7 Hal yang identik sama malam tahun baru

PERAYAAN TAHUN BARU 2012 DI MONAS JAKARTA

Bulan Desember adalah bulan penentu, menutup seluruh kenangan di tahun sebelumnya. Mulai dari kenangan bersama teman-teman hingga kenangan bersama mantan.

Desember adalah jalan untuk membuka lembaran baru di tahun berikutnya.

Malam tahun baru seolah jadi tradisi para muda-mudi masa kini untuk berkumpul di sana-sini. Ada yang mengisinya dengan hanya berdiam diri, namun tak jarang pula yang menghabiskannya dengan foya-foya sembari memakai bikini.

Pada artikel kali ini, Wovgo pingin bahas ciri khas malam tahun baru.

Yok ah, langsung tancap gas!

1. Suara terompet yang memekakkan telinga, seperti suara petasan saat lebaran.

foto: beritatelisik.com

foto: beritatelisik.com

Siapa pun, di mana pun, kebanyakan dari penduduk bumi ini pasti nggak akan melewatkan beli-beli terompet saat malam tahun baru. Ada yang beli terompetnya sejak sebulan lalu, dan bahkan ada juga yang beli terompetnya malah sejak 4 tahun lalu. Itu beli terompet apa kuliah S1?

BACA JUGA: 7 Hal yang perlu kamu tahu dari seorang penyendiri

Terompet menjadi salah satu pembeda dari malam-malam yang lainnya. Banyak orang meniup terompet semalam suntuk, tepat di tanggal 1 Januari. Kasihan ya, kalau semalam suntuk meniup terompet terus-terusan. Bisa kembung itu perut.

Namun disisi lain, banyak pula pedagang yang meraup untung dari hasil jualan terompet. Rejeki gede yang datang setahun sekali ini sayang banget kalau dilewatkan.

2. Kembang api: bebunyian wajib tahun baru.

foto: belfot.com

foto: belfot.com

Kembang api dan tahun baru itu adalah 2 hal yang nggak bisa dipisahkan. Seperti lebaran dan ketupat, Upin dan Ipin, lalu: aku dan kamu.

Entah berapa banyak kembang api yang menghiasi langit saat pergantian tahun. Tapi yang jelas, selain untuk meramaikan suasana, kembang api ini jadi salah satu ikon yang nggak boleh ditinggalkan bagi yang merayakan tahun baru.

3. Banyaknya acara hiburan. Seperti DJ, konser-konser musik dan dangdut.

foto: konser.nedir.com

foto: konser.nedir.com

Selain terompet dan kembang api, malam tahun baru kurang begitu terasa tanpa adanya acara musik. Iya, pengadaan konser di mana-mana.

BACA JUGA: Kalau kamu masih inget sama band 90-an ini, seharusnya kamu sudah menikah!

Macam-macam konser diadakan. Mulai dari konser terbuka, konser tertutup, konser di TV, semua ada! Jadi Wovgers yang jomblo nggak usah takut kalau malam tahun barunya kesepian.

4. Film-film box office ditayangkan di TV.

foto: mymovies.dk

foto: mymovies.dk

Selain konser, ada juga beberapa stasiun TV yang memilih untuk menayangkan film-film yang masuk box office. Biasanya, film-film ini ditandai dengan embel-embel:

‘Pertama kali di layar kaca’.

Cuma satu malam aja loh, kamu bisa menikmati meriahnya tahun baru tanpa harus keluar. Lha gimana, layar kaca juga nggak mau kalah untuk menyajikan acara keren dibanding dunia nyata.

5. Macetnya jalan raya berubah jadi macet ala Jakarta.

foto: citrawanita.com

foto: citrawanita.com

Sebanyak apapun petugas kepolisian dikerahkan, tetap aja nggak bisa mengurai macet. Tapi kalau nggak ada Bapak-Bapak Polisi yang gagah dan Ibu-Ibu Polwan yang cantik, jalanan juga pasti bakal ruwet. Macetnya jalan raya berubah jadi macet ala Jakarta. Lha gimana macetnya Jakarta saat pergantian tahun coba? Nggak bisa gerak tuh pasti kendaraan.

BACA JUGA: Macet itu ngeselin ya? Tapi dari sekian penyebab macet ini, kamu setuju sama yang nomer 5 nggak?

“Kok kendaraannya nggak bisa gerak kenapa, Wovgo?”

“Ya kalau mau gerak, coba dinyalain dulu mesinnya.”

6. Handphone banyak berisi ucapan Happy New Year: semoga tahun baru lebih baik, lebih sukses dan bisa move on dari mantan.

foto: trevelsia.com

foto: trevelsia.com

Terlepas dari SMS mama minta pulsa, masih ada kok ucapan lain yang nggak kalah menuh-menuhin HP. Ya, apalagi kalau bukan ucapan Happy New Year?

Terkadang, nggak cuma SMS aja. Tapi juga kartu ucapan sering banget tiba-tiba nongol di pager rumah, entah dari siapa. Setelah dibuka, ternyata pengirimnya adalah diri sendiri. Ya, jomblo mah gitu. Bebas dong!

Jadi, siap-siap aja kalau hapemu bakal penuh dengan bradcast-broadcast. Mulai dari broadcast ngasih ucapan ‘selamat tahun baru’, sampai broadcast iklan obat peninggi badan.

7. Harapan dan resolusi di tahun baru.

foto: afterchristmas.tk

foto: afterchristmas.tk

“Tahun baru dan resolusi adalah pengulangan-pengulangan yang seringkali gagal, tapi tetep aja diulang-ulang terus,” begitu kata mereka yang selalu kecewa dengan tahun-tahun yang berlalu.

BACA JUGA: Teruntuk kamu yang sedang merasa bahwa tujuan terlihat begitu jauh dan susah untuk dicapai

Tapi saran Wovgo sih tetep ditulis aja. Karena itu lebih baik, ketimbang tak pernah menuliskannya sama sekali. Mereka-mereka yang nulis, seenggaknya ngerti, tahun depan mau ngapain aja dan ingin mencapai apa aja. Beda dengan mereka yang nggak nulis: mengawali tahun dengan pesimis dan pasrah. Terserah takdir, mau mengantarkan aku ke titik mana di tahun depan.

Salam hangat dari Wovgo. Selamat tahun baru! 🙂