Tempat-tempat wisata di purwokerto yang bagusnya kebangeten!

purwokerto

Purwokerto adalah ibu kota Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Wovger tahu gak, Purwokerto ternyata menyimpan banyak hal yang gak kita tahu loh. Di sini ternyata ada museum Bank Rakyat Indonesia, karena bank pertama kali berdiri ada di sini dan pendiri bank ini adalah Raden Bei Aria Wirjaatmadja, putra daerah Purwokerto.

Purwokerto juga dikenal sebagai salah satu kota pelajar di Jawa Tengah. Soalnya di sini perguruan tingginya banyak banget gaes. Ada Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Universitas Wijaya Kusuma (Unwiku), Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer Widya Utama, Akademi Kebidanan YLPP Purwokerto, STIMIK AMIKOM Purwokerto dan masih banyak lagi.

Selain beragam kampus itu, Purwokerto juga memiliki pesona pariwisata yang keren-keren juga. Lokasinya yang berada di dekat gunung Selamet menjadikan di sini banyak banget menghadirkan wisata alam.

Wovgo akan mencoba merangkum beberapa tempat wisata di sini, biar Wovger bisa tahu mau main kemana pas mampir ke kota ini. Yuk!

Baturraden

foto: lokasiku.web.id

foto: lokasiku.web.id

Siapa coba yang gak kenal tempat wisata ini. Tempat wisata ini bisa dibilang yang paling terkenal seantero Purwokerto. Lokasi tempat wisata ini ada di Karangmangu, Kecamatan Baturraden, Banyumas.

Baturaden atau Lokawisata Baturraden merupakan sebuah komplek wisata alam yang berada di kaki Gunung Slamet. Jika Wovger ke sini, Wovger akan mendapati sebuah Lokawisata dengan tata tempat yang keren banget. Wovger akan dibawa menaiki anak-anak tangga dan menyusuri berbagai permainan yang disediakan di tempat ini.

Di kompleks wisata ini, Wovger juga akan menemukan sumber air panas. Terdapat dua sumber air panas di Baturaden, yakni Pancuran Telu dan Pancuran Pitu. Di sini Wovger bisa berendam di air panas sembari menikmati kesegaran alamnya.

BACA JUGA: Jawa Tengah emang punya banyak tempat wisata keren. Tapi jangan melewatkan pengalaman berwisata ke Cilacap

Selain itu juga ada Taman Kaloka Widya Mandala. Taman ini merupakan kebun binatang yang ada di Baturaden. Disana terdapat sebuah museum yang menyimpan kerangka hewan atau satwa khas Indonesia. Ada juga Teater Alam Baturaden. Teater ini berupa pesawat terbang jenis Foxer 28 milik Garuda Indonesia. Di dalam pesawat tersebut, Wovger bisa menonton film tentang potensi wisata Banyumas dan kekayaan alam serta budayanya. Durasi film setiap tayang adalah sektiar 10 menit sampai 15 menit.

Pengelolaan ditempat ini sudah sangat baik. Fasilitasnya juga sudah sangat lengkap. Sudah ada penginapan, Toilet, Parkiran, bumi perkemahan, tempat bermain, dll.

Untuk masuk kawasan Lokawisata Baturraden, Wovger hanya perlu membayar tiket Rp. 8.000,- saja. Murah kan?

Pemandian Kalibacin

foto: pariwisatabanyumas.16mb.com

foto: pariwisatabanyumas.16mb.com

Pemandian Kalibacin terletak sekitar 17 kilometer arah selatan Kota Purwokerto, tepatnya di Desa Tambaknegara, Kecamatan Rawalo, Banyumas.

Tempat pemandian ini bukan hanya untuk berwisata, tapi juga bisa untuk berobat. Karena kandungan belerangnya cukup tinggi, airnya diyakini mampu mengobati berbagai macam penyakit kulit, syaraf, dan tulang atau rematik. Agak berbeda dengan Pancuran Telu dan Pancuran Pitu di Baturraden dengan air hangatnya, Kalibacin airnya dingin seperti air biasa.

Selain berobat di pemandian ini, Wovger juga bisa berwisata menyusuri Sungai Serayu menuju kawasan Kota Lama Banyumas dengan menggunakan jasa perahu yang dikelola oleh “Mercusi Arung Serayu”. Fasilitas disini sudah cukup lengkap. Sudah ada penginapan juga yang disediakan di sekitar sini.

Untuk harga tiketnya sekitar Rp. 8.000,- per orang.

Curug Cipendok

foto: travelmatekamu.com

foto: travelmatekamu.com

Curug ini termasuk curug tertinggi di kawasan Banyumas. Tingginya mencapai 90m. Curug ini terletak di Desa Karangtengah, Cilongok, Banyumas. Lokasinya sekitar sekitar 15 km di sebelah barat dari pusat kota Purwokerto. Curug ini juga sudah dikelola oleh pemerintah, jadi beberapa fasilitas penunjang sudah cukup lengkap.

Untuk masuk kawasan ini Wovger harus membayar tiket sebesar Rp. 6.000,-

BACA JUGA: Ini dia beberapa destinasi wisata di Kebumen yang ‘wow’ banget!

Suasana yang alami dan pemandangan air terjun yang menjulang tinggi menjadi hal yang sangat menyenangkan. Di sini Wovger akan disuguhkan dengan air terjun yang di kelilingi oleh dinding alam, sehingga jika dilihat, kolam air terjunnya menyerupai sebuah mangkuk. Wovger akan melihat seolah-olah air terjun ini ditumpahkan kedalam mangkok.

Keren kan?

Curug Ceheng

foto: mheymell.blogspot.com

foto: mheymell.blogspot.com

Curug ini terletak di Desa Gandatapa, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Propinsi Jawa Tengah. Curug ini berjarak sekitar 15 km di ujung timur dari kota Purwokerto. Curug Ceheng ini memiliki ketinggian 13 meter. Hawa sejuk yang dihadirkan di areal ini menjadikan tempat ini banyak dikunjungi.

Letak curug ini tersembunyi di tengah perkebunan dan hutan, suasananya sangat alami. Di sini Wovger bisa bermain air dan ditemani suasana alam yang sejuk nan hijau-hijauan yang menyenangkan saat dipandang mata. Untuk masuk ke curug ini sangat murah, tiketnya cuma sekitar Rp. 3.000,- saja.

Goa Sarabadak

foto: wisatamu.com

foto: wisatamu.com

Lokasi Goa ini ada di Desa Kemutuk Lor, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas dan berada 14 Km dari Kota Purwokerto. Sebenarnya goa ini masih satu kompleks kompleks dengan Pancuran Pitu, Baturraden. Di sini Wovger bisa menikmati siraman air panas dan air dingin yang mengucur di bebatuan warna keemasan yang sungguh indah. Jika Wovger masuk kawasan Baturraden, Wovger harus mengunjungi tempat ini juga.

Telaga Sunyi

foto: eerhum.wordpress.com

foto: eerhum.wordpress.com

Telaga Sunyi pada dasarnya masih berada di wilayah wisata Baturaden. Lokasi persisnya ada sekitar empat Kilometer dari Gerbang Wanawisata atau setengah kilometer dari Baturraden Adventure Forest ke arah timur kedua objek wisata tersebut. Untuk memasuki Tempat wisata ini, pengunjung akan dikenakan biaya tiket Rp. 5000,-

BACA JUGA: Nggak cuma Mendoan, ada banyak makanan khas Cilacap yang harus kamu coba!

Di sini Wovger akan disuguhi telaga jernih berkilau dengan kedalaman sekitar 3 meter. Wovger bisa menikmati suara gemericik air terjun keci yang tumpah di telaga, sembari menyaksikan keindahan alam dan bebatuan alami.

Wana Wisata

foto: purwokertokita.com

foto: purwokertokita.com

Wana Wisata berlokasi sekitar 2 km dari kawasan wisata Baturaden. Di sini Wovger akan dipuaskan dengan hutan yang dipenuhi pohon-pohn rindang yang menghadirkan suasana sejuk. Karena terdapat perkemahan yang mampu menampung 1000 tenda. Wovger juga akan menjumpai cagar alam dan pembibitan tanaman produksi, seperti pohon cemara, pinus, dan lain-lainnya.

Untuk tiket masuk wana wisata ini, Wovger hanya harus membayar tiket sebesar Rp. 10.000,-

Baturraden Adventure Forrest (BAF)

foto: teriiiixk.blogspot.com

foto: teriiiixk.blogspot.com

Wisata alam di Baturraden memang sangat lengkap, apalagi dengan hadirnya BAF. BAF berlokasi di Kawasan Wanawisata Baturraden.

BACA JUGA: Wisata ke Pantai Balekambang, Tanah Lot-nya pulau Jawa!

Kompleks Perumahan Perhutani, Banyumas, Jawa Tengah. Di sini terdapat empat unsur wisata alam yang bisa Wovger rasakan. Ada Mountain Adventure, Water adventure, Tree Adventure, Eco Adventure. Petualangan empat unsur alam BAF ini dikemas untuk; Outing perusahaan (training/meeting/outing/gathering), Pelatihan berwawasan ramah lingkungan bagi pelajar (SD hingga Perguruan Tinggi), hingga Gathering komunitas yang fun dan entertaining, seperti; family gathering, reunion, outdoor clubs, hobby clubs, nature & outdoor party, meditation classes.

Untuk tiketnya, berupa paket wisata adventure. Ada program 2 hari dengan harga Rp. 230.000,- dan program satu hari seharga Rp. 150.000,-. Harga ini sudah termasuk Harga Design & Kelengkapan Program, Kelengkapan Akomodasi, Makan & snacks, Tenaga Medis, Asuransi.

***

Wisata alam di Purwokerto memang selalu menawan. Jika ada kesempatan, Wovger jangan lupa untuk mengunjungi tempat-tempat tadi yah. Jika ada rekomendasi tempat wisata lain, langsung melipir di kolom komentar yah. Wovgo tunggu. 🙂