapi ulasan Wovgo nggak berhenti sampai di situ. Sejak berita bunga yang diinjek-injek itu, banyak netizen yang heran kenapa sampai hits banget padahal itu cuma hamparan bunga.

Satu yang Wovgo sadari adalah kemungkinan di Indonesia keberadaan taman bunga masih minim. Sebut saja Selecta yang ada di Batu, Jawa Timur, Taman Selecta ini merupakan taman bunga juga yang dikelola oleh pemerintah Batu, Jawa Timur.

Dengan ketersediaan fasilitas yang nggak kalah baik, dari pada kamu harus injek-injek bunga milik orang lain.

#ecenggondok #exsplorejogja

A photo posted by RKJ😉😳😛,diansaputra😳😘😍😪💏👫♥🔫🙈👻 (@ratrikumala_06) on

Kalau boleh saran sih, jika itu baik untuk masyarakat Indonesia kenapa nggak sekalian di bikin taman bunga khusus seperti di Belanda.

Main-main sebentar dong menilik keindahan bunga tulip di Taman Bunga Keukenhof. Taman ini terbesar di Belanda. Kamu bisa lihat beberapa bunga seperti hyacinth, daffodil, bahkan anggrek.

Nah, gimana? Indonesia bisa terinspirasi oleh keindahan bunga tulip ini bukan? Wovgo yakin 100% banyak bunga eksotis asli Indonesia yang siap diekspose jika dikelola dengan baik.

Sumber : Jalansanasini, Liputan6, Instagram