12 Tempat wisata yang bisa kamu kunjungi ketika berkelana ke Pati

wisata pati

Di Pati – Jawa Tengah, ternyata banyak menyimpan keunikan tempat wisata yang amat sayang kalau dilewatkan. Seenggaknya, Pati memiliki 3 keindahan alam berdasarkan letak geografisnya: daratan, pegunungan dan lautan. Hmm… komplit banget. Sekomplit harapan para calon mertua yang kalau mau nyari jodoh pengennya yang cakep, pekerjaan mapan, berkepribadian baik dan datang dari keluarga baik-baik.

Lantas apa aja nih potensi wisata yang ada di Pati dan wajib banget Wovger kunjungi? Yuk!

1. Waduk Gunung Rowo.

foto: buzzerbeezz.com

foto: buzzerbeezz.com

Danau atau waduk Gunung Rowo yang berfungsi untuk irigasi sawah ini, berada di lereng gunung Muria dan letaknya sekitar 30 menit dari jantung kota Pati. Atau bahkan untuk mencapai ke sana, butuh waktu berjam-jam. Iya, itu kalau Wovger berangkatnya dari Surabaya!

BACA JUGA: 12 gunung di Pulau Jawa yang senantiasa menunggumu untuk didaki

Tempat wisata yang menyajikan perpaduan antara danau, gunung, dan pepohonan hutan ini, udah dilengkapi dengan fasilitas nongkrong seperti gazebo. Jika lapar, pengunjung dapat menikmati sajian kuliner khas ikan air tawar yang banyak dijajakan warung-warung makan di sekitar Waduk Gunung Rowo.

Banyak pengunjung yang berdatangan tiada henti untuk berekreasi ke waduk ini, terutama di hari libur. Kamu juga bisa menjadi salah satu pengunjung yang bisa mampir ke waduk tersebut. Sendiri aja nggak apa-apa. Jomblo kan?

2. Waduk Seloromo.

foto: jajamotpot.wordpress.com

foto: jajamotpot.wordpress.com

Masih tentang waduk di Pati. Kali ini destinasi lainya ada di waduk Seloromo. Hampir sama dengan waduk Gunung Rowo, dengan pergi ke sana kamu akan disuguhi pemandangan air yang menyejukkan mata. Tentu pandangan akan lebih sejuk lagi kalau saat berkunjung ke sana, kamu ketemu sama yang bening-bening. Air!

Selain sebagai tempat rekreasi, waduk Seloromo ini juga sering digunakan untuk foto pre wedding loh. Para fotografer juga sering berburu foto-foto bertema alam dan air di sini. Entah itu untuk foto pre wedding atau bukan. Seakan, rasanya komplit banget jika komposisi foto berunsur air danau dengan latar belakang gunung Muria.

3. Makam Syekh Jangkung Saridin.

foto: patisosmed.blogspot.com

foto: patisosmed.blogspot.com

Makam bisa menjadi tempat wisata. Wisata religi, namanya. Termasuk makam Syekh Jangkung Saridin.

Makam tokoh legendaris nyentrik asal Pati Bumi Mina Tani pada zaman Walisongo ini bisa dibilang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Jumlah kunjungannya, bahkan melebihi obyek wisata apapun yang ada di Pati. Keren kan?

BACA JUGA: 9 Tempat wisata di Brebes yang harus segera kamu kunjungi!

Hampir setiap hari, ratusan dan bahkan ribuan pengunjung datang ke sini untuk berwisata religi. Biasanya, mereka datang dengan tujuan untuk mengenang jasa-jasa Syekh Jangkung pada masanya, yakni menyatukan pacahan-pacahan perahu retak bernama nusantara.

Tak hanya wisata religi, di Pati juga ada tradisi yang namanya ‘ngalap berkah’ – semacam jenis acara spiritual gitu.

4. Juwana Water Fantasy (JWF).

foto: obyek-wisata-jwf.blogspot.com

foto: obyek-wisata-jwf.blogspot.com

Lagi-lagi wisata air. Tapi emang menyenangkan sih. Apalagi kalau ke sananya bareng pasangan gitu. Kamu pasti belum pernah ya? Maksud Wovgo, bukan ke Juwana Water Fantasy-nya. Tapi pergi bareng pasangannya. Belum pernah kan?

Makanya, segeralah menikah. Ini Mbak Penulis masih nunggu dilamar, eh malah yang ngelamar belum datang-datang juga. Hiks… hiks… hiks…

*malah curhat*

Di Juwana Water Fantasy, Wovger bisa berenang. Lah, ngapain lagi kalau ke sini bukan mau berenang? Jualan es batu?!

Oh ya, setiap pengunjung yang ingin masuk ke Juwana Water Fantasy akan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp 25.000 per orang. Atau, bisa juga gratis.

 

“Loh, kok gratis, itu gimana caranya, Wovgo?”

“Gampang! Jadilah petugas kebersihan di Juwana Water Fantasy!”

“….”

 

Lokasi lengkap Juwana Water Fantasy ini berada di Jl. Juwana – Rembang Km.8 Ds. Bumimulyo (Mujil) Kec. Batangan Kab. Pati, Juwana, Jawa Tengah, Indonesia 59186. Yuk, seru-seruan main air bareng keluarga ke JWF. Iya, bareng keluarga. Ketimbang pengen ngajak pasangan, tapi nggak ada yang mau diajak.

5. Air terjun tadah hujan.

foto: tempatwisataid.com

foto: tempatwisataid.com

Nah, kali ini memang wisata air lagi. Tapi wisata kali ini ialah air terjun yang berasal dari sekitar pegunungan Kendeng, Sukolilo.

BACA JUGA: Biar liburanmu nggak gitu-gitu aja, main-main ke air terjun Tumpak Sewu yuk!

Air terjun tadah hujan ini bisa dinikmati pengunjung dari atas bukit gunung dengan suguhan kesegaran alam yang nggak ada duanya. Dengan ketinggian sekitar 75 meter, air terjun ini mampu menyedot perhatian warga sekitar, sebagai destinasi wisata yang patut dikunjungi. Menarik bukan?

6. Gua Pancur.

foto: guapancur.blogspot.com

foto: guapancur.blogspot.com

Tempat wisata lain yang wajib Wovger kunjungi yaitu Gua Pancur. Letaknya di Desa Jimbaran, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati. Gua yang ditemukan sekitar satu abad lalu oleh warga Jimbaran ini, termasuk wisata unik dan menantang loh.

Selain bisa menikmati indahnya Gua Pancur di permukaan, pengunjung bisa menjelajah di kedalaman gua yang sangat panjang. Tentu dengan panduan pengelola Gua dong.

Namun sangat disayangkan, wisata jelajah Gua ini terkesan didiamkan oleh pemerintah dan tidak dirawat seindah mungkin, hanya dirawat warga setempat dan komunitas pemuda lokal bernama Gasong Community.

Wovgo sangat berharap, semoga pemerintah setempat merawat aset daerah tersebut. Agar semakin ramah bagi pengunjung, mendatangkan banyak pengunjung dan tentunya memberikan pemasukan bagi daerah maupun warga sekitar Gua Pancur.

7. Pantai Banyutowo.

foto: sapasurya.blogspot.com

foto: sapasurya.blogspot.com

Tahu artis Soimah? Sip. Dia pernah dilahirkan di sini loh.

Bukan di pantainya, tapi di rumahnya.

 

“Di rumah? Itu yang bantu ngelahirin, dukun beranak apa gimana?”

“Errr… maksudnya, Rumah Sakit. Eh, tapi nggak tahu deng!”

 

BACA JUGA: Wisata ke Pantai Balekambang, Tanah Lot-nya pulau Jawa!

 

Tapi usut punya usut, Soimah dilahirkan di tempat yang berdekatan dengan pantai Banyutowo ini. Tak hanya ahli dalam bidang kesenian Jawa, Soimah juga seorang rapper dan lady rocker. Dirinya sudah terbiasa dengan campursari, sinden, ketoprak, pop Jawa, hip hop, presenter, dan dagelan.

Eh, tunggu… tunggu… tunggu… ini kita mau bahas Soimah atau Pantai Banyutowo ya?

Balik lagi.

Pantai Banyutowo ini terletak di daerah Banyutowo, sekitar Dukuhseti dan Tayu. Pantai Banyutowo ini masih satu jalur dan dekat dengan obyek wisata Jepara bernama Benteng Portugis dan pulau Mondoliko. Pantai Banyutowo ini masih indah, bersih, dan asri. Cocok untuk dijadikan sebagai tempat liburan bersama keluarga. Apalagi kalau kamu fans berat Soimah. Ngomong-ngomong, karier sinden Soimah dulu biasa aja. Tapi menjadi semakin melambung ketika dirinya bergabung dengan Jogja Hip Hop Foundation.

Lah, ini kenapa malah bahas Soimah lagi?!

Oke, buat Wovger di manapun kamu berada, jangan lupa berkunjung ke pantai Banyutowo. Dan, jangan lupa juga, nanti malam, nonton Soimah!

8. Wisata Jolong.

foto: ticpati.com

foto: ticpati.com

Jolong adalah nama desa di kecamatan Gembong yang meyimpan seribu pesona keindahan alam. Wilayah tempat wisata Gembong ini berada di lereng pegunungan Muria, sehingga wajar, jika Wovger berkunjung ke daerah ini akan menjumpai banyak objek wisata.

Salah satunya adalah kebun kopi, yang saat ini dijadikan wahana bumi perkemahan (atau biasa disingkat buper – bukan baper), agrowisata, termasuk outbond dan wisata air terjun Grenjengan. Suasananya mantap guys, nyaman, sejuk, dan bebas polusi. Masih sangat organik dan serba alam.

9. Pintu gerbang Majapahit.

foto: kompasiana.com

foto: kompasiana.com

Pati, selain indah dengan wisata air, religi dan gunung, tak lengkap rasanya kalau kamu juga nggak mencicipi wisata sejarahnya. Yup, cagar budaya purbakala yang dilindungi di Kabupaten Pati ini bernama pintu gerbang Majapahit. Nggak rugilah kalau kamu dateng ke sini. Beneran deh!

Memang, tak ada tempat khusus bagi wisatawan yang ingin berkunjung di sini. Cukup membayar parkir kendaraan aja, dan pengunjung akan diajak untuk melihat bentuk pintu yang dibuat pada masa kejayaan Majapahit.

BACA JUGA: Puaskan liburanmu dengan mengunjungi 6 destinasi wisata di kawasan Dieng berikut ini

Wisata pintu gerbang Majapahit ini letaknya di Desa Rendole, atau sekitar 5 menit ke barat dari Stadion Joyokusumo, atau sekitar beberapa jam kalau dari Surabaya. Lama dan jauh kan? Ya iyalah, ngapain juga berangkatnya dari Surabaya?!

 

“Wovger jangan lupa mampir ya?”

“Mampir ke mana, Wovgo?”

“Ya mampir berwisata ke pintu gerbang Majapahit dong. Kamu pikir mampir ke mana?”

“Surabaya!”

“….”

 

10. Pulau seprapat Juwana.

foto: ketoprakjawa.wordpress.com

foto: ketoprakjawa.wordpress.com

Pulau Seprapat yang tidak jauh dari pelabuhan Juwana, tepatnya di muara Sungai Silugonggo, Juwana, Pati. Pulau ini berukuran kecil atau tepatnya sekitar 220 x 65 meter.

Menurut mitos yang beredar, pulau ini penuh misteri dan melegenda pada jaman Majapahit. Tapi saat ini, pulau Seprapat mulai dilirik wisatawan asing. Nah, sebelum dikuasai, hendaknya kamu ke sana duluan guys. Jangan sampai tempat wisata seindah ini kamu abaikan. Nanti giliran tetangga sebelah mengklaim bahwa itu pulau mereka, baru kamu koar-koar berontak. Terlambat itu namanya.

Banyak cerita mengenai pulau ini. Seperti mitos asal-usul kera yang acapkali dijadikan acara pesugihan, cerita tentang Kopo dan Genthiri, Adipati Pathak Warak, termasuk kisah roman tentang cinta Sunan Muria dengan anak Sunan Ngerang yang juga turut melekat dengan Pulau Seprapat Juwana ini.

 

“Gimana? Wovger ngerasa tertantang, kan?”

“Iya, Wovgo. Tertantang banget!”

“Tertantang kenapa kamu?”

“Tertantang untuk mencoba pesugihan.”

“….”

 

11. Bumi Perkemahan Regaloh.

foto: dolanlanpiknik.blogspot.com

foto: dolanlanpiknik.blogspot.com

Wisata pati yang satu ini merupakan sebuah wisata alam yang dapat dinikmati seluruh anggota keluarga, yaitu Bumi Perkemahan Regaloh.

Selain untuk camping, keluarga akan disuguhi dengan pemandangan khas pepohonan yang selain menyejukkan, juga sangat asri.

BACA JUGA: 9 Tempat wisata di Tegal ini akan memuaskan liburanmu

Banyak pengunjung warga Pati sendiri yang datang kemari sekedar menikmati indahnya hutan. Fasilitas yang menunjang kesenangan di sini banyak. Seperti ayunan, flying fox dan juga gazebo untuk berduduk-duduk santai.

Untuk mendatangi Bumi Perkemahan Regaloh ini, kamu dapat menempuh jalur arah Kecamatan Tlogowungu. Setelah melewati Pasar Tlogowungu, tinggal belok ke kanan dan menempuh jalur sekitar 1 km jauhnya.

12. Alun-alun Kota Pati.

foto: sudutkotakupati.blogspot.co.id

foto: sudutkotakupati.blogspot.co.id

Siapa yang nggak tahu alun-alun? Hampir di setiap kota pasti ada alun-alunnya. Kecuali alun-alun kota New York. Kayaknya Mbak penulis ini belum pernah denger ada alun-alun kota New York. Atau, jangan-jangan emang ada, tapi Mbak penulis aja yang belum pernah denger nih? Entahlah.

Sejenak kita lupakan alun-alun kota New York yang belum jelas ada atau tidaknya itu.

Sekarang, main-mainlah ke alun-alun kota Pati, sembari cuci mata. Iya, ke sana bawa ember berisi air untuk mencuci mata kalau-kalau kelilipan.

Jika Wovger berkunjung ke alun-alun kota Pati, di sana akan disuguhi beragam makanan khas dari Pati dan aneka kuliner lainnya. Selain itu, bagi anak kecil, di sana juga dapat menikmati berbagai macam permainan seperti mobil mini, odong-odong, bianglala mini dan masih banyak lagi.

Keramaian di Alun-alun Kota Pati ini sudah menjadi semacam pasar rakyat bagi warga masyarakat sekitar.

Oleh karena itu, kalau kamu ke sana, jangan lupa menikmati aneka kuliner di alun-alun Kota Pati, terutama saat malam hari. Sembari mencicipi kuliner khas seperti soto kemiri, pempek Pati, nasi goreng, dan kuliner-kuliner lainnya.

***

Jadi gimana, setelah membaca ulasan Wovgo tentang Pati, Wovger jadi kepincut pengen pergi ke sana?

Kalau mau ke sana, ajak teman-teman atau keluarga. Saran dari Wovgo ini, selain memahami bahwa kamu jomblo, juga biar saat di sana kamu bisa merasakan kemeriahan rekreasi bersama-sama.

Oh ya, kalau kamu ada saran atau masukan tentang tempat wisata lainnya di Pati atau kota lain yang pengen diliput Wovgo, tulis di kolom komentar ya! 🙂