Tips jitu mengembalikan semangat setelah libur panjang

semangat

Setelah menghabiskan liburan cukup panjang, contohnya kasus kemarin — kita semua mendapat liburan combo weekend, libur natal dan tahun baru. Bikin kita nggak pingin beranjak untuk segera kerja dan berharap akan ada liburan combo atau tripel weekend lainnya.

Menghadapi kenyataan bahwa semua terasa berat karena kesibukan kerja yang kembali merundung, membuatmu sulit semangat.

Tapi jangan keburu lesu, Mbak Indah hadir melalui postingan ini untuk menyemangati kalian yang lagi malas buat beranjak kerja setelah liburan panjang.

1. Melakukan persiapan yang baik.

to do list

Persiapan bisa dimulai dari hal-hal kecil seperti tarik nafas dalam-dalam, terus buang angin… bukaaaan !! Tapi buang segala pikiran negative kemudian memastikan semua peralatan kantor lengkap dan kendaraan berkerja telah bersih. Oh ya, tidurlah yang yang cukup.

Jangan sampai dihari pertama masuk kantor terlihat lesu dan mengantuk, apalagi telat. Siapkan sehari sebelum masuk kantor. Btw, ini sudah pada masuk kantor semua ya? Atau masih ada yang libur? Ahhh lupakan …

2. Sarapan dan hindari kafein.

Sarapan sehat

Melewatkan waktu sarapan hanya akan membuatmu lebih cepat merasa lelah di siang hari (Baca : 9 Makanan penghilang lelah yang wajib kamu konsumsi). Lelah fisik, lelah hati, lelah pikiran,. lelah banget deh…. Oleh karena itu, sarapan sehat penuh energi sangat dianjurkan agar terhindar dari makan cemilan yang nggak sehat.

Untuk sarapan sehat, ada 5 Menu Sarapan Sehat dari Kak Zahrina nieh yang bisa Wovger coba.

Pastikan juga untuk menghindari kafein. Begadang dan mengkonsumsi kopi berlebihan jelas membuatmu akan gampang stress di hari pertama kerja. Tapi, sebenernya Kopi nggak buruk-buruk amat sih, karena ada beberapa macam manfaat kopi yang bisa kamu dapatkan seperti yang pernah Mbak Indah tulis pada postingan Manfaat Kopi Bagi Kesehatan.

Terus, minum apa dong mbak ??? Minum air mineral dan jus jeruk adalah pilihan yang tepat. Selain itu, konsumsi air mineral dengan madu atau perasan jeruk lemon dengan jahe, bisa membantu sirkulasi tubuh dan meningkatkan sistem imun.

3. Berjalan ke kantor dengan penuh motivasi dan postur tubuh yang tegap.

berjalan ke kantor

Ada beban yang mengganjal ketika kamu dihadapkan dengan serangkaian pekerjaan yang menumpuk. Tapi mencari motivasi adalah solusi yang baik juga. Membayangkan hal-hal yang menggembirakan seperti kenaikan gaji, bonus dan jenjang karir yang lebih tinggi dapat memicumu bangkit lagi.

Atau kalau kamu bener-bener butuh suntikan semangat, coba deh singgah sebentar buat nengok ke postingannya A’ak Mufid yang judulnya : Teruntuk kamu yang sedang merasa bahwa tujuan terlihat begitu jauh dan susah untuk dicapai.

Melangkahkan kaki dengan postur tubuh tegak bisa membuatmu lebih percaya diri, meredakan ketegangan dan berpikir lebih jernih dapat membantu memulai aktivitas kerja yang lebih produktif. Baca Juga : 8 Tips Produktif.

4. Berolahraga dan membuat lingkungan rumahmu lebih tenang.

olahraga

Kamu nggak perlu lagi untuk pergi ke tempat kebugaran atau jogging keliling komplek. Cukup olahraga sebentar di rumah merupakan pilihan yang masuk akal. Luangkan beberapa menit untuk menggerakan tubuh setelah bangun tidur dapat membantu mempompa darah, meningkatkan metabolisme serta konsentrasi.

Ehh, tahu nggak sih, kalau olahraga juga merupakan kebiasaan yang dilakukan orang-orang sukses lho – dan bukan kepoin akun Instagram mantan. Nggak percaya? Baca aja deh Ritual pagi hari orang-orang sukses sebelum sarapan.

Selain itu, jika cara ini kurang membangkitkan moodmu, kamu bisa olahraga dengan cara lain yaitu bersih-bersih rumah. Membersihkan kotoran dan sampah di sekeliling rumah. Cobalah untuk membersihkan kamar tidur dan selalu menjaga kebersihan. Pilihlah beberapa dekorasi kamar yang pas untuk membangkitkan suasana hati, entah mencat ulang tembok atau menambah furniture yang ada. Hal sederhana ini akan memungkinkan otakmu lebih mudah berkonsentrasi dalam bekerja.

Baca Juga : Tips dekorasi kamar agar lebih nyaman dan bikin betah

5. Terakhir, mulailah dengan tugas yang baru.

new task

Agar lebih bergairah dalam bekerja, pilihlah pekerjaan kantor dengan tugas atau proyek yang baru. Karena pekerjaan yang itu-itu aja akan terasa membosankan.

Anggap saja, jika kamu mulai untuk melakukan tugas baru sehabis masa liburan, kamu serasa jadi karyawan baru dengan skill yang baru juga. Hal ini  juga dapat dijadikan ajang tunjuk kemampuan pada atasan biar skill barumu itu dapat menaikkan jenjang karir lebih tinggi.

****

Intinya, lakukan hal positif agar terus meningkatkan produktivitasmu, jangan dikalahkan oleh rasa malas untuk berubah. Jika kamu masih berpikir bahwa hal-hal itu masih kurang greget coba baca “Kamu tidak akan bisa sukses, jika terus seperti ini!“, siapa tau tulisan Kak Zahrina atau tulisan Mbak Indah yang lain bisa bikin hidup kamu lebih greget.