Ladies, ini dia tips perawatan tubuh tanpa harus ke salon

perawatan kulit tubuh

Ladies, kamu kan udah tahu ya, kalau sekalinya ke salon itu minimal mengeluarkan biaya berapa?

Buat yang belum tahun, nih, Wovgo kasih tahu. Jadi minimal biayanya adalah Rp.300.000. Duh, kalau cuma rambut dan masker wajah aja sih mahal banget ya!

Emang, sekarang itu udah ada paketan perawatan dengan harga yang murah meriah, Rp. 150.000 udah dapetin body spa, cream bath, perawatan kuku tergantung kamu ambil paketan apa. Tapi apa itu udah terjamin, kualitas bahan yang digunakan untuk kulit kamu? Bahan murahan kan nggak baik buat kulit, mendingan kamu nyalon sendiri aja di rumah, dengan bahan-bahan yang mungkin aja udah kamu kenal. Atau kalau belum kenal, kenalan dulu laaah.

Ini dia tips nyalon di rumah dari Wovgo untuk kamu, Indonesia dan dunia!

Bangun pagi dan siapkan peralatan

foto: vemale.com

foto: vemale.com

Nyalon di rumah itu butuh niat, karena aktivitas ini bisa lebih lama daripada di salon. Secara, kalau di salon, semuanya udah ada yang nyiapin.

BACA JUGA: Jangan takut kulit gosong setelah mendaki. Tips perawatan kulit ini akan membantu banget!

Tapi kalau di rumah, semuanya kamu kerjakan sendiri. So, kamu harus bangun pagi dan menyediakan beragam peralatan seperti:

  • Body scrub. Pasti semua cewek punya, kamu bisa beli di agen kosmetik langganan kamu.
  • Hair mask atau masker rambut. Kamu bisa beli kemasan sachet sekali pakai.
  • Masker wajah. Kamu bisa beli atau bikin sendiri dari bahan alami seperti dari buah-buahan.
  • Hair tonic.
  • Mangkuk kecil.
  • Sisir.
  • Kuas masker.
  • Hair dryer.
  • Handuk.
  • Air hangat.

Aktivitas 1 : Hair mask

foto: mantello.co.uk

foto: mantello.co.uk

Setelah kamu niat dan mempersiapkan benda-benda nyalon sederhanamu, mari kita praktikkan bersama. Kegiatan pertama yang bisa kamu lakukan adalah hair mask sendiri. Caranya mudah banget:

  • Basahi rambutmu dengan air hangat, agar pori-pori kulit kepala terbuka. Untuk rambut kering kamu bisa gunakan conditioner dulu pada ujung-ujung rambut, kemudian bilas. Peras rambutmu hingga setengah kering.
  • Sambil menunggu rambutmu, siapkan masker rambut dalam wadah mangkuk, aplikasikan masker di kulit kepala terlebih dahulu sambil di sisir-sisir rapi, agar meresap secara merata.
  • Bungkus rambutmu menggunakan handuk atau shower cap. Diamkan kurang lebih 15 sampai 20 menit.

Aktivitas 2 : Masker wajah

foto: murianews.com

foto: murianews.com

Sembari menunggu meresapnya vitamin pada rambut, kan masih ada estimasi waktu tuh. Kamu bisa gunakan untuk hal lain, maskeran misalnya.

BACA JUGA: Ini dia tips merawat wajah secara alami agar terlihat awet muda

Sebelum maskeran, kamu bisa mencuci muka terlebih dahulu, barengan dengan waktu basahin rambut sebelum di hair mask. Kalau wajahmu udah bersih, tinggal olesin aja masker pada wajah secara merata dengan kuas. Tunggu sampai mengering selama 10 menit.

Aktivitas 3 : Body scrub

foto: bluelotusspa.lk

foto: bluelotusspa.lk

Rambut masih proses, wajah juga tinggal nunggu masker kering. Duh, sekalian aja kamu melakukan body scrub. Body scrub emang butuh waktu paling lama. Jadi kamu bisa men-scrub tangan dan kakimu terlebih dahulu. Setelah daki-daki tangan dan kaki terangkat, barulah kamu pergi ke kamar mandi. Persiapan untuk mandi sembari menggosok bagian tubuh lainnya. Karena di saat itu pula, Wovgo yakin, vitamin pada rambut udah meresap dan masker wajahmu udah kering.

Usahakan gunakan body scrub yang fungsinya untuk melembutkan dan membuat badan beraroma segar. Jadi baunya biar kayak di salon-salon gitu. Oh ya, karena body scrub ini dilakukan sendiri, pasti ada bagian tubuh yang nggak bisa kamu jangkau, misalnya punggung atau bagian terkecil seperti pusar. Kalau punggung sih nggak masalah, kamu bisa minta tolong ibu atau saudara perempuanmu untuk membantu. Tapi kalau area pribadi seperti pusar, kadang meskipun di body scrub, jatuhnya masih nggak bersih. So, Wovgo ada tips sederhana.

Bonus : Menghilangkan daki-daki di pusar

foto: id.wikihow.com

foto: id.wikihow.com

Gunakan minyak kayu putih atua minyak zaitun yang dioleskan ke cotton bud, kemudian gosokkan ke area pusar. Dijamin kotoran yang menempel akan terangkat.

BACA JUGA: Ingin racun menghilang dalam tubuh? Konsumsi bahan-bahan di bawah ini secara rutin

Dengan syarat, menggosoknya pake hati ya. Pelan-pelan, karena kulit pusar itu sensitif banget. Kalau nggak dibersihin, you know-lah, ada bau-bau yang nggak enak gitu. Jadi ini mungkin saran yang keren buat kamu.

Aktivitas 4 : Keringkan rambutmu

foto: rinicesillia.com

foto: rinicesillia.com

Nah, udah masuk aktivitas terakhir nih, badan udah bersih, wajah udah seger, tinggal rambutmu yang masih basah. Kamu cukup gunakan hair dryer.

Untuk rambut yang tebel, di rumah pasti menyimpan satu hair dryer khusus untuk keadaan darurat. Terutama kalau kamu dihadapkan sama acara-acara pagi – seperti jadi penonton bayaran di acara musik-musik pagi itu – misalnya, hair dryer ini berguna banget untuk mengeringkan rambut secara praktis.

Penggunaan hair dryer juga jangan terlalu sering, karena bikin rambut cepet rusak dan kering. Nah, untuk itu, sediakan hair tonic dan vitamin rambut untuk diaplikasikan ke kulit kepala dan helaian rambut setelah rambutmu cukup kering.

Done! Salon-salonan di rumah udah selesai deh. Kalau kamu masih ingin lanjut, boleh kok pedi-medi sendiri di rumah. Selamat mencoba. 🙂