Tren adult coloring books ini ternyata punya banyak manfaat

adult coloring book

Mewarnai adalah kegiatan yang menyenangkan. Terutama bagi anak-anak. Tapi ngomong-ngomong, mewarnai itu nggak hanya untuk anak-anak loh. Terbukti, kini ada adult coloring book yang jadi tren dan wajib untuk Wovger coba.

Tak seperti tren lain yang dampaknya malah cenderung bikin stress dan menghabiskan banyak uang, untuk melakukan kegiatan ini Wovger hanya cukup dengan membeli 1 buah buku adult coloring book dan alat mewarnai. Setelah itu, Wovger bisa menyalurkan seluruh ide dan kreativitas dalam buku itu.

Nggak sampai di situ aja, menurut psikolog klinis Ben Michaelis, mewarnai adalah aktivitas bebas stres yang merelaksasi amygdala — pusat ketakutan di otak — dan membiarkan pikiran untuk berelaksasi sejenak.

Itu hanya salah satu alasan, kenapa kamu harus mencoba adult coloring book dan berikut 8 alasan lainnya.

Jika sudah bosan dengan kesepian, mewarnailah bersama. Karena itu dapat membantumu untuk bersosialisasi.

foto: theendearingdesigner.com

foto: theendearingdesigner.com

Karena sekarang udah menjadi tren, khususnya kalangan dewasa, maka aktivitas yang terkesan biasa dilakukan seorang diri ini bisa berubah menjadi ajang bersosialisasi.

Bagaimana caranya?

Wovger bisa mengajak teman seperjuangan untuk mengadakan coloring party. Undang beberapa teman untuk melakukan kegiatan mewarnai bersama. Sambil menggores warna pada buku gambar, bisa juga sembari curhat tentang pengalaman disakiti mantan.

BACA JUGA: Kalau mantanmu bertingkah begini, berarti dia lagi kangen. Ciyeee…

Bahkan, sekarang banyak yang menyebutnya dengan istilah ‘tabrak warna’, yakni memberi tantangan: satu gambar harus diwarnai dengan 3 macam warna yang dipilih secara acak. Permainan ini nggak hanya seru, tapi juga menantang.

Cara ini telah digunakan oleh psikiater selama 100 tahun. Jadi, kamu tidak perlu ragu.

foto: joyceharrell.com

foto: joyceharrell.com

Kebayang, kan, gimana seorang psikiater mengobati pasien dengan menyuruhnya mewarnai?

Jadi selama ini kita kayak orang gila dong?

Bukan kayak orang gila. Tapi emang beneran gila. Eh, maksudnya, emang beneran ada seorang psikolog bernama Carl Jung yang menggunakan motif mandala pada kertas, kemudian meminta pasien untuk mewarnai. Itu merupakan terapi. Menurut beliau, ini dapat melawan stres yang berkepanjangan.

Kegiatan ini juga dapat mengurangi stres dan tingkat kecemasan seseorang akibat banyak tekanan.

foto: tasteforlife.com

foto: tasteforlife.com

Hanya dengan mewarnai, Wovger bisa mendapat manfaat yang nggak kalah hebat dengan berkunjung ke tempat-tempat wisata untuk menurunkan stres.

BACA JUGA: Ketika stres melanda, lakukan hal-hal berikut ini untuk membunuhnya

Pasalnya, kegiatan ini memungkinkan seseorang untuk menjadi lebih relaks. Selain itu, kegiatan mewarnai ini pun tergolong sangat fleksibel. Kamu bisa mewarnai kapan saja, sehingga membuat amygdala pada otak, merespons lebih ringan terhadap stres.

Mewarnai akan melatih otak Wovger agar mampu untuk tetap fokus dalam waktu yang lama.

foto: egyptianstreets.com

foto: egyptianstreets.com

Jangan salah, mewarnai itu juga butuh konsentrasi tinggi loh. Apalagi dalam adult coloring book ini, kamu nggak hanya mewarnai dengan pola yang biasa, tapi cukup rumit.

Seorang Clinical counselor bernama Leslie Marshall mengatakan bahwa aktivitas tersebut dapat membuka lobus frontal otak – pusat pengaturan dan pemecahan masalah pada otak – sehingga membuat pikiran lebih fokus dan merasa harus menyelesaikan gambar tersebut.

Selain itu, mewarnai juga dapat meningkatkan motorik dan visual.

foto: yahoo.com

foto: yahoo.com

Menurut psikolog Gloria Martinez Ayala, kegiatan ini melibatkan logika dan kreativitas. Tepatnya, itu terjadi ketika Wovger mulai mengenali bentuk, lalu saat mencampur dan memadupadankan warna.

BACA JUGA: 7 Alasan mengapa orang yang suka menunda pekerjaan adalah kreatif

Selain itu, kegiatan ini juga mampu meningkatkan kemampuan motorik dan visual seseorang.

Pada apapun dan di manapun, selalulah menjadi diri sendiri. Termasuk ketika mewarnai.

foto: localadventurer.com

foto: localadventurer.com

Meski banyak orang menertawakanmu karena seperti kekanak-kanakan, tapi tetap saja, buku mewarnai ini masih milikmu dan bebas untuk kamu apa-apakan.

Hasil karya mewarnamu adalah limited edition yang nggak ada duanya. Jadi nggak harus sama dengan orang lain, bahkan nggak harus mencontoh dengan contoh yang udah ada. Misal, kamu memilih untuk mewarnai kaki jerapah dengan warna ungu. Ya, sah-sah aja dong. Namanya juga berkarya. Menurut komedian Raditya Dika: ‘Nggak ada patokan benar atau salah dalam berkarya. Yang ada adalah, pilih dan lakukan saja sesuatu yang membuatmu nyaman dalam berkarya’.

Membebaskan pikiranmu, akan menuntun imajinasimu.

foto: chicagotribune.com

foto: chicagotribune.com

Hmm… adult coloring books ini nggak cuma jadi tren loh, tapi juga dapat membantumu keluar dari segala kehidupan nyata. Iya, berimajinasi membuat hidupmu nggak monoton dengan warna yang saklek, atau terkesan membangun duniamu sendiri.

BACA JUGA: 5 Kegiatan yang bisa kamu lakukan di rumah ketika liburan

Kegiatan kembali ke masa kecil seakan tersedia dengan adanya adult coloring books ini.

Menurut Wovgo, mewarnai adalah dekorasi dengan cara yang gratis.

foto: dallasnews.com

foto: dallasnews.com

Membuahkan sebuah karya artistik kadang nggak harus mengeluarkan biaya mahal. Dengan mewarnai ini, orang-orang seperti melakukan DIY things. Memang, ini adalah bagian dari DIY. Namun, terkadang sebagian orang nggak punya waktu untuk mencoret-coret dinding atau mendekor ruangan. Akan tetapi, melalui buku ini, Wovger bisa melakukannya tanpa repot. Keuntungan lainnya, setelah menyelesaikan satu buku, kamu bisa menyobeknya dan mulai membingkai kertas itu menjadi pajangan di dinding. Keren kan?

Jadi menurut Wovgo: mewarnai adalah dekorasi dengan cara yang gratis. Kalau menurut Wovger?

****

For your information, kamu bisa cek instagram milik @tabrak_warna atau komunitas serupa di masing-masing kota. Seperti @tabrakwarna_mlg untuk komunitas di Malang, dan sebagainya. Di sana kamu akan bertemu dengan orang-orang dewasa yang melakukan kegiatan ini. Tren ini nggak kalah keren deh, daripada kamu sibuk melakukan aksi selfie sampai injak-injak bunga orang.

Semoga harimu makin berwarna ya. 🙂