10 Tips tetap sehat, meski doyan begadang

begadang Sumber Foto : ciputra-uceo.net

Pekerjaan yang melimpah menandakan kamu menjadi manusia yang produktif. Tapi jangan salahkan tubuh jika mereka nggak mau mendukung aktivitasmu. Kenapa?

Pekerjaan melimpah, entah itu tugas kantor atau skripsimu yang nggak kelar-kelar otomatis memicu diri untuk tetap terus fokus tanpa henti. Sehingga begadang adalah alternatif yang pas untuk menambah waktu. Nah kalau udah begini, tubuh juga nggak mau tau. Dia jadi mudah lelah kemudian ingin diistirahatkan.

Sebelum rasa lelah lalu sakit-sakitan mengganggumu ada kalanya kamu harus lakukan hal ini agar tubuh tetap fit.

BACA JUGA : Aktivitas yang tinggi bikin kamu gampang capek? Cobalah mengkonsumsi jahe

1. Hindari minuman beralkohol dan rokok.

no

Kalau ngerjain ya ngerjain, jangan ngerjain dengan mabuk-mabukan atau merokok. Selain dapat merusak konsentrasi, kandungan nikotin yang ada dalam rokok bisa menghambat fungsi pernafasan sehingga mudah terserang penyakit. So minimalkan aktivitas minum minuman beralkohol dan merokok.

2. Keluar sejenak, nikmati matahari pagi untuk asupan vitamin D.

bermimpi

Foto : evolvingbliss.com

Pekerjaan kantor identik dengan berhadapan langsung di depan computer dan terkungkung dalam ruangan. Sampai di rumah hal itu juga yang kamu lakukan hingga larut malam. Cara termudah agar tubuh kembali terisi dengan vitamin adalah beranjaklah keluar lalu nikmati paparan sinar mentari pagi yang menghangatkan tubuh agar asupan vitamin D terpenuhi.

3. Boleh minum kopi untuk begadang? Boleh.

kopi

Wovgo tau kalau kopi untuk begadang seperti teman hidup. Tanpa mereka mata kamu tak bisa tahan hingga jam 2 pagi. Asalkan jangan minum terlalu kepagian, nggak baik untuk metabolisme tubuh jika lambungmu terus-terusan terserang kopi.

BACA JUGA : Sruput terus kopinya, wahai pecinta kopi. Karena kamu akan mendapat beragam manfaat ini, yang tentunya bagus untuk kesehatan

4. Kurangi konsumsi gula berlebih.

no gula

Foto : imuaortho.com

Saat begadang terkadang perut jadi kelaparan, mengkonsumsi minuman berenergi yang mengandung gula dan junk food jadi pilihan yang tepat. Jangan guys, justru itu bikin kamu makin lemes keesokan harinya. Lebih baik makan-makanan yang mengandung protein seperti biji-bijian agar tubuh tetap fit.

5. Jangan melewatkan sarapan.

Sarapan oatmeal

Pastikan asupan sarapan ini ada adalam list kerjamu. Banyak peneliti yang menyarankan untuk sarapan dalam waktu satu jam setelah bangun tidur, ada pula yang menyarankan waktu yang ideal untuk sarapan adalah di bawah jam 9 pagi. Dengan sarapan tepat waktu kamu dapat memenuhi nutrisi dan mengembalikan daya fokusmu yang hilang setelah begadang.

BACA JUGA : Sarapan mudah, murah, dan sehat? Coba 5 menu sarapan berikut ini

6. Makan buah dan sayuran segar.

Sarapan jus buah

Foto : eatangelos.com

Tanpa penjelasan panjang lebar, Wovger juga tau bahwa saat begadang banyak nutrisi yang terpaksa hilang. Untuk itu cara mencukupinya adalah dengan selektif dalam memilih makanan. Makan buah dan sayur segar bisa jadi pilihan. Terlebih untuk melancarkan metabolisme dalam tubuh, hindari untuk makan makanan yang berlemak seperti coklat dan keju.

BACA JUGA : Ingin racun menghilang dalam tubuh? Konsumsi bahan-bahan di bawah ini secara rutin

7. Perhatikan kualitas tidurmu.

cowok tidur

Lamanya tidur bukan menjadi tolok ukur mendapat tidur yang baik, melainkan seberapa lelap tidurmu. Lebih baik lagi kalau tidurmu 6 sampai 8 jam dengan tingkat nyenyak yang baik. Lah..itu namanya nggak jadi begadang. Ya..pokoknya meskipun sebentar asal nyenyaklah.

8. Meski tidurmu tidak cukup 6 sampai 8 jam, penuhi dengan tidur siang.

mahasiswa tukang tidur

Tidak masalah jika tidurmu hanya 3 sampai 4 jam semalam yang penting tetap berkualitas. Lebih bagus lagi kalau diimbangi dengan tidur siang. Tidur siang merupakan salah satu cara untuk mengganti tidur yang hilang. Hal ini dapat mencegahmu dari bahaya badan tak sehat.

9. Luangkan waktu untuk olahraga.

olahraga

Sesibuk-sibuknya kamu, luangkan waktumu untuk olahraga. Berkisar 10 hingga 30 menit. Meluangkan waktu untuk olahraga dapat meningkatkan kesehatanmu saat lelah begadang.

10. Pastikan asupan air mineral tetap masuk ke dalam tubuh.

air mineral

Salah satu cara agar tetap fit setelah begadang, kamu bisa mensiasatinya dengan cara minum air minimal 2 liter per hari. Jika kamu nggak terlalu suka minum air banyak-banyak kamu bisa menggantinya dengan makan buah dengan kandungan air yang banyak juga.

BACA JUGA : Nggak hanya jatuh cinta aja yang punya tanda-tanda. Kurang minum air mineral juga loh! Inilah yang terjadi ketika tubuh kekurangan air mineral!

****

Done! Masalah begadang bukan lagi jadi beban tubuhmu