Hal yang bisa kamu lakukan di tahun 2016

2016

“Tahun baru kembali datang,” begitu ungkapan kita setiap memulai tahun yang baru.

2016 sudah kita lalui selama beberapa hari. Sebagai manusia yang ingin berkembang, adalah hal yang wajar jika banyak yang membuat resolusi di tahun baru. Beberapa orang ada yang putus asa membuat resolusi, lantaran mereka juga pernah membuatnya di tahun-tahun lalu, dan gagal dalam mencapainya.

Beberapa lainnya memilih optimis. Ini bukan sok-sokan optimis dan merasa tegar. Melainkan, lebih kepada kepercayaan yang mereka tanamkan dalam diri, bahwa seburuk apapun pencapaian, jika sebelumnya telah ditulis dalam resolusi, hasilnya selalu lebih baik ketimbang tak menuliskan apapun dan hanya mengikuti arus. Menjalani apa yang ada di depan mata.

Maka dari itu, pada artikel ini Wovgo ada beberapa daftar yang bisa kamu jadikan sebagai pelengkap resolusi tahun ini. Yuk!

1. Jadilah diri sendiri.

foto: bonvitastyle.com

foto: bonvitastyle.com

Saran untuk sejuta umat, dari generasi ke generasi. Tampak klise, namun dalam praktiknya ya memang nasehat seperti inilah yang dibutuhkan.

Hal pertama yang bisa Wovger lakukan di tahun 2016 ini adalah menjadi diri sendiri. Kelihatannya memang gampang, tapi nggak semua orang bisa menjadi diri sendiri. Sebagian justru sibuk mendengar pendapat orang lain tentang dirinya. Sebagian lainnya, memilih menjadi pribadi seperti orang-orang yang mereka idolakan.

BACA JUGA: Jangan dia terus yang diajak kencan. Sesekali, kencani dirimu sendiri!

Perhatikan dirimu sendiri, lalu perhatikan lingkungan sekitarmu. Siapakah yang paling kamu dengarkan, sehingga kamu belum bisa bebas menjadi diri sendiri? Orang tua? Kerabat? Rekan kerja? Guru? Mario Teguh?

2. Ikuti keinginanmu dan biarkan mereka bebas berpendapat.

foto: nosidebar.com

foto: nosidebar.com

Jika Wovger sudah bisa menjadi diri sendiri, tentu akan menemukan jalan untuk mengikuti keinginan. Mengikuti keinginan sendiri memang lebih susah daripada menjadi diri sendiri. Apalagi jika keinginanmu sifatnya tidak biasa. Ingin menjadi penduduk di planet Mars, misalnya.

Tentangan biasanya justru datang dari anggota keluarga terdekat, terutama orang tua.

Anggap saja tahun 2016 ini adalah tahun yang tepat bagimu untuk mengikuti keinginan sendiri dan berhenti mengejar keinginan orang lain. Bukankah dari sekian banyak informasi dan nasehat yang masuk, seluruh kendali tetap ada pada kamu yang berperan sebagai nahkodanya?

3. Izinkan dirimu bermimpi. Mimpi apapun yang bisa mencerahkanmu.

foto: askmen.com

foto: askmen.com

Walt Disney memiliki kutipan yang sangat terkenal:

“Jika kamu bisa memimpikannya, maka kamu bisa melakukannya. Kamu tidak akan mencapai apa yang tidak kamu impikan.”

BACA JUGA: Teruntuk kamu yang sedang merasa bahwa tujuan terlihat begitu jauh dan susah untuk dicapai

Mau mimpi aja takut, apalagi bisa melakukannya? Jadi, genggam erat-erat mimpimu. Jangan biarkan orang lain merenggutnya dari genggamanmu. Godaan akan selalu ada. Namun hanya mereka yang teguh dan terus menempa diri-lah, yang akan benar-benar mampu meraihnya.

4. Jangan pernah berhenti berfantasi.

foto: bellasbartok.bandcamp.com

foto: bellasbartok.bandcamp.com

Fantasi tidak pernah membatasi diri bahwa itu hanya untuk anak-anak saja. Ia terbuka bagi siapapun. Seringnya, manusia dewasalah yang justru membatasi diri untuk berfantasi. Mereka menganggap bahwa tindakan itu adalah tindakan kekanak-kanakan. Padahal, fantasi itu perlu banget. Imajinasi adalah aset terbesar yang dimiliki manusia. Transportasi tidak mungkin semaju sekarang jika Henry Ford tidak memimpikan untuk menciptakan mobil. Teknologi juga tidak akan semaju sekarang jika Steve Jobs tak pernah berani bermimpi. Begitu pula penemu-penemu lainnya.

5. Hati-hati dalam berbicara.

foto: businessinsider.com

foto: businessinsider.com

Berbicara adalah salah satu kegiatan penting manusia. Semua manusia berbicara, meski dengan bahasa yang berbeda-beda. Jadikan tahun 2016 ini sebagai tahun berbenah diri.

BACA JUGA: 6 Hal yang tidak boleh kamu ucapkan kepada ‘seniman’

Buat yang masih sering berkata-kata kotor, kurang-kuranginlah. Perhatikan juga apakah yang kita ucapkan itu mengandung manfaat atau tidak. Pikirkan dahulu sebelum mengucapkan. Pertimbangkan dahulu sebelum klik ‘post’ di sosial media.

6. Miliki visi dalam kehidupanmu.

foto: thebachbook.com

foto: thebachbook.com

Manusia adalah makhluk paling sempurna yang diciptakan Tuhan. Tidak ada makhluk lain di dunia ini yang Tuhan ciptakan dengan kesempurnaan melebihi manusia.

Gunakan kesempurnaan itu untuk merancang visi dan mewujudkannya. Janganlah menjadi manusia yang asal hidup dan tidak punya tujuan. Kapal itu menantang arus. Bukan mengikuti arus. Kalau yang mengikuti arus, sepertinya yang biasa mengambang-mengambang itu.

7. Jadikan rasa takut sebagai teman.

foto: hypebeast.com

foto: hypebeast.com

Ketakutan yang hinggap dalam diri manusia adalah kondisi yang wajar dan normal. Bentuk ketakutan itu pun aneh-aneh. Ada yang takut binatang, ketinggian, bayang-bayang mantan di masa lalu, dan lain-lain. Tanggapan kita terhadap ketakutan sebaiknya biasa-biasa saja dan jangan berlebihan.

BACA JUGA: Jangan takut kulit gosong setelah travelling. Tips perawatan kulit ini akan membantu banget!

Wovger ingin sesuatu yang lebih menantang?

Cobalah untuk memperlakukan rasa takut bukan sebagai musuh yang harus dijauhi, melainkan sebagai teman yang harus didekati. Setelah dekat, tembak! Setelah jadian, lamar!

Aduh, ini kenapa kita malah membahas urusan Negara?!

Oke lanjut.

8. Curahkan energi hanya untuk mengejar yang kamu inginkan.

foto: quotationof.com

foto: quotationof.com

Manusia diberikan kemampuan oleh Sang Pencipta untuk memilih. Wovger bisa memilih makanan mana yang ingin dimakan, pakaikan mana yang akan dipakai, bahkan termasuk dalam memilih calon pasangan.

Manusia juga bisa memilih untuk apa dan kemana energinya dihabiskan. Agar energi yang masuk ke tubuh dan tidak keluar sia-sia, gunakan ia hanya untuk mengejar mimpi dan visimu.

Segala sesuatu yang diperoleh hanya bergantung pada kesediaan kita untuk melakukannya. Jika tak ada kemauan untuk bertindak, jangan harap segala sesuatu akan datang dengan sendirinya tanpa kamu menggerakkan apapun.

Mungkin sekarang kamu bisa bilang:

“Aku ingin membaikkan diri terlebih dahulu. Nanti jodoh akan datang dengan sendirinya.”

Tapi kalau dalam dirimu tak ada kesediaan untuk mengedepankan upaya, dan hanya memilih untuk membaikkan diri saja terus-menerus, kelak, bisa jadi kamu akan menjadi orang baik. Yang jomblo!

9. Bermain dengan aturanmu sendiri.

foto: melissagalt.com

foto: melissagalt.com

Kehidupan ini dianugerahkan oleh Tuhan kepadamu, dan sepenuhnya milikmu. Jangan biarkan mereka merusak dan menjatuhkanmu dalam jurang kegagalan.

BACA JUGA: Ikuti 6 tips berikut ini untuk membunuh rasa minder dan menghidupkan percaya dirimu

Jalani kehidupan ini sesuai dengan aturan yang kamu buat sendiri. Tentunya, masih dalam batas yang positif dong. Wovgo ulangi lagi apa yang sudah tertulis di atas tadi:

“Dari sekian banyak informasi dan nasehat yang masuk, seluruh kendali tetap ada pada kamu yang berperan sebagai nahkodanya.”

10. Kehidupan ini tidak terbatas. Meliputi semua kesempatan, atau yang bahkan telah tertutup untuk kamu.

foto: youtube.com

foto: youtube.com

Kehidupan yang akan Wovger jalani selanjutnya adalah kehidupan yang sangat luas. Kamu bisa menjadi apapun yang kamu inginkan. Jangan pernah merasa tidak diberikan kesempatan untuk meraih mimpi. Bukankah kamu masih bisa mengetuk kembali kesempatan itu agar dibukakan lagi untukmu?

***

Sepuluh hal di atas akan menuntunmu menjadi pribadi yang lebih baik di penghujung tahun, jika kamu lakukan dengan sungguh-sungguh. Nggak mau kan waktu satu tahun terbuang sia-sia tanpa pencapaian tertentu, seperti yang sudah-sudah? Yuk gunakan waktu sebaik-baiknya: dengan kegiatan-kegiatan baik dan bersama orang-orang baik.