Wisata ke Pantai Balekambang, Tanah Lot-nya pulau Jawa!

pantai balekambang malang

Wisata pantai di Indonesia tidak akan pernah ada habisnya. Garis pantai Indonesia mencapai hampir 100.000 km (bahkan ada yang mengklaim lebih dari 100.000 km). Dengan angka itu, Indonesia merupakan negara dengan garis pantai terpanjang di dunia setelah Kanada.

Tidak heran jika terus bermunculan pantai-pantai baru yang dikembangkan sebagai objek wisata. Tentunya Wovgo tidak akan membahas semuanya. Kali ini pilihan jatuh ke Pantai Balekambang. Jangan beranjak kemana-mana sebelum tuntas membaca pengetahuan ini.

Rute dan jalur menuju Pantai Balekambang.

rute wisata ke pantai balekambang

Pantai Balekambang terletak di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Kalau kamu amati di peta, pantai ini terletak di bagian selatan Kabupaten Malang. Letaknya cukup jauh dari Malang kota. Kurang lebih sekitar 60-70 km atau 2-3 jam perjalanan.

Ada dua jalur yang bisa ditempuh. Jalur pertama: Malang menuju Kepanjen, lalu ke Pagak, kemudian ke Bantur, dan sampailah di Balekambang. Jalur kedua: Kota Malang menuju Turen lalu ke Gondang Legi, menuju Bantur hingga sampai di Balekambang.

BACA JUGA: 8 Pantai di Jepara ini akan mengukir kepuasan batinmu

Jalan menuju pantai Balekambang cukup meliuk-liuk. Ada satu bagian yang harus diwaspadai, namanya Tanjakan Jurang Mayet. Dalam bahasa Indonesia, ‘mayet’ artinya ‘mayat’. Duh, dari namanya saja sudah ngeri. Tanjakan ini memiliki kemiringan 45 derajat. Wovger harus ekstra hati-hati ketika melalui tanjakan ini.

Setibanya di Balekambang, Wovger harus membayar tiket masuk seharga Rp10.000-Rp15.000 per kepala. Untuk ongkos parkir, kamu cukup membayar Rp1.000-Rp3.000 saja. Cukup terjangkau bukan?

Pulau Ismoyo, Pulau Anoman, Pulau Wisanggeni, bonus pemandangan.

foto: javatravelworld.com

foto: javatravelworld.com

Sesampainya di Balekambang, Wovger akan disuguhi pemandangan seperti Tanah Lot. Pantai ini dinamakan Tanah Lot-nya Pulau Jawa karena memiliki beberapa kesamaan. Sama-sama ada puranya dan sama-sama menghadap ke samudra.

Pura tersebut dinamakan Pura Amerta Jati yang dibangun pada tahun 1985. Pulau tempat pura ini berdiri dinamakan Pulau Ismoyo. Di sebelah barat Pulau Ismoyo, ada dua pulau lain yaitu Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni.

Keindahan ketiga pulau tersebut semakin eksotis ketika matahari mulai terbenam. Jangan lupa siapkan kamera untuk menangkap momen indah ini.

Upacara Jalanidha Puja dan Suroan, jangan sampai kamu melewatkan dua upacara ini.

foto: wisatajatim.info

foto: wisatajatim.info

Pura Amerta Jati yang dibangun tahun 1985 itu masih difungsikan hingga sekarang. Dua upacara besar yang masih diselenggarakan hingga kini yaitu upacara Suroan dan upacara Jalanidha Puja.

Upacara Suroan diselenggarakan setiap tanggal 1 Suro kalender Jawa. Suroan ini dilakukan dengan melarung atau membuang sesaji ke laut sebagai tolak bala. Tapi ada juga sesaji yang disediakan untuk warga dan untuk dibagikan kepada wisatawan. Usut punya usut, upacara tersebut sudah menjadi tradisi warga Srigonco sejak tahun 1906.

BACA JUGA: 10 Pantai di Malang ini akan membuatmu klepek-klepek

Upacara Jalanidha Puja termasuk dalam ritual Nyepi. Tujuannya untuk membersihkan diri. Sama seperti upacara Suroan, salah satu kegiatan Jalanidha Puja yaitu membuang sesaji ke laut lepas. Bedanya, sesaji ini ditujukan sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat yang diberikan Yang Maha Pencipta.

Perlu diingat, kamu hendaknya lebih menjaga kesopanan saat melihat dua upacara ini. Jangan berisik dan jangan mengganggu karena mereka sedang beribadah. Tetap perhatikan norma-norma lokal yang berlaku. Mau berbuat gaduh? Duh, sebaiknya jangan deh kalau gak mau wajah kamu dijadiin bahan meme para netizen.

Sesampainya di Balekambang, apa yang harus dilakukan?

foto: sambeloreg.esy.es

foto: sambeloreg.esy.es

Sesampainya di Balekambang, kamu bisa melakukan banyak hal. Kamu bisa berenang di laut, melepas semua penat dan menikmati alam. Kamu bisa camping bersama teman-teman, ngobrol sampai larut malam, dan tidur beratapkan bintang. Kamu bisa menikmati semburat matahari terbenam yang indah. Kamu bisa mengamati kedua upacara di atas. Satu lagi yang nggak boleh lupa, kamu bisa foto-foto sepuasnya dengan latar belakang pantai yang memukau.

Wovger perlu berhati-hati jika berenang di sana. Batasnya jangan sampai melewati bendera merah yang ditancapkan oleh penjaga pantai. Bisa fatal akibatnya. Diduga pantai Balekambang punya pusaran di bawah laut.

Cukup mirip kan antara Pantai Balekambang dengan Tanah Lot? Buat yang belum diberikan kesempatan berupa dana dan waktu, bisa berkunjung ke Balekambang. Tetap perhatikan etika ketika di tempat wisata ya Wovger.