9 Tempat wisata di Tegal ini akan memuaskan liburanmu

Tegal

Kalau kamu tau Tegal, yang ada dibayangan kamu adalah logat orangnya yang khas. Medok-medok ngapak sensasional.

Tegal ini merupakan salah satu kabupaten di propinsi Jawa Tengah yang memiliki segudang prestasi alam. Memukau dan mempesona. Jangan heran banyak orang lokal maupun turis yang berkunjung ke sana untuk sekedar cuci mata dan menikmati karya Tuhan.

Dari pada cuma omong-omong terus mending simak aja terus keindahan alam apa aja yang bisa kamu kunjungi nanti. Ini dia, Tegal…

1. Curug Putri.

Curug Putri Tegal

Foto : wisatategal.com

Sebenernya sih Wovgo itu agak ngenes kalau suruh pamer-pamer tempat eksotis, soalnya sayang banget kalau diekspose habis-habisan sama media terus anak-anak alay pada datang ke tempat itu dan meninggalkan bekas-bekas kealayan mereka, seperti sampah atau selfie-selfie yang merusak.

Tapi gimana ya soalnya Curug Putri ini greget abis. Si cantik ini merupakan salah satu objek wisata yang sangat ramai di kabupaten Tegal.

Berupa air terjun dengan ketinggian kurang lebih 25 meter. Untuk mencapai lokasi air terjun ini, pengunjung cukup berjalan kaki melewati beberapa jalan setapak yang dikelilingi oleh pepohonan yang hijau.

Ada dua rute untuk mencapai lokasi ini, yaitu melalui Desa Benda (Sirampog, Brebes) dan SPBU Sakalibel (Brebes).

Jika melewati jalur Desa Benda, kamu bisa naik kendaraan dari Pertigaan Kalisalak Desa Benda (Jl. Raya Tegal – Purwokerto) hingga di Desa Mendala lalu dilanjutkan sampai bertemu Dukuh Padanama.

Sayangnya, kendaraan tidak bisa melalui jalan ini, karena jalan yang belum teraspal. Kamu bisa menyusuri pematangan sawah sekitar 500 meter melalui jalan setapk. Nantinya, kamu juga akan melewati tebing yang cukup terjal.

BACA JUGA : Curug-curug indah ini ternyata ada di Banyumas. Sumpah, nomer 3 dan terakhir keren abis!

Apabila menggunakan jalur kedu, dari arah Purwokerto – Tegal, turunnya di Pertigaan Kaligadung atau di SPBU Sakalibel. Setengah jam perjalanan, sampailah di Perempatan Sirampog lalu mengambil jalan ke utara hingga bertemu dengan Dukuh Padanama.

2. Gunung Tanjung.

Gunung Tanjung Lebaksiu Tegal

Foto : infotegal.com

Tegal juga punya Gunung.

Gunung Tanjung ini cocok buat kamu yang gemar mbolang di alam bebas. Letaknya di Desa Lebaksiu, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Rutenya, jika dari arah Kota Slawi, kamu akan menempuh jarak sekitar 7 kilometer menuju lokasi wisata ini. Sampai sana selain melihat keramaian wisatawan dan keindahan panoramanya.

3. Kompleks Pantai Alam Indah.

Kompleks Pantai alam indah Tegal

Foto : www.ragamtempatwisata.com

Ini bukan kompleks perumahan tapi pantai yang memang terletak di dekat pusat kota Tegal. Yang menjadi ciri khas kompleks wisata ini adalah Monumen Baharinya yang berada di tengah-tengah. Monumen ini menjadi ikon kota Tegal.

Bagi yang suka naik perahu, di situ sudah disediakan, dikelola sendiri oleh warga sekitar. Namun baru menyediakan paket rombongan.

Dengan biaya tidak terlalu mahal, kamu udah bisa menikmati indahnya pemandangan dari atas perahu berkeliling pantai.

Kalau kamu mengarahkan pandangan ke arah selatan, selamat kamu akan melihat Gunung Slamet berdiri dengan kokoh. Nggak hanya perahu aja, tapi juga disuguhi pemandangan sunset dan sunrise serta wisata kuliner yang beragam seperti lengko, kupat glabed, tahu aci, sate kerang, kurang lengkap apa coba…

BACA JUGA : Ini dia beberapa destinasi wisata di Kebumen yang ‘wow’ banget!

4. Waterboom Yogya.

Waterboom Yogya Tegal

Foto : wisatategal.com

Suka banget main air, dateng ke Tegal. Di situ ada Waterboom Yogya yang siap membasahi.

Sekilas jika dari luar, waterboom ini sepi. Karena memang posisinya berada di belakang toserba. Tapi kalau udah masuk ke dalam lewat pintu samping selatan, waterboom ini penuh dengan pengunjung. Terutama pada hari minggu dan hari libur.

Waterboom Yogya buka hari Senin – Jum’at jam 09:00-17:30. Tiketnyapun nggak mahal hanya Rp. 12.500, Kalau hari Sabtu, Minggu dan Hari Besar buka jam 08:00-17:30 dengan tiket Rp. 15.000.

Wisata air ini memiliki empat kolam, dibagi sesuai dengan usia dan tingkat kedalaman kolam. Bagi anak-anak atau balita, tentunya harus didampingi para orang tua. Di sana nggak hanya kolam tapi juga mainan orang dewasa siap memicu adrenalinmu karena disediakan seluncuran air dengan ketinggian berbeda, mulai dari 3 meter, 6 meter, dan 12 meter.

Fasilitas lain yang ada di waterboom ini adalah sewa ban, sewa loker, café, musholla, dan gazebo gratis. Keamanan tetap diutamakan karean ada pasukan khusus sebagai perlindungan jika kamu nggak tiba-tiba tenggelam. ((( tenggelam )))

5. Gua Lawet.

Gua Lawet Tegal

Foto : tilulas.com

Gua Lawet ini termasuk Gua yang sudah tua karena berumur seratus tahun. Objek wisata ini terletak di Desa Harjowinangun, Balapulang, yang berjarak sekitar 20 kilometer dari Kota Slawi.

Para peneliti sejarah menyimpulkan bahwa dulu Gua Lawet ini dijadikan sebagai tempat bertapa para penguasa atau raja-raja yang ada di Kerajaan Mataram. Hmmm..kebayang ya suasananya kayak gimana. Tapi nggak ada salahnya untuk mencoba mengunjungi Gua ini.

6. Konsorsium rumah wayang.

Konsorsium rumah wayang Tegal

Foto : wisatategal.com

Kalau biasanya ada musium ini ada konsorsium. Bertempat di Sanggar Satria Laras, milik dalang “edan” Ki Enthus Susmono, tidak begitu sulit untuk menemukan. Sudah disediakan papan petunjuk di dekat jembatan Lemah Duwur – Talang, Kabupaten Tegal yang menuju ke arah Brug Abang.

Lebih lengkapnya, dari Jalan Raya Talang atau biasa disebut dengan Jalan Satu, setelah menemui Jembatan di Talang, ambillah jalan ke timur hingga menemui sebuah jembatan panjang yang membelah Sungai Gung. Lalu ikuti jalan utama hingga sampai ke Desa Bengle. Posisinya berada di kiri jalan.

Rumah Wayang ini menyimpan ribuan wayang baik gaya tradisi maupun kontemporer, mulai dari wayang kulit, wayang golek, wayang santri, wayang bambu, wayang kreasi, ada juga aksesoris seperti jenis-jenis keris, topeng, batik tegalan, lukisan dunia pewayangan, senjata-senjata khas dunia pewayangan, foto-foto Ki Enthus, gamelan, dan masih banyak koleksi lainnya yang sayang untuk dilewatkan. Di tempat ini juga kita bisa praktek langsung cara membuat wayang juga lho.

BACA JUGA : Kalau kamu pergi ke Purworejo, sempatkan untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata berikut ini

Sebagai tambahan informasi, untuk datang ke tempat ini kamu bisa berkunjung dari jam 08:00-10:00 dan jam 15:00-17:00. Jika beruntung, kamu bisa bertemu langsung dengan si-empunya tempat ini, Ki Enthus Susmono. Menarik bukan.

7. Rita park Tegal.

Rita park Tegal Tegal

Foto : wisatategal.com

Rita park ini masih satu komplek dengan Rita Supermall Jl. Kol. Sugiono No.155, Tegal. Jadi lokasinya sangat strategis. Wahana yang baru dibuka pada 31 Maret 2013 ini mampu menyedot pengunjung untuk berlibur ke sana.

Tiket Rita Park terbagi menjadi dua golongan yaitu tiket perwahana dan tiket terusan. Bedanya, tiket perwahana adalah tiket yang menyesuaikan wahana apa saja yang akan dinaiki. Tiketnya nanti berbentuk seperti tiket elektronik. Kalau tiket terusan ya kamu bisa mencoba semua permainan di Rita Park.

Rita Park buka mulai jam 09:30 – 21:00 WIB pada hari Senin – Jum’at dan Minggu. Khusus hari Sabtu buka jam 09:30 – 21:30 WIB.

8. Sulaku Bumijiwa Park.

Sulaku Bumijawa Park Tegal

Foto : roni-83.blogspot.com

Ternyata Tegal banyak banget loh park-park-an yang wajib kamu kunjungi 😀

Tapi yang ini beda, karena kamu nggak hanya disuguhi permainan air aja tapi suhu udara yang mencapai 20 derajat celcius ditambah nuansa pegunungan yang indah membuatmu rileks.

Nggak ada salahnya mencoba tempat yang satu ini, yaitu Sulaku Bumijawa Park. Berlokasi di Jl. Raya Wredameta Bumijawa, Desa Bandarsari Kec. Bumijawa, Kabupaten Tegal. Nggak jauh jauh dari kaki Gunung Slamet. Jadi jangan ditanya lagi bagaimana sejuknya suasana di sini.

Selain berendam kamu bisa minan outbound, playground, pemancingan, penginapan, agrowisata, futsal center, waterboom, kedai jamu, bahkan bisa berkeliling kebun dengan menaiki ATV. Seru banget.

Bagi yang suka tantangan, jangan lupa mencoba flying fox. Ada beragam panjang lintasannya, sekitar 60 meter, 150 meter, hingga 200 meter dengan kecepatan rata-rata 80 KM / jam melintasi kebun Sulaku.

9. Bukit Cepu.

Bukit Cepu Tegal

Foto : infotegal.com

Bukit ini menjadi terkenal setelah kedatangan mantan Presiden, Pak SBY beberapa waktu yang lalu. Bukit ini berlokasi di Dusun Krajan, Desa Batumirah, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, atau sekitar 24 KM ke selatan dari pusat Kabupaten Tegal.

Untuk menuju tempat ini kamu harus berjalan menanjak di jalan setapak. Karena semua kendaraan diparkir di bawah Bukit. Ada semacam anak tangga dari tanah yang berjumlah sekitar 950 buah. Jadi siapkan tenaga dan bekal ekstra ya.

Jalan yang relatif sulit akan terbayar sudah jika sampai di Bukit Cepu, rasa lelah setelah pendakian akan segera terobati karena keindahan alam dan kesegaran udaranya. Di sana kamu bisa melihat langsung Gunung Slamet yang ada di sebelah tenggara bukit ini. Selain itu, banyak pohon – pohon pinus dan cemara yang tumbuh menjulang tinggi.

BACA JUGA : Jawa Tengah emang punya banyak tempat wisata keren. Tapi jangan melewatkan pengalaman berwisata ke Cilacap

Bagi yang butuh ketenangan, tempat ini sangat cocok. Terlebih bagi yang hobi fotografi, sangat recommended!

Bagaimana? tertarik untuk melakukan pendakian di Bukit Cepu?

***

Nah, itu dia beberapa destinasi wisata di Tegal yang bisa kamu jadikan referensi liburan ketika berkunjung ke Tegal. Kalau masih ada yang kurang, tambahin di kolom komentar ya.