Tips mengupas mangga yang harus kamu tahu

mengupas mangga

Buah mangga adalah buah ajaib karena rasanya yang lezat dan kaya akan vitamin. Mangga dikenal memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh, menghasilkan enzim yang berguna bagi pencernaan, sebagai antioksidan yang memerangi kanker, dan juga kaya akan Vitamin A yang bagus untuk mata. Satu lagi, mangga juga kaya akan Vitamin E.

Buah mangga berasal dari daratan Asia Selatan lalu dibawa oleh banyak orang hingga menyebar ke seluruh dunia. Di tempat asalnya, mangga tidak hanya dimakan sebagai buah tapi juga dimakan sebagai salad, smoothies, dan bahkan campuran untuk lauk ayam dan ikan!

BACA JUGA: Kudus nggak cuma punya Soto Kudus. Ini lho kuliner lainnya yang harus kamu coba

Bagi orang Indonesia, buah mangga merupakan buah sehari-hari. Apalagi kalau sedang musim-musimnya. Jika Wovgo amati, masih banyak orang Indonesia yang mengupas mangga dengan cara tradisional yaitu dikupas semua kulitnya sampai bersih dan dipotong buahnya kecil-kecil.

Padahal mengupas buah mangga itu kayak ngerjain ujian nasional, ada cara pintasnya. Hanya saja masih banyak yang belum tahu. Buat kamu yang hobi makan buah mangga atau sebaliknya, nggak mau makan mangga karena ribet, simak tips jitu dari Wovgo ini. Kamu bisa mengupas buah mangga dalam hitungan menit!

1. Terdapat biji yang sangat besar di dalam buah mangga yang nggak mungkin bisa kamu telan layaknya biji semangka! Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah potong mangga secara vertikal sedekat mungkin dengan bijinya agar lebih banyak daging mangga yang bisa kamu dapat.

3. cara mengupas mangga

2. Potong sisi lainnya. Sekarang kamu memiliki tiga bagian dari satu buah mangga: 2 bagian sisi dan 1 bagian tengah yang ada bijinya.

4. cara mengupas mangga

3. Ambil 1 bagian buah mangga yang sudah kamu potong dan belah buah mangga menjadi beberapa bagian. Bisa dibelah menjadi 4 bagian secara horizontal dan 4 bagian secara vertikal. Ingat, kamu hanya membelah dagingnya, bukan kulitnya. Biarkan kulitnya tetap menempel di daging dan jangan dikupas.

5. cara mengupas mangga

4. Kalau sudah dibelah secara horizontal dan vertikal, hasilnya akan menjadi potongan-potongan berbentuk segi empat di buah mangga kamu.

6. cara mengupas mangga

5. Sudah siap dimakan? Belum, sedikit lagi. Tekan bagian belakang kulit mangga agar daging buah yang sudah kamu belah tadi bisa muncul ke permukaan.

BACA JUGA: Manfaat daun-daunan untuk kuliner Indonesia

Sekarang buah manggamu tampak seperti bunga yang mekar dengan kubus-kubus kecil di atasnya.

7. cara mengupas mangga

6. Ulangi langkah 3 sampai 5 untuk bagian yang lainnya lagi. Persis sama seperti itu. Jangan ada yang ditambah dan dikurangi.

7. Sudah? Sekarang Wovger sudah punya dua buah mangga yang bermekaran.

8. cara mengupas mangga

8. Sekarang bagian tengah alias bagian biji. Ambil pisau dan potong sisi kanan dan kiri biji mangga yang masih ada dagingnya. Wovger bisa memotong kulitnya atau membiarkannya, sesuai selera. Kalau memilih untuk membiarkan kulitnya tetap menempel, Wovger bisa membelah mangga tersebut menjadi 3-4 belahan.

BACA JUGA: Kuliner khas Probolinggo yang ‘yummy’ banget

9. Iris-iris daging mangga yang masih tersisa di bagian biji sampai bersih, tak ada sedikitpun daging yang tersisa.

9. cara mengupas mangga

10. Sekarang buah manggamu sudah bisa dinikmati. Bagaimana caranya? Pegang kulit mangga yang masih tersisa dan tinggal gigitin aja mangganya. Krawus. Krawus. Hmmm, yummy! Eits, jangan lupa berdoa dulu sebelum makan.

11. Waktu yang kamu butuhkan nggak sampai 1 menit! Hebatnya lagi, tanganmu tetap bersih karena tidak menyentuh daging mangga.

12. Wovgo buatin sedikit ringkasannya ya: iris mangga jadi tiga bagian, 2 bagian sisi dan 1 bagian tengah. Belah-belah buah mangga tanpa menyentuh kulit hingga membentuk persegi-persegi kecil. Tekan kulit mangga keluar sampai mangga tadi berbentuk kubus kecil. Iris bagian biji hingga dagingnya bersih. Yak, sekarang mangga sudah siap untuk dimakan.

11. cara mengupas mangga

Gimana Wovger? Cukup mudah bukan mengupasnya? Kamu nggak perlu repot-repot mencuci tangan karena tangan yang kotor selepas mengupas mangga. Kamu bisa memakannya dengan cepat dan tidak meninggalkan kulit yang berserakan.

BACA JUGA: Nggak cuma surga wisata, Jawa Tengah juga punya 12 kuliner khas yang akan menggoyang lidahmu

Cara di atas merupakan cara antimainstream mengupas buah mangga. Kamu juga bisa lho menjadi penemu fruit hack buah-buahan lainnya. Tinggal kembangkan ide kreatifmu untuk mengupas buah dengan cepat dan praktis.