Kompilasi kejadian selama 2015

2015

Tahun 2015 akan segera berakhir dalam hitungan jam. Sebaliknya, tahun 2016 telah tampak di depan mata. Banyak hal yang telah terjadi selama 365 hari ke belakang. Wovgo sajikan kaleidoskopnya berikut ini.

1. Prestasi Indonesia di ajang kecantikan dunia mulai membaik.

foto: kapanlagi.com

foto: kapanlagi.com

Kita awali kaleidoskop 2015 dari peristiwa paling baru, kontes kecantikan. Meski menuai kontroversi yang tidak akan pernah selesai, keikutsertaan Indonesia di ajang tersebut tetap berjalan dengan lancar.

Dua nama wanita Indonesia berhasil membawa nama Indonesia hingga ke kancah internasional. Dia adalah Maria Harfanti, peraih 2nd Runner Up di Miss World 2015. Ia juga menjadi Miss World Asia 2015. Satu lagi wanita yang tak kalah cantik yaitu Anindya Kusuma Putri yang berhasil menduduki posisi Top 15 di Miss Universe 2015.

BACA JUGA : Ariel Noah dan Puty Revita: Suri tauladan remaja masa kini

2. Drama Korea terjadi di Indonesia, nyata! Hanya di DPR!

foto: fastnewsindonesia.com

foto: fastnewsindonesia.com

Beberapa waktu lalu, Indonesia sempat dihebohkan oleh rekaman yang dilakukan MS ketika berbincang-bincang dengan SN dan MR. SS lalu menyerahkan rekaman ini hingga berakhir di meja hijau.

Untungnya kasus ini tidak menyita perhatian berlarut-larut karena SN dengan segera mengundurkan diri dari jabatannya.

3. Tokoh-tokoh fenomenal sudah tiada.

foto: selebupdate.com

foto: selebupdate.com

Manusia selalu datang dan pergi, ada yang lahir, ada yang kembali. Beberapa di antaranya yang kembali yaitu seniman bernama Suyadi yang kita kenal sebagai Pak Raden, aktor kawakan Didi Petet, pencipta Hymne Guru, Sartono, dan komedian Olga Syahputra.

Semoga tahun depan banyak muda-mudi Indonesia yang menggantikan beliau.

4. Tumbuhnya ekonomi Indonesia sedikit-banyak dipengaruhi oleh batu akik!

foto: majalahbatumulia.com

foto: majalahbatumulia.com

Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, batu akik menjadi sangat populer di tahun 2015. Tua-muda, pria-wanita, besar-kecil, semuanya demam batu akik. Harga batu akik jadi melambung tinggi.

5. Nggak cuma batu akik yang populer, profesi tukang ojek pun semakin populer.

foto: katakatasukasuka.me

foto: katakatasukasuka.me

Tidak ada profesi yang berhasil menaik-turunkan emosi warga Indonesia di tahun 2015 selain profesi sebagai tukang ojek. Sebuah ide brilian lahir dari anak muda lulusan Harvard Business School yang mempertemukan tukang ojek dengan teknologi. Dampaknya seperti bola salju, banyak imitator kemudian mengikuti jejaknya.

6. Netizen Indonesia semakin kreatif. Ditandai dengan maraknya meme seseorang yang beredar di internet.

foto: nasional.rimanews.com

foto: nasional.rimanews.com

Boleh lho kalau kamu mau bilang 2015 itu tahunnya meme. Masih ingat sama meme sudah kuduga, Haji Lulung, di situ kadang saya merasa sedih, gue mah gitu orangnya, dan suka-suka gue?

7. Banyak istilah-isitilah baru yang belum masuk di KBBI.

foto: blog.blanja.com

foto: blog.blanja.com

KBBI sepertinya perlu banyak pemutakhiran. Tahun 2015 lalu, muncul kata-kata baru bikinan anak muda yang belum dibakukan tapi banyak digunakan.

Misalnya: selfie, groufie, wefie, baper, kekinian, mamud (mama muda), macan (mama cantik), friendzone, tongsis, alay, unyu, PHP, kepo, dan meme.

8. Hitam-biru atau putih-emas?

foto: penulispro.com

foto: penulispro.com

Perilaku netizen memang nggak bisa ditebak. Kadang bahas yang berat-berat seperti politik, kadang bahas hal yang sama sekali nggak penting kayak warna baju! Iya, mereka mendebatkan warna baju! Ada yang bilang warnanya hitam-biru, ada yang bilang warnanya putih-emas. Entahlah mana yang benar. Kayaknya hitam-biru deh.

9. Semakin banyak yang suka traveling.

foto: activeholidaycompany.com

foto: activeholidaycompany.com

Tren traveling penduduk Indonesia meningkat drastis di tahun 2015 ini. Indikasinya, banyak tempat wisata baru bermunculan, banyak profesi travel blogger, travel writer, dan lain sebagainya.

Kabar baik ini berhasil meningkatkan perekonomian masyarakat lokal di sekitar tempat wisata. Mereka jadi punya mata pencaharian sendiri dan tentunya mengurangi pengangguran.

BACA JUGA : 12 alasan kenapa kamu gak boleh traveling keliling Indonesia!

10. Selfie, selfie, selfie, everywhere!

foto: weirdlife.com

foto: weirdlife.com

Tren traveling dibarengi dengan tren selfie. Siapa sih yang nggak suka selfie? Kamu? Ah, nggak mungkin. Namun sayangnya demam selfie ini tidak diimbangi dengan etika yang baik. Wovger sudah bisa menilai sendiri apa akibatnya.

11. Beras plastik.

foto: harianaceh.co.id

foto: harianaceh.co.id

Ternyata bukan cuma hidung dan bibir aja yang plastik. Beras yang kita makan pun terbuat dari plastik! Untungnya beras tersebut hanya ada di satu lokasi di Bekasi dan tidak melebar ke daerah lainnya. Ada-ada saja.

Itulah beberapa peristiwa yang terjadi di tahun 2015. Masing-masing peristiwa mengandung hikmahnya sendiri. Alangkah baiknya agar hikmah tersebut dipelajari supaya bisa menjadi manusia yang lebih baik di tahun depan. Anyway, adakah resolusi yang ingin kamu capai tahun depan? Jangan bilang mau menyelesaikan resolusi tahun kemarin ya!