6 Tempat wisata yang bisa kamu kunjungi ketika singgah di Sragen

Gerbang Sragen/Plengkung Gading

Sragen merupakan sebuah Kabupaten yang ada di Jawa Tengah. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Grobogan di utara, Kabupaten Ngawi (Jawa Timur) di timur, Kabupaten Karanganyar di selatan, serta Kabupaten Boyolali di barat.

Kabupaten ini dikenal dengan sebutan “Bumi Sukowati”

Kalo bicara tentang wisata di Sragen, yanga ada dibenak orang-orang adalah Gunung Kemukus. Weleh weleh, padahal masih ada banyak tempat wisata yang bisa Wovger kunjungi lho. Nah kali ini Wovgo akan merangkum beberapa tempat wisata yang layak untuk Wovger kunjungi saat mengunjungi Seragen.

1. Museum Sangiran Rumah Bagi Fosil Manusia Purba.

Museum Sangiran Sragen

Foto : www.telusurindonesia.com

Museum Prasejarah Sangiran berlokasi di Desa Krikilan Kalijambe, Sragen, Jawa Tengah. Museum Sangiran ini berada di dalam kawasan Kubah Sangiran. Kubah tersebut terletak di Depresi Solo, di kaki Gunung Lawu. Jaraknya kurang lebih 17 km dari Kota Solo.

Museum ini memiliki luas yang mencapai 56 kilometer persegi. Disini merupakan lokasi penemuan fosil manusia purba Meganthropus palaeojavanicus oleh Von Koenigswald. Sampai akhirnya disini dijadikan sebuah museum bagi fosil-fosil manusia purba yang ditemukan disekitar sini.

BACA JUGA : Turis Vs Traveller. Kira-kira kalian yang mana?

Disini merupakan tempat paling tepat untuk dikunjungi anak-anak. Karena disini anak-anak bisa mengenal jaman prasejarah.

Untuk masuk kawasan wisata Sangiran dan memasuki museum fosil, Wovger hanya perlu membayar tiket sebesar Rp. 5.000,-

2. Pemandian Air Panas Bayanan Yang Nyaman Untuk Berendam.

Pemandian Air Panas Bayanan

Foto : Solopos.com

Pemandian air panas ini berlokasi di Dusun Bayanan, Desa Jambeyan, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen. Jaraknya kurang lebih 17 km kearah tenggara kota Sragen.

Selain sebagai obyek wisata, banyak orang yang datang kesini untuk berobat. Iya, banyak orang yang percaya bahwa air panas alami yang ada di pemandian ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit mulai darii rematik, gatal-gatal, dan penyakit lainnya. Kebanyakan pengunjung juga percaya bahwa dengan berendam di pemandian ini dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, memulihkan kebugaran tubuh, meningkatkan vitalitas tubuh, memelihara kesegaran sendi–sendi dan otot, menghilangkan capek-capek, dan membuat awet muda. Kira-kira bikin enteng jodoh gak yah.

Untuk bisa menikmati berendam air panas dipemandian ini Wovger hanya perlu membayar tiket sebesar Rp. 10.000,-

3. Waduk Kedung Ombo, Sang Bendungan Raksasa Yang Ajib Gila.

Waduk Kedung Ombo

Foto : flickr.com

Lokasi Waduk Kedung Ombo terletak di Kecamatan Sumberlawang, sekitar 30 km dari pusat kota Sragen.

Waduk Kedung Ombo memiliki luas 6.576 hektar. Dengan luas segini, bisa dibilang bendungan raksasa ini. Waduk ini bahkan mencakup sebagian wilayah di tiga Kabupaten, yaitu; Sragen, Boyolali, dan Grobogan. Waduk yang membendung lima sungai itu terdiri dari wilayah perairan seluas 2.830 hektar dan 3.746 hektar lahan yang tidak tergenang air.

BACA JUGA : 6 Alasan kenapa orang yang sering traveling cenderung lebih sukses

Disini Wovger bisa menikmati pemandangan waduk yang begitu indah. Wovger juga bisa menikmati wisata air, menumpang perahu motor dan berkeliling waduk. Dan yang hobby memancing, harus mencoba sensasi memancing disini.

Untuk tiket masuk ke Waduk Kedung Ombo ini hanya Rp 5.000,- saja.

4. Kolam Renang Kartika, Tempat Asik Bermain Air Di Sragen.

Kolam Renang Kartika

Foto : kabarsragen.blogspot.com

Kolam renang ini terdapat di tengah Kota Sragen tepatnya di Jalan Veteran. Kolam renang kartika ini juga berdampingan dengan Stadion Sepak Bola Sragen.

Kolam renang ini sangat populer dikalangan warga Sragen. Selain terdapat kolam renang di tempat ini juga terdapat pemancingan yang terletak dekat parkiran depan.  Di Kolam Renang Kartika Sragen ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap mulai dari papan luncur bergelombang, kamar ganti, toilet, cafetaria, dan lain-lain.

Untuk bisa bermain air disini Wovger hanya perlu membayar tiket sebesar Rp. 5.000,-

5. Desa Wisata Batik Kliwonan, Sentra Wisata Batik Di Sragen.

Desa Wisata Batik Kliwonan

Foto : Solopos

Lokasi Desa Wisata ini sekitar 12 kilometer sebelah selatan pusat kota Kabupaten Sragen. Lokasi desa wisata ini ada di selatan sungai bengawan solo. Karena lokasinya yang ada dipinggir kali, banyak orang yang menyebut hasil batik dari kawasan tersebut adalah batik “GIRLI”.

Pemerintah daerah Sragen telah menetapkan kawasan sentra batik ini sebagai tempat wisata terpadu. Selain itu desa Kliwonan ini juga menjadi pusat Pengembangan, Pelatihan dan Pemasaran Batik di Sragen.

Disini Wovger selain bisa berbelanja batik, juga bisa belajar dan melihat cara pembuatan batik. Pokoknya menyenangkan.

6. Galleri Batik Sukowati dan Sentra Bisnis Batik Sragen.

galeri batik sukowati sragen

Foto : Timlo.net

Galleri Batik Sukowati dan Sentra Bisnis Batik Sragen (SBBS) terletak di pusat kota Sragen.SBBS dan Galeri Batik Sukowati merupakan pusat perbelanjaan dan sirkulasi kerajinan batik Sragen.

Disini Wovger bisa belanja batik khas Sragen sepuasnya. Dua lokasi ini merupakan gerai penjualan para pelaku bisnis di bidang industri batik. Untuk menarik pembeli dan mengembangkan pasar, di SBBS dan Galeri Batik Sukowati kerap diadakan bazaar batik dan acara yang bertema batik khas Sragen.

BACA JUGA : Daftar bangunan-bangunan kuno di Semarang yang wajib kamu kunjungi (Bagian I)

***

Inilah beberapa tempat wisata di Sragen yang bisa Wovger kunjungi. Makanya kalo wisata ke Sragen jangan cuma ke gunung Kemukus.

Kalo ada yang mau nambahin, langsung ke kolom komentar yah. Wong Sragen, Ndi Suarane.