12 alasan kenapa kamu gak boleh traveling keliling Indonesia!

borobudur

Lho, lho, lho, apa-apaan ini kok gak boleh traveling keliling Indonesia? Wah main-main nih Wovgo. Ngajakin berantem apa gimana?

Tenang… tenang… tenang…

Apa sih alasannya sampai dilarang keliling Indonesia?

Yuk!

1. Pulau Nias, ngapain jauh-jauh ke sana liat tradisi fahombo? Mending nonton di youtube aja sambil tiduran.

Fahombo

Foto : www.mamansoleman.net

Pulau Nias terkenal akan tradisi lompat batu yang dinamakan fahombo. Fahombo adalah olahraga tradisional rakyat Nias.

BACA JUGA: Wisata ke Pantai Balekambang, Tanah Lot-nya pulau Jawa!

Fahombo menjadi terkenal di seluruh Indonesia berkat pemerintah yang memasang gambarnya di uang Rp1000 cetakan tahun 1992. Selain terkenal akan fahombo, Pulau Nias juga terkenal akan surganya para peselancar.

2. Ke Pantai Tanjung Tinggi di Belitung? Buat apa? Cuma ada bebatuan di sana.

foto: bersabda.com

foto: bersabda.com

Pulau Belitung menjadi terkenal di Indonesia karena lahirnya novel Laskar Pelangi dan munculnya sosok gubernur fenomenal di DKI Jakarta, iya Pak Ahok. Di Pulau Belitung, banyak banget pantai-pantai cantik. Salah satunya Pantai Tanjung Tinggi. Pantai Tanjung Tinggi ini belum banyak yang menjamah, Wovgo saranin kamu jangan main kesana deh. Pantainya terlalu bagus! Ntar takutnya rusak.

3. Nggak ada yang akan kamu dapat di Danau Toba! Paling-paling cuma hijaunya pemandangan.

Danau Toba

Foto : maritim.go.id

Ngapain ke Danau Toba? Daerahnya nggak semaju Jakarta. Beda banget deh pokoknya sama Jakarta. Nggak ada polusi udara, nggak macet, pemandangannya hijau. Makanya jangan kesana.

4. Kalau mau bercermin, di kamar juga bisa, nggak harus jauh-jauh ke Danau Labuan Cermin. Buang-buang waktu aja.

foto: tempatwisatakita.net

foto: tempatwisatakita.net

Danau Labuan Cermin terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Danau ini terkenal karena keajaibannya, dua air yang tidak bercampur jadi satu.

BACA JUGA: 8 Pantai di Jepara ini akan mengukir kepuasan batinmu

Di permukaan danau, airnya adalah air tawar, namun jika Wovgo menyelam beberapa meter ke bawahnya, airnya asin karena berasal dari Teluk Sumbang. Airnya bening banget, bisa buat bercermin.

5. Ah, nyelam mah bisa dimana aja. Nggak harus di Pulau Derawan. Berat di ongkos kakak … !

foto: lokasiwisata.info

foto: lokasiwisata.info

Pulau Derawan terletak di kabupaten yang sama dengan Danau Labuan Cermin yakni di Kabupaten Berau. Air laut yang berwarna hijau dan biru siap menyambut kedatanganmu ke pulau ini. Begitu juga kekayaan biota laut di bawahnya. Wovger sebaiknya nggak pergi ke sini. Sekalinya ke sini nanti nggak mau balik lagi. So, jangan ke sana.

6. Awas sakit mata pergi ke Kawah Ijen gara-gara melihat birunya lava pijar. Mending jangan kesana deh.

foto: rizkirahmatia.wordpress.com

foto: rizkirahmatia.wordpress.com

Birunya lava pijar Kawah Ijen sangat terkenal sampai ke mancanegara. Wisatawan asing berbondong-bondong datang kesana untuk menyaksikan sendiri.

BACA JUGA: 10 Pantai di Malang ini akan membuatmu klepek-klepek

Menurut Wovgo sih, mendingan kamu lihat gambarnya aja dari situs pencari di internet. Takutnya nanti Wovger kepincut kalau pergi ke sana.

7. Nggak ada apa-apa bro di Gunung Bromo, hanya lautan pasir!

Gunung Bromo

Foto : www.triptrus.com

Nggak ada apa-apa di Gunung Bromo, beneran deh. Cuma hamparan pasir coklat dan pemandangan gunung indah serta sunrise yang memakau terus ada juga upacara suku Tengger yang menarik dan…. Ah sudahlah intinya jangan ke sana. Nggak percaya? Boleh lho kamu buktikan sendiri. Jangan lupa bawa kamera untuk merekam bukti-buktinya.

8. Ini lagi ke Karimun Jawa, renang di sungai depan rumah juga bisa. Nggak ah nggak mau kesana buat lihat pemandangannya.

foto: brdcsifiwon.wordpress.com

foto: brdcsifiwon.wordpress.com

Buat apa berlelah-lelah ke Karimun Jawa? Buang-buang waktu. Lebih baik kamu di kamar saja main gadget daripada menikmati keindahan bawah laut Karimun Jawa.

9. Gunung api Mahangetang? Gunung api bawah laut? Hiii, takut! Sebaiknya kamu jangan kesana kalo gak mau kena letusannya!

foto: seeingindonesian.blogspot.com

foto: seeingindonesian.blogspot.com

Indonesia memiliki bentang alam yang lengkap banget! Gunung api di lautan pun kita punya. Namanya gunung api Mahangetang. Gunung ini masih aktif hingga sekarang.

BACA JUGA: Trenggalek mungkin terdengar asing. Tapi Kabupaten ini menyimpan segudang pantai yang wow banget!

Untuk mendaki gunung ini, Wovger perlu keahlian menyelam karena puncaknya berada 6-8 meter di bawah permukaan laut.

10. Jangan ke Puncak Jaya Wijaya, nanti kamu bakalan ketemu salju! Brrrr, dingin!

foto: jogjacreative.wordpress.com

foto: jogjacreative.wordpress.com

Naik ke Puncak Jaya Wijaya? Jangan! Jangan banget kesana! Nanti kamu bisa ketemu salju! Di Indonesia ini salju hanya ada di Puncak Jaya Wijaya, sebaiknya kamu jangan kesana untuk melihat keindahannya. Mendingan ngumpet di balik selimut kamar. Anget…

11. Danau Sentani, danau paling besar di Papua ini nggak layak kamu kunjungi karena udaranya terlalu bersih.

foto: wego.co.id

foto: wego.co.id

Nggak ada yang menarik dari danau terbesar di Papua ini. Jauh-jauh kesana kamu hanya akan menjumpai 21 pulau yang menghiasi danau itu, main ski air, lihat Festival Danau Sentani, tari-tarian. Udah, itu tok. Jangan sampai gara-gara ke sana, kamu nggak mau pulang lagi ke tempat asalmu.

12. Nggak ada yang menarik di Lembah Baliem, hanya terdapat suku pedalaman yang tinggal di sana.

foto: tripsantai.com

foto: tripsantai.com

Apa sih keistimewaan Lembah Baliem? Hanya tempat tinggal Suku Lani, Yali, dan Dani. Paling-paling yang menarik hanya Festival Lembah Baliem dan pemandangan lembah yang hijau dan asri. Kamu nggak tahu Lembah Baliem itu ada di mana? Wah wah, berarti Wovger harus kesana.

BACA JUGA: Jangan lupa nonton tradisi lokal dan kesenian-kesenian asli Jawa Timur ini saat kamu berwisata kesana

Itulah tadi beberapa alasan kenapa sebaiknya kamu “nggak usah traveling ke Indonesia“. Traveling di Indonesia cuma buang-buang waktu dan uang kamu. Takutnya, kamu jadi semakin kecanduan untuk melihat keindahan Indonesia dan nggak mau pulang ke kampung halaman. Indonesia terlalu indah.

Kalau kamu jalan-jalan dan niatnya cuma buat ngerusak keaslian dan keindahannya, buang sampah sembarangan, atau hal-hal negatif lain, mendingan nggak usah. Tidur di rumah aja deh … !!!