Puaskan liburanmu dengan mengunjungi 6 destinasi wisata di kawasan Dieng berikut ini

Wisata Dieng Sumber Foto : www.alaskatourjogja.com

Surga wisata di Indonesia memang tidak ada habisnya. Dari Sabang sampai Merauke, banyak tempat-tempat indah yang belum dieksplorasi. Di tempat-tempat yang sudah terkenal saja masih banyak objek wisata rahasia. Oleh karena itu, tidak jarang jika terus bermunculan lokasi-lokasi baru yang bisa dikunjungi.

Salah satu kota wisata yang mulai dieksplorasi adalah Wonosobo. Kabupaten ini terkenal dengan komplek wisata alamnya yaitu dataran tinggi Dieng. Dieng menawarkan pemandangan alam yang cantik. Wisatawan yang datang kemari tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk bisa menikmatinya.

Di bawah ini Wovgo sajikan daftar tempat wisata yang nggak boleh kamu lewatkan ketika kamu melancong ke Dieng. Apa aja? Simak daftarnya yuk di bawah.

1. Telaga Warna

Telaga Warna Dieng

Foto : www.pakettripdieng.com

Jika kamu ingin berkunjung ke Danau Kelimutu tapi belum ada kesempatan, mampir dulu aja ke Telaga Warna di Dieng. Lokasi telaga ini berada di Jalan Wisata Dieng, Kejajar, Wonosobo. Dari pusat kota Wonosobo, kamu harus menempuh jarak sejauh 30 kilometer. Kurang lebih sekitar 45 menit.

Telaga ini diberi nama Telaga Warna karena warna airnya yang berubah-ubah. Kadang kuning, kadang hijau, kadang biru. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp5.000-7.500/orang sebagai tiket masuk.

BACA JUGA : Ini dia beberapa destinasi wisata di Kebumen yang ‘wow’ banget!

2. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir Dieng

Foto : infowisatadieng.wordpress.com

Para wisatawan berbondong-bondong datang ke bukit Sikunir untuk menikmati golden sunrise. Sunrise yang dilihat dari sana sangat memukau. Medannya pun tidak susah. Sudah ada tangga yang disediakan untuk naik ke atas bukit.

Waktu terbaik untuk berkunjung kemari yaitu sekitar bulan Juli-Agustus. Bukit Sikunir letaknya berada di Desa Sembungan. Waktu yang dibutuhkan untuk kemari sekitar 15.20 menit dari kawasan wisata Dieng. Tebak berapa harga tiketnya? Cuma Rp6.000 saja!

3. Gunung Prau

Gunung Prau Wonosobo

Foto : infopendaki.com

Ada satu gunung yang terkenal di kawasan Dieng. Namanya Gunung Prau. Jika kamu suka pendakian, kamu harus datang ke Gunung Prau. Buat kamu yang belum pernah mendaki, tidak ada salahnya untuk mencoba.

Aslinya, gunung ini berada di wilayah 3 kabupaten yaitu Kabupaten Kendal, Kabupaten Batang, dan Kabupaten Wonosobo. Namun jalur pendakian yang paling terkenal ialah jalur Wonosobo. Dari puncak, kamu bisa menikmati sunrise di antara lima gunung yaitu Slamet, Sindoro, Sumbing, Merbabu, dan Merapi. Harga tiketnya lagi-lagi murah banget! Cuma Rp6.000!

BACA JUGA : 12 gunung di Pulau Jawa yang senantiasa menunggumu untuk didaki

4. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang Dieng

Foto : www.paketwisatadieng.com

Kawah Sikidang letaknya berdekatan dengan Telaga Warna dan candi Arjuna. Kawah Sikidang menunjukkan aktivitas vulkanik yang tinggi. Saat berkunjung ke sini, jangan lupa bawa masker penutup hidung. Bau belerang sudah tercium dari kejauhan. Apalagi jika di berada di dekatnya, belerangnya cukup tajam menusuk hidung.

Meski demikian, kawah Sikidang sangat bagus untuk dinikmati. Pemandangan tidak biasa ini jarang ditemukan di tempat lain. Tiket masuk cukup membayar Rp10.000 sudah satu paket dengan candi Arjuna.

5. Candi dieng

Komplek Candi Arjuna

Foto : www.pegipegi.com

Meski terkenal dengan wisata alamnya, Dieng ternyata menyimpan objek wisata lain yang nggak kalah menarik. Uniknya, objek tersebut berupa wisata sejarah. Objek tersebut adalah candi Arjuna dan candi Bima. Kamu hanya perlu membayar Rp5.000 untuk menuju candi Bima. Sedangkan untuk candi Arjuna, kamu cukup membayar Rp10.000. itupun sudah satu paket dengan Kawah Sikidang. Dua candi lainnya di Dieng yaitu komplek candi Dwarawati dan candi Gatotkaca.

Usahakan datang ke Dieng antara bulan Juni-Agustus karena akan ada Festival Budaya Dieng. Tahun 2015 lalu, candi Arjuna menjadi lokasi yang terpilih untuk event ini. Rangkaian kegiatannya ada cukur rambut gimbal, jazz atas awan, festival lampion, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA : Ini dia tempat wisata di Banjarnegara yang siap membuat Wovger semua meleleh

6. Telaga Cebong

Telaga Cebong Dieng

Foto : spadepicnic.wordpress.com

Telaga Cebong letaknya berada di Desa Sembungan. Belum banyak wisatawan yang datang kemari. Kamu bisa melihat pemandangan Dieng dari atas tanpa susah payah mendaki. Dinamai ‘cebong’ karena bentuk telaga ini menyerupai wujud katak sebelum bermetamorfosis alias masih jadi kecebong.

Info terakhir yang Wovgo dapatkan, tiket masuk ke sini masih gratis (Rp0). Kalaupun ada tiket masuk, harganya pasti cukup terjangkau.

Semoga kamu punya cukup waktu untuk mengunjungi 10 tempat di atas. Waktu yang kamu perlukan untuk bisa mengunjungi semuanya setidaknya 3 hari 2 malam. Jangan sampai melewatkan golden sunrise dari Bukit Sikunir dan Gunung Prau.