7 Tips memilih outfit yang praktis

fashion outfits

Kebutuhan anak muda semakin lama semakin bertambah. Sebatas sandang saja nggak cukup. Harus sandang yang fashionable dan stylish. Banyaknya pilihan outfit yang ada di lemari seringkali membuat kita bingung harus pilih yang mana.

Alhasil, waktu berjam-jam terbuang sia-sia hanya untuk memilih pakaian. Biar nggak ribet, Wovgo hadirkan tips-tips memilih outfit yang praktis. Nggak perlu buang-buang waktu lagi deh.

1. Ketahui kemana kamu akan pergi. Tempat memengaruhi jenis pakaian yang akan kamu pakai.

Sebelum kamu memeriksa isi lemarimu, kamu harus tahu kemana kamu akan pergi. Ke pantai? Ke gunung? Ke mall? Setelah itu, ketahui juga tujuanmu kesana. Apakah liburan, camping, pemotretan, atau shooting sinetron?

BACA JUGA : Musim hujan bukan berarti nggak bisa modis, kalau kamu bisa jaga penampilan kayak gini

Tujuannya, biar kamu nggak salah kostum. Tempat dan tujuan yang berbeda ikut membedakan jenis baju yang akan kamu pakai. Misalnya, baju untuk ke pantai tentu beda dengan baju untuk ke gunung. Kamu gak butuh jaket tebal untuk pergi ke pantai. Kamu juga gak butuh topi untuk pergi ke gunung.

Mengenali tempat dan tujuan dapat membantumu menentukan pilihan pakaian dengan lebih bijak.

2. Pilih pakaian basic terlebih dahulu.

casual

Foto : en-woman.blogspot.com

Pakaian basic yang dimaksud di sini ialah pakaian yang menjadi dasar. Bukan, bukan underwear melainkan pakaian pertama yang kamu pakai setelah underwear. Pakaian basic yang kamu pilih harus meliputi atasan dan bawahan.

Sedikit tips, kamu bisa memilih t-shirt biasa sebagai atasan basic untuk dikenakan di siang hari dipadukan dengan jeans. Di malam hari, pilihlah pakaian basic yang lebih cerah dengan bawahan rok.

3. Pilih jenis outer yang akan kamu pakai, sesuaikan dengan pakaian basic yang sudah kamu tentukan.

Setelah menentukan pakaian basic, langkah selanjutnya ialah menentukan outer yang kamu kenakan. Outer adalah luaran yang ditambahkan sebagai pelengkap pakaian basic. Contoh outer yaitu jaket, blazer, rompi, jas, dsb.

BACA JUGA : Ladies, apakah kamu termasuk pengguna make up berlebihan? Singgah sebentar yuk di artikel yang akan mengubah kehidupanmu ini

Kalau kamu ingin tampil sederhana, maka kamu tidak perlu menambahkan outer. Cukup kenakan pakaian basic saja.  Kalau kamu ingin pakai outer, pastikan outer-mu tidak lebih tipis dari pakaian basic.

4. Padukan dengan sepatu/sandal yang cocok dengan outfit yang kamu kenakan.

Pakaian basic udah, outer udah, sekarang saatnya memilih alas kaki. Secara umum, ada dua alternatif yang bisa kamu gunakan yaitu sepatu dan sandal. Jika kamu tipe orang yang bingungan, kamu cukup mengikuti panduan sederhana ini. Pakailah flatshoes untuk semua kegiatan formal. Pakailah sandal untuk semua kegiatan nonformal atau casual.

5. Pakailah aksesoris sekedarnya saja.

kebanyakan aksesoris fashion

Nggak suka pakai aksesoris? Lewati langkah ini, langsung menuju langkah selanjutnya.

Banyaknya pilihan aksesoris seringkali membingungkan kita mau pakai yang mana. Saran Wovgo, pilih satu jenis saja dan jangan terlalu ramai. Tentukan dulu bagian mana yang ingin kamu tonjolkan. Apakah leher atau pergelangan tangan atau kepala?

Setelah itu, tentukan jenis, bahan, dan warna yang akan kamu pakai.

6. Jangan cuma ikut-ikutan fashion. Nggak semua fashion cocok untuk semua orang.

Jangan salah kaprah sama fashion ya, Ladies. Perkembangan fashion begitu cepat. Modelnya juga bermacam-macam. Sebelum kamu ikutan fashion yang lagi nge-trend, sebaiknya kamu amati dulu. Apakah cocok fashion tersebut di tubuhmu?

BACA JUGA : Dari 17 style ini, manakah yang paling cocok dan sesuai dengan karaktermu?

Kalau kamu tipe wanita yang biasa-biasa saja, tidak tertarik pada fashion, namun tidak ingin ketinggalan, Wovgo sarankan sebaiknya kamu punya style sendiri. Dengan style sendiri, kamu bisa tampil stylish dan gak ketinggalan zaman.

7. Apapun yang kamu kenakan, percaya diri ialah kunci utamanya.

Kunci terakhir ialah percaya diri. Sebagus apapun outfit yang kamu pakai, kalau kamu nggak percaya diri, hasilnya tetap tidak nyaman. Seseorang dengan sense of fashion yang buruk namun percaya diri, lebih baik dibandingkan dengan orang dengan sense of fashion yang tinggi tapi nggak percaya diri.

Rasa percaya diri dapat mempengaruhi inner beauty dalam diri kamu. Jangan sampai inner beauty-mu tidak memancar karena kurang pede.

Gimana? Udah nggak bingung lagi kan memilih pakaian? Tips di atas harus kamu pertimbangkan sebelum kamu memilih outfit yang akan kamu pakai.