6 Hal yang tidak boleh kamu ucapkan kepada ‘seniman’

seniman

Sekarang semakin banyak aja orang yang suka banged berkarya. Wovgo seneng banged lihatnya. Tapi yang suka bikin kesel adalah masih ada ajah orang-orang gak asik yang gak bisa menghargai suatu kegiatan berkarya.

Berbicara soal karya, pasti juga akan menyinggung seniman. Dan seniman yang dekat dengan kita biasanya ilustrator. Ilutrator adalah seorang creator gambar ilustrasi. Kerjaannya ngapain? Kerjaannya ya ngegambar. Mereka adalah seorang pekarya lho, dan kita harus bisa menghargai karya mereka. Kayanya sih sepele cuma ngambar, tapi emangnya kamu bisa. Gak juga kan. Nah makanya belajar menghargai karya.

Nah buat para Wovger, jangan pernah bilang seperti ini kepada para Ilustrator, atau kalian bakal diajak berantem.

1. “Yaelah cuma bikin gambar, itu mah anak SD juga bisa”

yaelah

Yang berani bilang kaya gini, EH… MUKE LU JAUH !!! Ilutrator itu gak cuma sekedar bikin gambar. Dia berusaha membuat suatu wujud ilustrasi sesuai dengan permintaan client. Bikin gambar kaya gitu itu susah. Kudu bener-bener memperhatikan detail. Gimana caranya ilustrasi yang dihasilkan bisa sesuai kemauan client. Lagian gambar yang dibuat juga bukan gambar kacangan. Yang Wovgo yakin, orang yang sok ngejek kaya gini juga belum tentu bisa gambar.

Kalo ada yang berani bilang kaya gini sama seorang Ilustrator, dijamin kalian bakal diajak berantem.

2. “Eh Gambaran lu bagus, gue buatin donk.”

minta digambarin

Foto : monicha07.wordpress.com

Saat kalian bilang kaya gini dan udah nyiapin budget, hal ini akan terlihat keren. Kalian akan menjadi client yang pasti akan dipuaskan oleh sang ilustrator. Tapi kalo kalian bilang kaya gini berharap sang ilustrator mau gambarin kamu secara cuma-cuma, udah kelaut ajah lo.

Gambar adalah produk yang dihasilkan para seniman ilustrasi ini. Bikin gambar ya jadi pekerjaan para ilustrator ini. Jadi udah sepantasnya saat mereka bikin gambar buat orang lain ya harus ada FEE yang bisa mereka terima. Uang yang bisa dipake buat mereka hidup dan terus berkarya.

Makanya orang yang masih suka sok kaya gini, mendingan segera bertobat. Apalagi yang sok bawa-bawa status PERTEMANAN buat dapet gratisan. Eh yang namanya temen itu pasti mensupport karya temennya dan rela ngeluarin sedikit uang buat apresiasi.

3. “Ah gambar gitu doank, gue juga bisa.”

gue juga bisa

Gak usah sok asik dengan bilang gini sama ilustrator. Kalo kalian emang bisa gambar lebih keren dari mereka, udah diem ajah. Biarkan mereka berkarya dengan gaya mereka. Biarkan mereka bertumbuh dan berproses dengan cara mereka.

Lebih baik kalian hargai karya mereka dengan mengapresiasi karya mereka. Sampaikan kekuatan hasil ilustrasi mereka, dan kasih masukan buat hal yang kurang.

Tapi Wovgo yakin, kalo kalian bisa gambar cuma karena bisa-bisa an, gambarannya gak bakalan sekeren para ilustrator profesional. Dan kalo kalian adalah ilustrator, kalian gak bakalan saling menjatuhkan ilustrator lain.

4. “Wah gambaran Si Ini lebih keren daripada gambaran kamu.”

membandingkan

Semua orang kalo namanya dibandingin pasti ya kesel. Lalo kalian berpikir dengan membanding-bandingkan adalah cara untuk memotivasi seseorang buat jadi lebih baik, saatnya bertobat. Itu bukan cara yang baik dan efektif. SAKIT HATI men kalo dibandingin sama orang tuh. Setiap orang punya kapasitasnya masing-masing. Gak usah dibanding-bandingin. Apresiasi saja karya mereka dan kasih masukan biar karya mereka semakin bagus.

5. “Ah ini kan cuma gambar, paling harganya cuma berapa.”

alat lukis

Foto : mcha-id.com

Nah ini nih orang sok kaya yang gak tau namanya karya. Dipikir modal bikin gambar itu murah. Para ilustrator itu juga ngeluarin modal lho. Mulai dari kertas, pensil, dan pewarna. Dan pastinya semua alat yang mereka pake adalah alat yang bisa membantu mereka menghasilkan karya terbaik dimana alat-alat itu harganya juga mahal.

Jadi kalo kalian masih berpikir buat ngebeli sebuah gambar ilustrasi dengan harga 20rb, udah mending gak usah sok-sokan beli gambar ilustrasi dech. Suruh ajah anak SD buat bikin gambarnya.

6. “Penghasilan tukang gambar paling berapa sih, demen banged jadi tukang gambar.”

seniman

Foto : melmanandthehippo.blogspot.com

Men, ini mengenai PASSION. Dan kalian yang masih suka bilang kaya gini pasti adalah seorang yang gak tau apa itu passion. Kalian yang masih bilang gini pasti masih berpikiran bahwa orang sukses itu adalah orang dengan pekerjaan macam PNS atau POLISI dan sejenisnya. HELLLO. Kemane aje lu bos. Jenis pekerjaan lain masih ada banyak banged bos. Dan mereka bisa menikmati kesuksesan secara puas karena mereka bekerja dengan hati, jujur, dan mengikuti passion mereka, bukan cuma sekedar ngejar duit.

***

Nah buat Wovger, sudah mulai saatnya kalian menghargai para pekarya. Seorang ilustrator mereka bukan cuma seorang tukang gambar, mereka adalah orang yang berusaha hidup dari karya mereka. Nah makanya untuk membangun Indonesia yang industri kreatidnya maju, ayok sama-sama dukung para pekarya ini.