5 Kegiatan yang bisa kamu lakukan di rumah ketika liburan

liburan di rumah

Horeeee… liburan di rumah!

Loh kok hore? Kan nggak enak kalau cuma liburan di rumah?

“Di rumah, tapi punya pasangan, itu lebih baik. Ketimbang hura-hura di luar, padahal jomblo!”

– Wovgo’s quote of the year –

Wovger bisa menghabiskan malam tahun baru bersama keluarga di rumah dengan hal-hal yang nggak kalah seru dibanding hingar-bingar di luar. Bisa dengan bakar-bakaran jagung, bakar sate sampai bakar rumah mantan!

Liburan bareng keluarga di rumah itu nggak kalah menyenangkan loh. Yang perlu ditekankan adalah kualitas dan cara liburannya. Bukan di mana dan bagaimana. Oh ya, ini satu lagi yang penting:

“Dengan siapa?”

Nah, maka dari itu disini Wovgo pengen membagi, apa aja yang bisa diadakan di rumah biar liburan terasa menyenangkan.

Camping di halaman rumah bisa jadi alternatif liburan menyenangkan.

foto: toppixgallery.com

foto: toppixgallery.com

Acara camping nyatanya nggak harus dilakukan di hutan, karena di halaman rumah pun juga bisa. Wovger dan keluarga tinggal siapkan tenda dan ornamen khas anak camping. Lalu, libatkan beberapa anggota keluarga untuk menyiapkan kebutuhan seperti: peralatan api unggun kecil-kecilan dan alat memasak untuk barbeque.

BACA JUGA: 6 Alasan kenapa ‘jomblo’ tetap bahagia ketika liburan

Ya namanya liburan di rumah, otomatis rencana ini juga atas dasar umur dan pengetahuan anggota keluarga juga kan? Misalnya untuk anak-anak, nggak usah memilih acara yang terlalu heboh. Cukup bertenda di belakang rumah sambil bercerita, mendongeng dan bernyanyi adalah alternatif liburan yang pas.

Bermain gelembung sabun dan memilih permainan luar lainnya.

foto: redrosela.wordpress.com

foto: redrosela.wordpress.com

Wovger bisa mengisi liburan di rumah dengan bermain sabun bareng keponakan atau anak-anak. Selain itu juga bisa dilakukan dengan berkebun bersama, menanam berbagai jenis tanaman sambil mengajarkan ilmu menanam. Contoh lain, Wovger juga bisa main petak umpet, lari-larian atau main semprot-semprotan air. Asal jangan sampai, yang disemprot adalah air raksa. Apalagi air mata, akibat meratapi kenangan masa lalu.

Melukis kamar anak-anak.

foto: hellowonderful.co

foto: hellowonderful.co

Acara bermain dan bersenang-senang bisa dilanjutkan dengan acara mewarnai atau melukis. Tapi bukan melukis biasa di media kertas gambar, melainkan di tembok kamar. Ini adalah kegiatan yang baik untuk mengasah kreativitas anak-anak.

BACA JUGA: Kegiatan positif berubah jadi negatif? Apa aja? ini dia …

Kegiatan ini, selain dapat mempercantik kamar, tentunya juga sebagai sarana untuk anak-anak menuangkan daya imajinasinya. Untuk lebih mempermudah kegiatan, kamu bisa kok bikin cap dari kayu berbentuk bulat atau kotak, sehingga melukisnya tinggal dicelupkan ke dalam cat, lalu tekan ke tembok alias ditempel. Pasti bentuknya lebih lucu dan memuaskan, karena itu bikinan kamu sendiri.

Dijamin deh, kegiatan ini nggak akan terasa membosankan.

Membuat family tree pasti lebih mengasikkan.

foto: cakeoversteak.com

foto: cakeoversteak.com

Kegiatan asik lain adalah bikin family tree. Apa itu family tree?

Itu adalah pohon silsilah keluarga. Kasus yang sering terjadi, anak-anak jaman sekarang, mereka begitu susah untuk mengenal yang mana kakek buyut, nenek buyut, saudara nenek dan saudara-saudara lainnya.

Nah, kamu bisa tuh, mulai mengumpulkan foto-foto masa lalu (bukan foto bareng mantan loh ya!) untuk disusun kembali ke dalam buku album bersama keluarga. Sambil menyusun, sambil bermain juga. Mengingat masa-masa kakek dan nenek dalam menjalani bahtera rumah tangga, kemudian menempelkannya dalam album family tree, adalah kegiatan mengasyikkan dan sangat mengedukasi.

Selain di tempel di buku, Wovger juga bisa menyusunnya di tembok loh. Jadi kamu bikin gambar pohon gitu, terus foto-foto keluarga kamu ditempel pada gambar ranting-ranting pohon, lalu dikasih nama foto. Biar tahu, orang yang ada dalam foto itu siapa. Kan bisa jadi tuh, salah pasang foto mantan?

Kegiatan ini akan membuat anak-anak mengenal sejarah keluarganya, dan menjadi lebih erat antara satu dengan yang lainnya.

Masak-masakan bersama.

foto: hechoonline.org

foto: hechoonline.org

Poin yang terakhir adalah masak-masakan bersama. Bagi kamu yang punya kolam ikan, coba itu ikan lele, mujair dan guraminya digoreng. Jangan cuma dipelihara melulu.

Mau digoreng, boleh. Dipanggang juga oke. Lebih seru lagi, kalau pas acara ngajakin tetangga, saudara, mantan dan lain sebagainya. Pasti bakal rame banget tuh!

BACA JUGA: Di balik masakan rendang yang bikin lidah kamu bergoyang

Nah, gimana saran liburan di rumah dari Wovgo, oke kan?

Nggak harus mahal kok untuk bahagia. Bukankah bahagia itu sederhana?