Kudus nggak cuma punya Soto Kudus. Ini lho kuliner lainnya yang harus kamu coba

Soto Kudus

Kalau Wovger berkunjung ke Semarang, jangan lupa mampir ke Kudus. Kudus merupakan kabupaten terkecil dari provinsi Jawa Tengah. Jaraknya hanya sekitar 50 km dan bisa ditempuh dalam 1 jam perjalanan.

BACA JUGA : Saat Wovger ke Semarang, kalian wajib mengunjungi 10 destinasi berikut ini

Sedikit cerita, masyarakat Kudus amat jarang mengkonsumsi daging sapi dalam keseharian mereka. Sebagai gantinya, mereka mengkonsumsi daging kerbau. Jadi kalau kamu pecinta sapi, kamu akan sedikit kesusahan menemukan kuliner sapi di sana.

Ngomong-ngomong soal kuliner, kamu pasti sudah tahu kuliner khas Kudus yang terkenal banget yaitu Soto Kudus. Selain soto Kudus, masih banyak kuliner khas lain dari kabupaten ini yang harus kamu coba.

1. Jenang Kudus.

Jenang Kudus

Foto : www.kratonpedia.com

Jenang Kudus ialah dodol khas kabupaten Kudus. Dulunya, jenang ini hanya terdiri dari satu rasa yaitu original namun kini terdapat banyak varian rasa hasil kreasi para pembuatnya. Ada rasa kopi, mocca, durian, apel, sirsak, kelapa muda, wijen, dan masih banyak lagi.

2. Lentog Tanjung.

Lentog Tanjung Kudus

Foto : smartkuliner

Dalam bahasa jawa dialek Kudus, lentog artinya lontong. Sedangkan Tanjung ialah nama sebuah desa di Kudus. Jadi lentog Tanjung maksudnya lontong yang dijual di desa Tanjung. Lentong Tanjung terdiri dari lontong, sayur nangka muda, dan tahu dengan kuah lodeh dengan taburan bawang goreng di atasnya.

Lentog Tanjung sangat pas untuk dijadikan menu sarapan. Penyajiannya pun hampir sama seperti soto kudus yaitu disajikan di atas piring kecil dengan porsi yang sedikit.

5. Sate kerbau.

Sate kerbau Kudus

Foto : ceritaperut.com

Kalau Madura punya sate ayam, maka Kudus punya sate kerbau. Sebelum dibakar menjadi sate, daging kerbau dimasak lebih dulu hingga menjadi sangat empuk dan halus. Tujuannya supaya daging kerbau yang dimakan cocok di lidah. Kuah satainya berbeda dengan kuah sate pada umumnya. Bahannya terdiri dari kecap, kelapa, dan kacang tanah. Ada juga yang menambah kentang sebagai pelengkap.

4. Nasi pindang.

Nasi pindang Kudus

Foto : www.teruskan.com

Meski namanya nasi pindang, kamu tidak akan menemukan ikan pindang di makanan ini. Nasi pindang adalah nasi yang dilumuri daging kerbau yang dimasak dengan kuah tanpa sayur. Kuah dari nasi pindang berwarna coklat karena dimasak menggunakan kluwak.

5. Soto Kudus

Soto Kudus

Foto ; www.jayanjayan.com

Soto Kudus ada dua jenis yaitu soto ayam dan soto kerbau. Soto-soto yang banyak dijual di luar Kudus merupakan soto ayam, bukan soto kerbau. Jika kamu diberi kesempatan untuk main ke Kudus, jangan lupa mencicipi keduanya. Soto kerbaunya nggak kalah enak lho.

6. Garang asem.

Garang Asem Kudus

Foto : Tribunnews

Garang asem dimasak dengan cara digarang atau dikukus. Isinya berupa lauk-pauk yang dibungkus dengan daun pisang. Jenis lauk-pauknya bermacam-macam, ada ikan, tahu, ayam, dan jeroan. Dinamakan garang asem karena masaknya digarang (dikukus) dan rasanya asam. Di dalamnya terdapat campuran tomat dan cabai.

7. Madu Mongso.

Madu Mongso Kudus

Foto : Wikipedia

Bentuk dan warna madu mongso sekilas hampir mirip seperti jenang kudus. Sama-sama berwarna coklat. Namun ketika dicicipi, rasanya sama sekali berbeda. Bahan dasar madu mongso yaitu ketan hitam yang difermentasi dan dicampur dengan gula dan santan. Madu mongso kerap disajikan di rumah-rumah warga ketika hari raya Idul Fitri.

8. Kopi Jetak.

Kopi Jetak Kudus

Foto : Klikhotel

Kopi Jetak adalah kopi yang berasal dari desa Jetak di Kudus. Bedanya dengan kopi lainnya, biji kopi ini digoreng bersama air kopi sampai berwarna hitam. Harganya cukup terjangkau, hanya sekitar Rp3.000-Rp5.000 per cangkirnya.

9. Wedang alang-alang.

Wedang alang-alang kudus

Foto : Twitter

Apa yang pertama kali kamu pikirkan ketika mendengar kata alang-alang? Rerumputan? Tanaman ilalang? Yup, benar sekali. Wedang alang-alang merupakan minuman yang berbahan dasar alang-alang. Ternyata alang-alang yang selama ini dianggap sebagai gulma, mengandung manfaat yang cukup tinggi bagi kesehatan. Campurannya yaitu alang-alang, gula batu, jambe, dan daun pandan.

Pastikan kamu bisa menicicipi 9 kuliner di atas ketika berkunjung ke sana. Jangan lupa bawakan jenang Kudus dan madu mongso sebagai oleh-oleh keluarga di rumah.