Curug-curug indah ini ternyata ada di Banyumas. Sumpah, nomer 3 dan terakhir keren abis!

Curug Cipendok

Wovger yang dari Banyumas ayok ngacung! Geng Ngapak ayok merapat. Semua orang pasti udah tahu dong sama Banyumas. Daerah yang khas banget dengan Gethuk Gorengnya ini ternyata juga memiliki potensi wisata yang keren.

Kabupaten Banyumas adalah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Purwokerto. Kabupaten Banyumas terletak di lereng Gunung Slamet. Letak Geografis inilah yang akhirnya menghasilkan banyak wisata air terjun yang keren-keren.

Nah, Wovgo akan berusaha mengulas beberapa air terjun keren yang ada di Banyumas.

Curug Ceheng

foto: titissoeparno.blogspot.com

foto: titissoeparno.blogspot.com

Curug ini terletak di Desa Gandatapa, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Curug ini berjarak sekitar 15 km di ujung timur dari kota Purwokerto. Untuk menuju ke Curug Ceheng, tidak terlalu sulit. Kondisi jalan ke curug ini sudah beraspal, lumayan bagus lah.

Curug Ceheng ini memiliki ketinggian 13 meter. Curug Ceheng ini merupakan salah satu bagian dari aliran kali Pelus yang mengalir ke daerah hilir, sampai Sumbang dan Sokaraja. Hawa sejuk yang dihadirkan di areal ini menjadikan tempat ini banyak dikunjungi.

BACA JUGA: Biar liburanmu nggak gitu-gitu aja, main-main ke air terjun Tumpak Sewu yuk!

Letak curug ini tersembunyi di tengah perkebunan dan hutan, suasananya sangat alami. Di sini Wovger bisa menemukan ceruk di bawah air terjun yang bisa dipakai buat nyemplung.

Untuk masuk ke curug ini sangatlah murah, tiketnya cuma sekitar Rp. 3.000,-

Curug Bayan

foto: bocahporka.blogspot.com

foto: bocahporka.blogspot.com

Lokasi curug ini terletak di Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas. Letaknya sekitar 3 km sebelah barat dari obyek wisata Baturraden. Jika Wovger mau ke sini, mendingan pakai kendaraan pribadi, soalnya di sini gak ada angkutan umum sama sekali.

Curug Bayan ini memiliki ketinggian sekitar 7m. Di bawahnya ada ceruk berkedalaman sekitar 2-5 m. Ceruk ini bisa buat mandi, tapi tetep hati-hati yah. Apalagi kalo gak bisa berenang, jangan nyoba-nyoba dech.

Wovger akan terpesona dengan air yang bersih dan pemandangan alam yang indah. Di kawasan curug ini terdapat sebuah villa dengan nama Wisma Curug Bayan yang berdiri di atas Sungai Banjaran. Fasilitasnya pun sudah cukup lengkap. Sudah banyak warung makan dan gazebo-gazebo yang ada di sini.

Untuk masuk ke curug ini, Wovger hanya perlu membayar tiket sekitar Rp. 3.000,-

Curug Gede

foto: panoramio.com

foto: panoramio.com

Curug Gede berada di desa ketenger, Baturraden, Banyumas. Lokasinya ada di bawah curug Bayan. Wovger cuma butuh memarkir kendaraan di curug Bayan dan tanya ke warga arah menuju ke sini. Akses jalannya berupa jalan setapak. Tapi karena jarang dilewati, jalannya udah ditutupin rumput gitu.

BACA JUGA: 15 Air terjun di Jogja ini wajib kamu kunjungi agar liburanmu di Kota Gudeg semakin komplit

Untuk menuju ke sini, Wovger akan menuruni jalan menurun yang cukup melelahkan. Tapi perjalanan ini akan terbayar saat sudah sampai di curug ini.

Curug ini belum terkelola, jadi ya gak ada tiket dan fasilitasnya juga belum ada.

Curug Celiling

foto: tantodanardwi.blogspot.com

foto: tantodanardwi.blogspot.com

Curug Celiling juga terletak di Ketenger, Baturraden, Banyumas. Lokasinya ada di bawah curug Gede. Jadi untuk menuju ke sini, Wovger harus melewati curug Gede dulu dan harus menyusuri sungai berbatu. Agak melelahkan memang menuju ke sini, tapi keindahan di curug ini emang keren banget.

Di curug ini, Wovger bisa berendam di bawah air terjun yang menyegarkan.

Curug Telu

foto: lennyvionita6.blogspot.com

foto: lennyvionita6.blogspot.com

Curug ini lokasinya ada di Karangsalam, Baturraden, Banyumas. Untuk menuju ke curug Telu, ada baiknya Wovger menggunakan motor, karena akses jalannya yang tidak memungkinkan untuk dimasuki mobil.

Untuk menuju ke area Curug Telu ini Wovger akan diajak blusukan. Iya, blusukan yang benar-benar mblusuk. Saat sampai di curug ini, Wovger akan menemukan seperti jembatan, di mana itu adalah sebuah pipa air. Dari pipa air inilah biasanya muda-mudi melakukan selfi.

Di curug telu, Wovger juga bisa berenang di ceruk yang ada di bawah air terjun.

Curug ini dinamakan curug telu, karena ada tiga curug di areal kawasan ini. Selain curug telu yang merupakan curug terbesar, ada dua curug lain, yaitu curug lawang (sendang Bidadari) dan curug pelangi (moprok).

BACA JUGA: Wisata air terjun di Malang memang epic gilaaa!!! Ini dia 10 coban yang wajib Wovger kunjungi!

Curug lawang memiliki ketinggian sekitar 20m dengan karakteristik yang berbeda dari curug lainnya, karena terdapat batuan menyerupai goa yang membentuk seperti lawang (pintu dalam bahasa jawa) sebagai jalan masuk ke lokasi air terjun.

Sedangkan curug pelangi lokasinya agak sedikit jauh dari curug telu dan curug lawang, walaupun masih dalam satu areal. Di lokasi Curug Pelangi, pengunjung bisa melihat pelangi yang nampak dari sekitar air terjun dengan tinggi 73 meter.

Lokasi wisata Curug Telu saat ini dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tirta Kamulyan Desa Karangsalam, Baturraden. Di lokasi Curug Telu sudah terdapat fasilitas seperti tempat parkir, mushola, toilet, gazebo, flying fox, dan canyoning bagi pengunjung yang ingin menguji adrenalin.

Tarif masuk ke lokasi wisata Curug Telu saat ini hanya dipatok dengan harga tiket 3 ribu rupiah. Tapi untuk bisa menikmati fasilitas macam canyoning dan lainnya, tetap harus merogoh kocek tambahan yah.

Curug Gomblang

foto: tantodanardwi.blogspot.com

foto: tantodanardwi.blogspot.com

Curug ini berada di wilayah Kedungbanteng, Banyumas. Jalan menuju ke sini hanya bisa dilalui motor, jadi ada baiknya Wovger untuk menggunakan motor saja. Dari tempat parkir, Wovger harus menuruni tangga sekitar 15 menit untuk menuju curug ini.

Di sini, Wovger bisa menikmati suasana yang masih sangat alami dan kondisi alam yang sangat bersih. Wovger bisa berenang di bawah air terjunnya atau di arus sungi curug Gomblang ini.

Tempat ini masih belum dikelola, jadi fasilitasnya pun belum lengkap dan tiketnya juga tidak ada.

Curug Cidadap

foto: tantodanardwi.blogspot.com

foto: tantodanardwi.blogspot.com

Curug ini berlokasi di dusun Semaya, Desa Sunyalangu, Kec Karanglewas, Kab. Banyumas. Sebenarnya lokasi curug ini ada dibalik bukit curug Gomblang.

Akses jalan menuju ke sini masih cukup sulit. Wovger disarankan menggunakan sepeda motor dan banyak-banyaklah bertanya kepada warga sekitar, karena tidak adanya petunjuk arahnya.

BACA JUGA: Sihir dahsyat dari 8 air terjun yang hanya bisa kamu jumpai di Jawa Timur

Lokasi ini juga belum dikelola, jadi masih gratis untuk memasukinya.

Lokasinya masih sangat alami. Debit air terjunnya juga cukup deras. Di sini Wovger bisa bermain air sepuasnya sambil menikmati keasrian alamnya.

Curug Nangga

foto: travelmatekamu.com

foto: travelmatekamu.com

Lokasi curug ini ada di desa Petahunan, kecamatan Pekuncen (ajibarang), kabupaten Banyumas. Curug ini menjadi terkenal sejak ter-ekspose di media sosial.

Curug ini memiliki 7 tingkatan, dari atas sampai bawah dan terlihat begitu eksotis dari kejauhan. Nama-nama curug ini dari yang paling atas itu namanya Curug Nangga, lalu yang kedua Curug Cikidang, Curug Gomblang, Curug Pewinian, Curug Bantar Pewinian, Curug Lunjar, dan yang terakhir ini curug Benda. Wovger bisa bermain air juga di sini, tapi hati-hati karena batuan nya agak licin.

Untuk dapat menikmati keindahan alam curug nangga, pertama, saat memasuki area parkir, wisatawan cukup membayar Rp 2.000 untuk parkir motor. Selanjutnya para wisatawan kembali membayar Rp 3.000 untuk mendapatkan tiket saat memasuki lokasi.

Curug Carang

foto: youtube.com

foto: youtube.com

Curug ini berlokasi di Desa Kemutug Kidul, Kecamatan Baturraden. Trek menuju curug ini cukup ekstrem. Tapi sudah banyak orang yang rela menyusuri trek ekstrem ini untuk menikmati panorama keindahan curug Carang ini.

BACA JUGA: Tempat-tempat wisata di purwokerto yang bagusnya kebangeten!

Menuruni tebing curam dengan berpegang tali harus rela Wovger tempuh untuk melihat keindahan curug ini. Lokasinya sangat terasing dan begitu asri. Di sini Wovger bisa menikmati suasana air terjun yang begitu nyaman dan terlihat begitu indah. Di sini belum ada fasilitas apa-apa, karena belum dikelola juga. Yang jelas pesan dari Wovgo, hati-hati saat ke curug ini.

Curug Pengantin

foto: lennyvionita6.blogspot.com

foto: lennyvionita6.blogspot.com

Curug ini ada di Dusun Cidondong, Desa Cirahab, Kecamatan Lumbir, Banyumas. Karena air terjunnya ada dua buah dan berjejer kayak pengantin, maka Curug tersebut dinamai sebagai Curug Pengantin. Lokasinya, sekitar 40 km dari Kota Purwokerto dan dapat ditempuh dengan motor. Setelah sampai di parkiran, Wovger harus berjalan kaki menyusuri alam untuk sampai ke areal curug.

Curug Cipendok

foto: indonesiaexplorer.net

foto: indonesiaexplorer.net

Curug ini termasuk curug tertinggi di kawasan Banyumas. Tingginya mencapai 90m. Curug ini terletak di Desa Karangtengah, Cilongok, Banyumas. Curug ini juga sudah dikelola oleh pemerintah, jadi beberapa fasilitas penunjang sudah cukup lengkap.

BACA JUGA: Ini dia beberapa destinasi wisata di Kebumen yang ‘wow’ banget!

Untuk masuk kawasan ini, Wovger harus membayar tiket sebesar Rp. 6.000,-

Suasana yang alami dan pemandangan air terjun yang menjulang tinggi menjadi hal yang sangat menyenangkan.

***

Banyumas sangat terkenal dengan banyaknya curug yang ada. Semuanya tidak mampu Wovgo ulas satu per satu. Intinya adalah jika berkunjung ke curug-curug ini, tetaplah hati-hati dan jaga kelestariannya yah.

Untuk Wovger yang tahu curug-curug lain di Banyumas dan sekitarnya, langsung tambahkan saja di kolom komentar, biar menjadi refrensi bagi teman-teman yang lain.