Tanpa gadget, anak 90-an tetep bisa bahagia dengan ini

main kelereng

Hey kalian anak-anak generasi sekarang, kalian merasa generasi kalian lebih menyenangkan karena digenerasi kalian punya smartphone dan game dengan grafis tingkat tinggi? Hello, jangan salah. Generasi 90an lebih asik kali. Kita hidup didunia nyata gak cuma nongkrongin gadget tiap hari.

Nih kalo gak percaya, mas Jo rangkumin kegiatan anak-anak tahun 90an yang selalu happy meski tanpa gadget.

BACA JUGA : Cuma anak-anak yang lahir tahun 90an yang ngerti jajanan-jajanan ini

1. Mandi Di Sungai

mandi di sungai

Foto : s6.photobucket.com

Kalian anak jaman sekarang bilang Water Boom ini asik, Water Boom itu asik, akh itu kurang greget, nih kita mainnya di sungai. Lebih greget. Bisa loncat-loncat dari tebing yang tinggi gitu.

Generasi 90an merasakan betul hidup dalam kebersamaan dan hidup menyatu dengan alam, bukan malah ngerusak. Alam malah jadi tempat main kita sob. Mandi disungainya tiap sore, alarm pulangnya nanti kalo udah ada emak-emak bawa sapu nyuruh pulang. Asik pokoknya lah.

2. Petak Umpet

petak umpet

Foto : yogyakarta.panduanwisata.id

Kalian pikir duduk mantengin laptop mulu itu asik, ayok keluar main petak umpet bareng generasi 90an. Saat main ini kalian bakal ngerasain berasa jadi penjahat yang harus ngumpet biar gak ketahuan polisi. Mainan ini bener-bener jadi lebih keren kalo maininnya pas malem-malem saat bulan lagi terang-terangnya. Lebih greget. Yang badannya item-item pasti susah ditemuinnya. Biasanya yang ngumpetnya didalam rumah bakalan dapet hukuman.

3. Engklek/Tapak Gunung/Sudamanda

engklek

Foto : yogyakarta.panduanwisata.id

Permainan ini asik banged dimainin pas sore hari. Disini entah cewe atau cowo bakal kumpul jadi satu. Bukannya saling ngeceng apalagi sampai galau dan dengerin lagu galau 90an, tapi buat main bareng. Kita diajak buat lompat-lompat didalam kotak yang digambar ditanah. Asik lah pokoknya.

4. Congklak

congkak

Foto : indahpradiptah.blog.upi.edu

Permainan ini emang identik sama permainan anak cewe, tapi tetep asik kalo ada cowo yang suka ikut-ikutan nimbrung. Permainan congklak padahal cuma mindah-mindahin biji dari satu lubang kelubang lain, tapi gak tau kenapa kalo mainnya bareng temen itu asik banged.

5. Bekel

bekel

Foto : dyahslib.blogspot.com

Gimana ceritanya mantul-mantulin bola bisa terasa asik banged. Tanya ajah sama cewek-cewek angkatan tahun 90an yang hobbynya main bekel. Cuma mereka yang paham sensasi menyenangkannya memantul-mantulkan bola karet sambil membolak-balik sebuah barang yang melengkung gitu.

6. Benteng’an

bentengan

Foto : YouTube

Di game ada banyak banged permainan buat saling merebut benteng, dan kalian maininnya cuma didepan layar, akh gak asik. Coba tanya anak-anak 90an yang sering banged mainan benteng’an yang saling berebut benteng yang bener-bener real. Bakalan ada dua kubu yang punya benteng masing-masing, dan saling berebut menguasai benteng.

Aturannya simple, tujuan utama permainan ini adalah untuk menyerang dan mengambil alih ‘benteng’ lawan dengan menyentuh tiang atau pilaryang telah dipilih oleh lawan dan meneriakkan kata benteng. Kemenangan juga bisa diraih dengan ‘menawan’ seluruh anggotalawan dengan menyentuh tubuh mereka.

8. Egrang

egrang

Foto : www.picturesocial.com

Anak tahun 90an mah mainannya bikin sendiri. Dari bambu ajah bisa jadi mainan asik buat kami. Egrang itu berupa tongkat yang bisa kalian naiki. Kalian bisa berjalan memakai tongkat ini dan terlihat lebih tinggi. Yang penting kalian bisa jaga keseimbangan ajah, nanti kalian bakalan bisa jalan pake tongkat ini. Asik kan.

9. Lompat Tali

lompat tali

Foto : yogyakarta.panduanwisata.id

Permainan anak cewe juga nih. Generasi 90an itu kreatif men, mereka memanfaatkan karet bekas beli gado-gado dan dibikin mainan. Bingung kan kenapa cuma dengan ngelompatin tali diputer-puter bisa segitu asiknya. Asiklah kan mainnya bareng temen. Kalian gimana? Di Sosmed punya banyak temen, didunia nyata apa kabar?

10. Pletokan

pletokan

Foto : tokopedia.com

Kalian jaman sekarang punya Game Point Blank atau Counter Strike, kita generasi 90an bisa menjadi layaknya tentara dengan Pletokan. Pletokan merupakan senapan yang dibuat dari bambu. Terdiri dari dua bambu, yaitu bambu yang berlubang (bambu kecil) untuk menaruh peluru dan penyodoknya. Pelurunya biasanya dari kertas yang dibasahi.

Dengan alat ini kami nak-anak generasi 90an bisa beracting layaknya tentara yang saling berperang. Main perang-perangan di halaman tetangga, bersembunyi dibalik semak-semak, pokoknya asik lah. Kami merasakan perang yang nyata dan peluru yang terasa dikulit kami.

11. Layangan

layangan

Foto : mantilinaervinanh.wordpress.com

Sekarang mana ada tanah lapang yang bisa buat mainan beginian. Semuanya diisi sama gedung-gedung bertingkat. Jaman anak 90an, apalagi yang ada didesa, kami tinggal nyari tempat yang lapang dan nerbangin layang-layang. Gak perlu mahal buat asik-asikan. Kalian harus beli drone yang harganya jutaan, kami bisa bikin layang-layang kami sendiri untuk bermain.

12. Tepok Gambar

gambar

Foto : www.mutiaraislam.info

Dulu anak 90an hobby banged ngoleksi gambar-gambar gitu. Abis itu buat nambah koleksinya saling beradu gitu sama temennya buat main tepokan gambar. Pokoknya mainnya sampe koleksi gambar temennya sampe bener-bener menipis.

13. Kelereng

main kelereng

Foto : idbelongs.blogspot.com

Main kelereng juga jadi andalan para cowo-cowo buat bersenang-senang. Mereka bakalan saling beradu buat mendapatkan kelereng sebanyak-banyaknya. Gak kaya cowo jaman sekarang yang saling beradu rebutan dapetin cabe-cabean.

14. Main Bola Ala Kampung

main bola kampung

Foto : chapter3d.com

Mungkin kalian sekarang punya lapangan futsal. Tapi jaman kami dulu, mana ada. Generasi 90an main bolanya yah dihalaman kampung. Gawangnya dari sendal yang ditumpuk. Gak ada babak satu dua, pokoknya main ajah terus sampe magrib. Seru lah.

BACA JUGA : Mainan cowok di era 90an yang nggak pernah terlupakan

***

Anak-anak sekarang udah terlalu dimanjakan dengan gadget. Padahal ada banyak lho permainan yang lebih nyata. Permainan yang bisa membawa kalian benar-benar merasakan hidup dan kalian juga bakalan bermain dengan teman-teman yang nyata.

Masih ada banyak banged sebenernya permainan generasi 90an. Buat generasi 90an, ayok melipir kekomen. Sebutkan permainan lain yang biasa kalian mainkan dulu. Kita tunjukan kalo generasi kita lebih asik.

BACA JUGA : Cuma generasi 90an yang merasakan keseruan ini meski tanpa gadget!