12 Tempat wisata di Cirebon yang populer banget!

cirebon

Kalo denger kata pantura yang ada di benak Wovger semua pasti adalah macet, jalanan rusak, sama Dangdutnya. Asek. Padahal pantura punya satu kota besar yang keren banged yaitu Cirebon. Kota Cirebon terletak pada lokasi yang strategis dan menjadi simpul pergerakan transportasi antara Jawa Barat dan Jawa Tengah. Jadi untuk mengunjungi kota ini sangat mudah banged, lokasinya ada di tengah-tengah gitu.

Selain terkenal dengan dengan kesenian Tari Topengnya, Cirebon juga punya banyak banget tempat wisata yang layak buat Wovger coba kunjungi. Wovgo bakalan nyoba merangkum beberapa tampat wisata yang ada di Cirebon nih biar nabah list tempat buat liburan.

1. Pantai Kejawan Menghadirkan Sunset Persis Di Tengah Laut.

Pantai Kejawan

Foto : travel.kompas.com

Karena berada di pesisir utara, Cirebon jadi punya pantai yang keren banget. Emang sih jajaran pantainya gak terlalu banyak, tapi lumayan lah. Nah salah satunya adalah Pantai Kejawan. Lokasi pantai ini ada di Jln.Yos Sudarso Kota Cirebon ini terletak dekat dengan Pelabuhan Cirebon.

BACA JUGA : 12 Tempat wisata yang bisa kamu kunjungi ketika berkelana ke Pati

Fasilitas penunjang disini cukup lengkap. Mulai dari restoran ditepi pantai, penginapan, parkir luas dll.

Kondisi Pantai Kejawanan ini sangat landai dan dangkal menjadi daya tarik sendiri. Disini Wovger bisa bermain air hingga agak ketengah pantai. Di sana Wovger juga bisa menyewa perahu motor buat berwisata keliling pantai.

Disini Wovger juga bisa melihat ada banyak kapal nelayan yang akan merapat dan membawa hasil laut, nah Wovger juga bisa belanja ikan-ikan segar nih. Sunset disini juga keren banged karena lokasinya persis ada di tengah laut.

Untuk masuk kelokasi ini Wovger hanya perlu membayar tiket sebesar Rp. 2.000,-

2. Ade Irma Suryani Waterland, Taman Air Baru Di Cirebon Yang Wajib Dikunjungi.

Ade Irma Suryani

Lokasi waterland ini ada di Jl. Yos Sudarso, Lemahwungkuk, Kota Cirebon. Dulunya Waterland ini adalah Traffic Garden Ade Irma Suryani. Masih baru banget nih tempat wisatanya. Soft openingnya baru 1 Juli 2015 kemaren. Lokasi tempat wisata ini ada di jalan Diponegoro, di seberang Bank Indonesia.

Cirebon Water Land Ade Irma Sur­yani ini memiliki beragam permainan anak. Mulai dari kolam olympic dengan air ha­ngat, kolam bermain, kolam arus, play ground, food court, mee­ting room dll.

Untuk bisa menikmati seluruh wa­hana yang tersedia, Cirebon Water Land Ade Irma Suryani me­nyiapkan tiket terusan. Har­ga tiket terusan tersebut diban­derol dengan harga Rp50 ribu.

BACA JUGA : 9 Tempat wisata di Brebes yang harus segera kamu kunjungi!

3. Keraton Kasepuhan Sebagai Pusat Pemerintahan Pertama Kesultanan Cirebon.

Keraton Kasepuhan

Foto : travel.kompas.com

Ini merupakan tempat wisata yang sangat populer di Cirebon. Disini Wovger bisa menikmati sebuah wisata sejarah. Keraton ini merupakan pusat pemerintahan pertama kesultanan cirebon. Lokasi keraton ini ada di Jalan Kasepuhan No 43, Kampung Mandalangan, Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemah Wungkuk, Cirebon, Jawa Barat. Dapat ditempuh sekitar 30 menit dari Stasiun Kereta Api Kejaksan dan 30 menit dari Terminal Bus Harjamukti Cirebon.

Jika ingin berkunjung kesini, Wovgo sarankan saat tanggal 1 Syawal karena ada ritual pemandian kereta kencana Singo Barong.

Saat pertama melihat museum ini, Wovger akan mendapati halaman depan keraton yang dikelilingi tembok bata merah dan didalamnya terdapat pendopo. Di sini juga terdapat museum yang berisi benda-benda bersejarah. Wovger bisa melihatnya kedalam. Arsitektur bangunan keraton ini juga sangat keren dan kental dengan filosofi.

Untuk masuk kekeraton ini untuk berwisata, Wovger hanya perlu membayar tiket kurang lbih sebesar Rp. 15.000,-

4. Keraton Kanoman Yang Menjadi Tempat Kediaman Wakil Sultan.

Keraton Kanoman

Foto : alit.co.id

Selain Keraton Kasepuhan, di Cirebon juga ada keraton Kanoman yang bisa Wovger kunjungi. Keraton ini ada di Jl. Winaon, Kampung Kanoman, Kel. Lemah Wungkuk, Kec. Lemah Wungkuk, Cirebon. Lokasinya ada dibelakang pasar Kanoman, tidak terlalu jauh dari Stasiun Kejaksan Cirebon dan dapat ditempuh sekitar 10-15 menit dengan kendaraan.

Di keraton ini WOvger bisa menemui peninggalan-peninggalan sejarah dan kisah-kisah sejarah. Keraton Kanoman memiliki museum yang menyimpan berbagai benda bersejarah, seperti Kereta Perang Paksi Naga Liman dan Kereta Jempana. Koleksi museum lainnya yaitu aneka senjata seperti keris dan tombak, gamelan dan lain-lain.

Untuk berwisata kesini WOvger hanya perlu membayar tiket sekitar Rp. 7.000,-

BACA JUGA : Puaskan liburanmu dengan mengunjungi 6 destinasi wisata di kawasan Dieng berikut ini

5. Situ Sedong, Waduk buatan yang mempesona.

Situ Sedong

Foto : infocirebon.com

Setu Sedong merupakan waduk buatan di wilayah kec. Sedong Kab. Cirebon Jawa Barat. Selain sebagai waduk yang mengatur perairan bagi pertanian di wilayah kecamatan Sedong, Waduk ini juga sudah dijadikan tempat wisata. Setu Sedong memiliki kedalaman 5-10 meter, dengan luas hampir 150 hektare.

Selain menikmati keindahan alam di Setu Sedong ini, Wovger juga bisa melakukan aktivitas lain seperti memancing atau berkeliling danau dengan becak air.

6. Bukit Gronggong, Bukit Bintang Ala Cirebon.

Bukit Gronggong

Foto : wonderfulcirebon.com

Cirebon juga punya bukit bintang lho, namanya Bukit Gronggong. Dari atas bukit ini Wovger bisa melihat kerlap kerlip lampu kota yang terlihat indah seperti bintang. Lokasinya berada di tengah jalur antara Cirebon dengan  Kuningan.

Tempat ini biasanya sering dikunjungi para pasangan, jadi kalo Wovger masih jomblo jangan coba-coba main kesini kalo gak pengen nyesek liat orang pada pacaran. Disini Wovger hanya perlu membayar tiket parkir saja dan langsung bisa menikmati pemandangan indah dari warung-warung yang ada disini.

7. Taman Sari Gua Sunyaragi Tempat Bertapanya Keluarga Sultan.

Taman Sari Gua Sunyaragi

Foto : www.pegipegi.com

Taman Sari Gua Sunyaragi ini letaknya ada di jalan by pass Brigjen Dharsono, kelurahan Sunyaragi, Kesambi, Cirebon. Lokasi tempat wisata ini agak sedikit sepi. Disini Wovger bisa menikmati suasana ketenangan disini.

BACA JUGA : 9 Tempat wisata di Tegal ini akan memuaskan liburanmu

Disini Wovger akan mendapati dua bangunan utama yaitu pesanggrahan dan gua. Di dalam pesanggrahan terdapat beberapa ruangan. Sedangkan bangunan gua akan terlihat seperti candi dari luar tetapi bagian dalamnya menyerupai gua karena ada banyak lorong dan berbentuk mirip labirin.

Untuk masuk kawasan ini Wovger hanya perlu membayar tiket sebesar Rp. 10.000,-

8. Telaga Remis mempesona dengan kealamian alamnya.

Telaga Remis

Foto : www.indonesiakaya.com

Telaga Remis ini terlihat begitu indah dengan kealamiannya. Suasana alamnya begitu asri dan menyejukan. Telaga Remis ini ada di kaki gunung Ciremai, terletak di desa Kaduela, Kuningan, Cirebon. Telaga Remis memiliki air yang super jernih kehijauan, bahkan dasarnya terlihat sangat jelas. Di sini juga terdapat remis (kerang air tawar) yang bisa dimakan, bahkan memiliki rasa yang lezat dan mengandung protein tinggi.

Di sisi telaga yang berbatasan dengan hutan menghadirkan background yang keren banget buat foto Pre Wedding. Untuk masuk wilayah telaga Remis, WOvger hanya perlu membayar tiket sebesar Rp. 5.000,-

BACA JUGA : Curug-curug indah ini ternyata ada di Banyumas. Sumpah, nomer 3 dan terakhir keren abis!

9. Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon Dengan Arsitektur Mempesona.

Masjid Agung Cipta Rasa

Ini merupakan bangunan masjid dengan arsitektur yang sangat epik dengan susunan bata merahnya. Letaknya di dalam kompleks Keraton Kasepuhan. Masjid ini merupakan tempat ibadah tertua di Cirebon. Sebuah kesempatan yang luar biasa pasti bisa beribadah di Masjid ini. Setelah selesai beribadah, Wovger bisa mengambil foto disekitar masjid ini karena ya itu tadi arsitekturnya keren gila gaes.

10. Banyu Panas Palimanan Dengan Sumber Air Panas Alami.

Banyu Panas Palimanan

Foto : berwisata-nusantara.blogspot.co.id

Banyu Panas Palimanan merupakan sebuah tempat pemandian air panas yang memiliki sumber mata air alami. Taman pemandian ini berada di Desa Palimanan Barat, Kecamatan Palimanan, Cirebon. Dari pusat kota Cirebon, tempat wisata ini bisa ditempuh dalam waktu 25 – 30 menit perjalanan.

Air di taman pemandian ini adalah sumber air panas alami yang mengandung belerang dan dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Untuk masuk tempat wisata ini Wovger hanya perlu membayar tiket sebesar Rp. 7.000,-

BACA JUGA : Tempat-tempat wisata di purwokerto yang bagusnya kebangeten!

11. Kampung Batik Trusmi, tempat berburu souvenir khas Cirebon.

Kampung Batik Trusmi

Foto : blogebatiktrusmi.blogspot.com

Ini merupakan kawasan wisata belanja grosir batik paling populer di Cirebon. Disini Wovger bisa berburu batik asal cirebon buat oleh-oleh keluarga dirumah. Kampung Batik Trusmi ini yang terletak di jalan utama pantura (Plered). Kalo mengunjungi Cirebon, Wovger pokoknya wajib mengunjungi tempat ini untuk berburu oleh-oleh batik dengan kualitas yang mumpuni.

***

Ini dia beberapa tempat wisata yang wajib Wovger kunjungi saat berkunjung ke Cirebon. Masih ada banyak banget sih sebenernya. Cirebon yang merupakan kota tua memiliki banyak tempat wisata yang unik dan tempat wisata bersejarah lainnya. Jika Wovger punya list tempat wisata lain, bisa melipir ke kolom komentar yah.