Bosen sama kerjaan yang itu-itu aja? Cobain deh profesi-profesi aneh ini

aneh

Apa pekerjaan impianmu setelah lulus kuliah? Bekerja di perusahaan BUMN? Jadi PNS? Jadi bos di bisnis sendiri? Jadi dokter? Pengacara? Akuntan? Guru? Semua pekerjaan di atas adalah pekerjaan mainstream yang banyak dilakukan orang. Saking mainstream-nya, gaji dan sistemnya pun bisa diketahui.

Pernahkah kamu membayangkan ada profesi-profesi aneh di dunia ini yang sama sekali tidak terbersit di otakmu? Berubahnya zaman dan teknologi mendorong terjadinya perubahan gaya hidup, sehingga melahirkan beragam profesi baru. Dan aneh, tentunya.

Contoh sederhana, dulu nggak ada profesi yang namanya content writer atau social media manager atau Youtuber. Namun karena internet hadir di kehidupan kita, profesi di atas ikut hadir pula.

Ini dia daftar lengkapnya pekerjaan aneh di muka bumi yang nggak disangka-sangka tapi ternyata ada juga. Gila!

1. Pengekstrak racun ular berbisa.

foto: jeparayrc.blogspot.com

foto: jeparayrc.blogspot.com

Emangnya cuma kulit manggis aja yang bisa diekstrak? Racun ular juga bisa diekstrak. Rumah sakit membutuhkan suatu zat yang bernama antivenom sebagai salah satu bahan untuk menunjang penelitian di laboratorium.

BACA JUGA: Kamu tahu nggak sih, bagaimana HIV AIDS bisa menular? Dan kamu tahu nggak sih, cara mencegahnya?

Antivenom ini hanya bisa didapat dari ekstrak racun ular berbisa seperti ular kobra dan ular derik. Satu gram ekstrak racun ini bisa dijual hingga $1.000 atau senilai Rp13 juta!

Wah, bisa langsung dipakai buat biaya nikah itu.

2. Pengiring pengantin profesional

foto: rumahnikah.com

foto: rumahnikah.com

Setiap pengantin yang baru menikah, pasti membutuhkan pengiring. Entah itu pengiring anak-anak atau para penerima tamu yang bertugas menyambut tamu yang datang. Di Indonesia, biasanya yang menjadi pengiring berasal dari pihak keluarga terdekat.

Namun nun jauh di Amerika sana, pengiring pengantin dijadikan sebagai suatu profesi. Nama kreatornya yaitu Jen Glantz yang berinisiatif mendirikan Bridesmaid for Hire. Biaya yang harus Wovger keluarkan untuk menyewa jasa mereka yaitu $300-$2000 (Rp4-27 juta) per satu kali pernikahan.

Wah, ternyata lebih gede daripada jadi pengekstrak racun ular berbisa. Itu bisa-bisa tukang pengekstrak racun ular berbisa besok bakal resign deh. Pilih jadi pengiring di acara nikahan.

3. Pemindah gunung es

foto: plus.kapanlagi.com

foto: plus.kapanlagi.com

Bencana tenggelamnya kapal Titanic pada tanggal 15 April 1912 di Samudra Atlantik utara ternyata membawa berkah tersendiri. Dari situ, lahirlah suatu profesi yang bernama pemindah gunung es! Satu tahun setelah bencana itu terjadi yakni pada tahun 1913, US Coast Guard mendirikan International Ice Patrol (Patroli Es Internasional/IIP).

BACA JUGA: Orang-orang yang masih aja kerja, padahal lagi musim liburan

Tugas mereka adalah memberikan informasi tentang gunung es di lautan dan memberikan rute alternatif yang bisa dilalui. Jika diperlukan, gunung es akan diderek dan dipindahkan dari area asalnya. Wow! Menakjubkan ya! Derek gunung es!

4. Pengiring jenazah profesional

foto: businessinsider.com

foto: businessinsider.com

Jika tadi ada pengiring pengantin profesional, maka sekarang ada pengiring jenazah profesional. Entah apa yang ada di benak pendirinya hingga memiliki ide menciptakan profesi ini. Jadi pengen bikin bisnis serupa di Indonesia deh.

Sebuah perusahaan di Inggris, yaitu Rent A Mourner menyewakan jasa pengiring jenazah. Tugas mereka yaitu menunjukkan ekspresi kesedihan dan duka cita atas perginya almarhum/almarhumah. Biaya yang harus Wovger keluarkan untuk menyewa jasa mereka yaitu $70 per 2 jam atau sekitar Rp900 ribu.

Lebih kecil ternyata, gajinya. Cuma khawatir aja kalau besok-besok mereka tiba-tiba resign dan memilih jadi tukang pengekstrak racun ular berbisa!

5. Instruktur selancar untuk anjing

foto: nicolasjones.com

foto: nicolasjones.com

Wovger ingin anjingnya pandai berselancar dan ikut menikmati asyiknya bermain air di pantai?

Sewa saja jasa instruktur peselancar. Kalau di Indonesia belum ada, coba pergi ke Amerika. Nanti kalau anjingnya udah mahir, baru balik ke Indonesia. Biar bisa ngajarin anjing-anjing Indonesia lainnya.

BACA JUGA: Basmi menunda pekerjaan dengan 8 cara berikut ini

Nggak hanya di Amerika, bahkan di beberapa tempat di luar negeri juga sudah ada jasa yang akan mengajarkan anjing untuk berselancar.

Jadi gimana, tertarik?

6. Peraba wajah

foto: youtube.com

foto: youtube.com

Peraba wajah di sini bukanlah peraba wajah untuk facial seperti di salon-salon pada umumnya. Tugas peraba wajah adalah merasakan apakah suatu produk efektif atau tidak jika digunakan di wajah, seperti lotion, pembersih wajah, bahkan pisau cukur. Pekerjaan mereka sama seperti game tester atau parfume tester. Upah yang mereka terima yaitu sekitar $25/jam atau setara dengan Rp300 ribu.

Kayaknya harus berkali-kali nyambi jadi pengiring jenazah deh, biar cukup buat bayar kos-kosan.

7. Pemeluk profesional

foto: nydailynews.com

foto: nydailynews.com

Pemeluk profesional didekasikan untuk orang-orang kesepian yang jarang sekali mendapat pelukan. Samantha Hess, perintis profesi ini menyatakan bahwa pemeluk tidak hanya memberikan jasa pelukan saja, tapi juga berbagi perasaan emosional.

Wovger ingin mencoba jasa ini?

Siapkan uang sebanyak $80/jam atau sekitar Rp1 juta deh. Atau jadi pengiring jenazah dulu sebanyak 2 kali, baru uangnya buat nyewa tukang peluk profesional.

BACA JUGA: Pekerjaan ini seringkali membuatmu dicap sebagai pengangguran

Itulah tadi beberapa profesi aneh yang sama sekali tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Apa jadinya ya jika profesi di atas benar-benar hadir di Indonesia. Jika diberi kesempatan bekerja sebagai salah satu penyedia jasa di atas, Wovger mau pilih yang mana?