Tanda-tanda bahwa kamu telah dewasa

menjadi dewasa

Sering kali kamu mengaku-ngaku dewasa hanya untuk mengedepankan egomu semata. Ingat, bedakan antara menjadi dewasa dan mendorong ego untuk kepentingan pribadi. Banyak yang salah mengerti dalam memaknai kata ‘dewasa’.

Orang dewasa tidaklah memikirkan dirinya sendiri, tapi juga mempertimbangkan untung, rugi, susah, sedih bersama. Dan nyatanya untuk menjadi dewasa, sebuah umur juga tak lagi berperan.

Jika usiamu 25 tahun ke atas namun cara pikirmu seperti anak usia 13 tahun, itu tandanya kamu belum mencapai tingkat kedewasaan. Sebaliknya ada juga yang usianya 13 tahun namun cara pikirnya sudah matang bak 25 tahun, bisa dikatakan dia dewasa.

BACA JUGA : Kamu tidak akan bisa sukses, jika terus seperti ini!

Dari pada bingung, yuk lebih diperjelas lagi ~ tanda-tanda kamu sudah dewasa.

1. Lebih pintar membagi waktu dan memprioritaskan apa yang harus dilakukan.

cara menghargai waktu agar tidak terlambat

foto: wikihow.com

Yup! Dewasa itu yang sudah paham cara managemen waktu sesuai kebutuhannya dan pintar dalam memilih hal yang diinginkan. Memiliki tujuan berdasarkan prioritas yang dikehendaki adalah hal utama yang patutnya kamu pikirkan.

2. Mulai menyadari jati dirimu yang sebenarnya.

success copy

Menjadi dewasa bukanlah saatnya untuk mengikuti apa yang diinginkan orang lain. Normalnya kamu sudah mengerti apa yang kamu suka dan tidak, memahami passionmu, bagaimana cara meraihnya, impian-impian. Di situ ada sebuah keteguhan untuk menjalani hidup.

3. Tak mudah terhasut oleh teman dan sudah punya prinsip yang jelas.

Handsome businessman closing his ears with palms

Foto : www.jeffbullas.com

Mengatakan ‘nggak’ bagi yang menurutmu kurang relevan dan ‘iya’ jika kamu meyakini suatu hal, tandanya kamu sudah dewasa. Kamu sudah tidak lagi bimbang dan ribet sama hasutan teman-temanmu. Punya pendirian dan tidak mudah goyah.

BACA JUGA : Kurangi melakukan ini… dan perbanyak melakukan ini …

4. Keuangan dan kebutuhan pribadimu, kamu yang atur sendiri.

Menabung

Foto : www.learnvest.com

Kamu jadi lebih bisa memahami apa saja list belanjaanmu, apa yang kamu butuhkan. Dapat menghitung berapa pengeluaranmu tiap bulannya, berapa rupiah untuk kamu tabung dan mengerti bagaimana cara untuk berhemat. Selamat, kamu telah mencapai tahap dewasa dalam bidang keuangan.

5. Sudah bisa membantu orang tua bahkan membiayai hidup mereka.

dengan orang tua

Foto : blog.quikr.com

Begitu juga dengan hal ini, ketika kamu sudah bisa membahagiakan orang tua dan membantu mereka dari sisi materi. Kamu sudah dianggap menjadi manusia yang lebih matang. Orang tua tidak lagi khawatir untuk kehidupanmu kelak. Karena kamu sudah paham apa arti kesuksesan.

6. Membuat keputusan sendiri tanpa campur tangan orang lain.

menolak gagasan

foto: wikihow.com

Tanda bahwa kamu sudah dewasa adalah sudah bisa menentukan keputusan tanpa hasutan orang lain bahkan orang tua sekalipun. Nasehatnya hanya sebagai bahan pertimbangan namun keputusan tetap kamu yang menentukan.

7. Bisa beradaptasi dengan lingkungan yang berubah-ubah.

bekerja dengan passion

foto: johnbenloy.com

Tidak semua orang dapat beradaptasi dengan lingkungan yang baru, namun kamu mampu menyesuaikan diri dengan keadaan. Baik maupun yang buruk selalu bisa menjalani dengan strategi yang kamu buat sendiri. Wah, kamu udah dewasa banget ya.

BACA JUGA : Hidupmu gak ada gunanya kalau ngelakuin kebiasaan ini

8. Mandiri dan bersahabat dengan kesendirian.

pengusaha

Jomblo mandiri mungkin kata yang tepat, tapi nggak masalah tuh. Kamu masih bisa berdiri sendiri dengan kemampuan yang kamu miliki. Bukan saat yang tepat jika didampingi oleh orang tua lagi. Jika pemikiran ini terlintas dibenakmu, sungguh kamu udah dewasa.

9. Tak ada yang akan memback-up mu sekuat dulu.

orang sukses

Tetap saja menjadi dewasa ada resikonya. Pertahanan tak sekuat dulu, tak ada istilah merengek bermanja-manja ke orang tua maupun sanak saudara, yang ada mereka cenderung menurunkan rasa perhatiannya karena kamu sudah dianggap bisa menyelesaikan masalahmu sendiri.

10. Menjadi dewasa membuatmu memiliki tanggung jawab lebih besar di atas pundakmu.

tanggung jawab

Foto : kwizoo.com

Gimana enggak? Semakin tinggi tingkat kedewasaanmu, pemikiranpun juga akan terbebani oleh tuntutan-tuntutan kehidupan yang semakin menghimpit. Pekerjaan, penghasilan, keluarga, pasangan namun kamu bisa menghadapinya dengan pemikiran yang mantap lalu menyelesaikan masalah satu per satu. Lebih memikirkan solusi daripada sekedar mengeluh.

11. Bukan lagi mencari pasangan untuk bersenang-senang namun untuk hubungan yang serius.

pasangan

Foto : sipananda.wordpress.com

Kamu sudah berhenti untuk bermain cinta karena sudah bukan saatnya. Kamu sudah bisa menentukan mana pasangan yang siap diajak ke hubungan yang serius daripada membelenggunya dalam ketidakpastian.

BACA JUGA : Perubahan yang harus kamu bikin di usia 20-an biar bisa awet sukses selamanya!

12. Mengakui kesalahan, menerima kritikan dan berusaha memperbaikinya.

meminta maaf

Foto : www.catalyst.org

Mungkin mengakui suatu kesalahan adalah hal yang berat tapi kamu dengan santai menerima itu sebagai perbaikan diri. Mendapat kritikanpun kamu selalu berlapang dada dan menanggapinya sebagai pelajaran. Bukan lagi sibuk untuk marah ataupun ngambek.

****

Gimana?

Menjadi dewasa gampang-gampang susah  bukan. Segalanya memang ada resiko, tapi jika sekarang kamu sependapat dengan poin-poin di atas, wah…sepertinya kamu bukan manusia yang mudah diremehkan karena untuk dianggap menjadi dewasa butuh pemikiran ekstra tangguh.

Selamat berusaha 🙂