Belajar matematika nggak lagi membosankan bagi anak-anak dengan cara ini

trik matematika

Di antara semua mata pelajaran, matematika adalah pelajaran yang paling susah dan paling membosankan. Sebagian dari kita mengalami sukarnya memahami persoalan matematika. Soalnya saja susah dimengerti apalagi jawabannya.

Demikian juga dengan anak-anak. Mereka sering merasa kesulitan memahami rumus-rumus matematika. Belum lagi soal cerita yang ceritanya sama sekali tidak masuk akal. Akibatnya anak-anak mudah merasa bosan.

BACA JUGA : Mau lebih smart? Lakukan kebiasaan kecil ini mulai dari sekarang!

Agar hal di atas tidak terjadi, kamu bisa menggunakan tips-tips ini untuk mengembalikan semangat belajar mereka.

1. Unduh aplikasi game matematika di PlayStore.

math game play store

Daripada anak-anak bermain game yang tidak bermanfaat, lebih baik unduhkan game-game matematika yang bisa mengasah otak. Sambil menyelam, minum air. Sambil main game, sambil belajar.

2. Gunakan krayon atau pensil warna untuk menggambar kurva matematika, mainkan imajinasi mereka.

curve math with crayon

Foto : www.pinterest.com

Belajar matematika tidak hanya belajar angka dan huruf saja, tapi juga belajar garis. Agar anak-anak bersemangat menggambar garis, sediakan mereka pensil warna dan krayon. Ganti pensil biasa dengan alat tulis yang berwarna-warni. Misalnya, kamu bisa menggunakan jangka dengan pensil warna untuk menggambar lingkaran.

Selain itu, asah juga imajinasi mereka. Suruh mereka membuat sebuah gambar dari gambar garis tadi. Biarkan mereka berimajinasi dengan gambar mereka.

3. Manfaatkan alam terbuka sebagai tempat untuk belajar matematika.

math in out door

Foto : bigglittleg.com

Tidak ada tempat belajar yang paling membosankan selain di ruang kelas. Kamu bisa mengganti tempat belajarmu menjadi di luar ruangan. Pergi ke taman terdekat, pergi ke pasar, pergi ke tempat wisata. Suruh anak-anak mengamati peristiwa matematika apa yang terjadi dalam kehidupan nyata.

4. Kuasai trik-trik matematika.

trik matematika

Foto : www.amazingoasis.org

Menjelang ujian nasional, kita biasanya diberikan trik matematika agar kita bisa menjawab soal dengan mudah. Kamu bisa mencoba cara ini untuk diterapkan pada anak-anak. Nggak perlu yang rumit. Kuasai saja trik-trik sederhana yang bisa mereka ingat dengan mudah.

5. Berikan reward sederhana setiap kali mereka berhasil menjawab pertanyaan matematika.

math reward

Foto : www.imom.com

Memberikan reward dapat meningkatkan motivasi mereka untuk belajar. Misalnya, setiap kali mereka berhasil menjawab pertanyaan, berikan makanan kecil seperti biskuit coklat atau wafer.

6. Lakukan soal cerita yang nyata untuk membantu mereka menyelesaikan masalah.

soal matematika

Foto : nebomusic.net

Nggak angka, nggak cerita, rumit semua. Soal cerita dalam matematika tidak lebih mudah daripada soal dengan angka. Apalagi seringkali ceritanya nggak masuk akal. Misalnya, Budi membeli semangka 60 biji lalu diminta Bidu 30 biji. Buat apa coba Budi beli semangka 60 biji? Satu aja nggak habis di makan sendiri.

Nah agar tidak salah persepsi pada anak, kamu bisa mewujudkan soal ceritamu sendiri. Ganti semangka dengan kelereng atau benda lain yang lebih nyata. Pergakan juga apa yang sebenarnya terjadi di cerita tersebut.

7. Bantu mereka belajar tentang jam dengan cara membuat jam dinding mereka sendiri.

jam

Pelajaran mengenai jam dan waktu diberikan melalui pelajaran matematika. Supaya anak-anak bisa menyerap pelajaran tentang jam dengan cepat, ajak mereka untuk menggambar jam sesuai dengan kreasi mereka. Sediakan cat air, pensil warna, kuas, dsb.

8. Buat potongan-potongan puzzle dari bangun datar.

puzzle math

Ada lingkaran, ada trapesium, ada jajar genjang, ada bujur sangkar, dan masih banyak lagi. Supaya anak-anak bisa mengingat dengan mudah bangun datar di atas, buatlah potongan-potongan puzzle dari bangun-bangun di atas.

9. Belajar bangun ruang dengan menggambar bangunan terkenal di dunia.

pyramid

Foto : www.history.com

Selain bangun datar, ada bangun ruang yang harus diingat nama-namanya. Temukan bangunan-bangunan terkenal di dunia lalu suruh mereka mengenali bangun ruang mana yang paling sesuai. Ceritakan juga nilai sejarah dibalik bangunan-bangunan tersebut. Dampaknya mereka belajar dua pelajaran sekaligus: matematika dan ilmu pengetahuan sosial.

Alternatif lainnya, kamu bisa belajar dari lingkungan di sekitar rumah. Misalnya, atap rumah biasanya berbentuk limas, kardus berbentuk balok, bak mandi berbentuk kubus.

BACA JUGA : Belajar Bahasa Inggris tanpa les atau kursus? Bisa banget! Kamu harus coba tips-tips berikut ini!

Sudah siap mengajarkan cara-cara di atas pada anak-anak? Dijamin deh mereka tidak lagi merasa bosan dan mengeluh tentang matematik. Malahan mereka bisa ketagihan belajar matematika. Kamu bisa mencoba tips di atas untuk mata pelajaran lainnya. Selamat mencoba!