7 Objek wisata di Blitar yang bikin hatimu bergetar!

Blitar

Berkunjung ke Jawa Timur akan membawamu ke surga-surga wisata yang indah. Selain Malang, Banyuwangi, dan Surabaya, ada lagi tempat yang harus kamu jelajahi yaitu ke Kabupaten Blitar. Kabupaten Blitar terletak di bagian paling selatan Provinsi Jawa Timur. Banyak pantai berderet-deret di sini.

BACA JUGA :

Tak hanya pantai, Blitar mempunyai objek wisata yang cukup beragam yang akan memuaskan kegiatan liburanmu. Nggak usah malu-malu, langsung intip aja tempat-tempat wisatanya di bawah ini.

1. Berziarah ke makam Presiden Indonesia yang pertama di Makam Ir. Soekarno.

makam soekarno

Foto : id.wikipedia.org

Kabupaten Blitar terkenal dengan wisata ziarahnya. Di sini, terdapat makam orang nomor 1 di Indonesia yaitu sang Bapak Proklamator. Siapa lagi kalau bukan Presiden Ir. Soekarno? Ciri khas makam ini yaitu arsitekturnya yang sangat nJawani yaitu berupa bangunan Joglo.

BACA JUGA : 7 Tempat wisata di Madiun yang pas buat liburanmu bersama keluarga

Makam Bung Karno cukup dekat dengan alun-alun Blitar. Lebih tepatnya di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanawetan, Blitar. Di komplek ini, selain makam Bung Karno, ada pula perpustakaan dan taman-taman indah yang cukup bagus dijadikan sebagai objek foto. Terakhir kali Tim Wovgo kesana, tidak dipungut biaya untuk berziarah ke sini.

2. Butuh tantangan dan pengen ngadem? Ada Arung Jeram Soko.

Arung Jeram Soko Blitar

Foto : kimwaradesa.blogspot.com

Selepas berziarah ke makam Bung Karno, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju wisata air arung jeram Soko. Lokasi arung jeram Soko berada di Desa Tegalasri, Wlingi, Blitar. Jalur sungai yang akan dilalui ada dua yaitu sungai Tiko dan sungai Lekso.

Kapasitas boat arung jeram bisa untuk 5-6 orang. Biayanya bervariasi. Biaya yang standar yaitu sekitar Rp95 ribu per orang. Jika ingin yang eksklusif, Wovger harus merogoh kocek lebih dalam yaitu sekitar Rp145 ribu per orang. Bedanya, paket eksklusif akan mendapatkan tambahan layanan rest area.

3. Puas main-main di arung jeram, yuk mlipir ke pantai. Ada Pantai Serang yang unyu banget.

Pantai Serang Blitar

Foto : www.digitalbaca.com

Bukan Serang di Banten ya. Dinamakan pantai Serang karena letaknya berada di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo. Dari kota Blitar, silakan menempuh arah barat daya, 45 km kemudian kamu akan menemukan pantai ini.

BACA JUGA : Pantai selalu menjadi primadona. Nah, buat kamu yang berwisata ke Jawa Timur, wajib banget mengunjungi 10 pantai berikut ini

Pantai Serang merupakan pantai tempat berlangsungnya Larung Saji setiap tanggal 1 Suro. Masyarakat beramai-ramai mengadakan ritual tersebut setiap tahun. Di pantai ini, terbentang hamparan pasir putih dengan ombak yang tidak begitu deras.

4. Pantai Serang sudah, yuk meluncur ke Pantai Peh Pulo.

Pantai Peh Pulo Blitar

Foto : islahagus.blogspot.com

Sudah Wovgo bilang, Blitar kaya akan pantai. Selain pantai Serang, ada lagi pantai Peh Pulo. Dinamakan ‘Pulo’ mungkin karena banyak batu karang yang menyerupai pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Letak pantai ini nggak jauh dari pantai Serang. Masih di kecamatan yang sama yakni kecamatan Panggungrejo namun berbeda desa. Nama desanya yaitu desa Sumbersih. Belum ada papan petunjuk ke pantai ini. Kamu bisa menanyakan pada warga setempat untuk lokasi detailnya. Oh iya, jalurnya agak sedikit susah. Wovger harap sedikit berhati-hati.

5. Masih dengan pantai. Ada Pantai Jolosutro juga 🙂

Pantai Jolosutro Blitar

Foto : forum.maxmanroe.com

Belum, belum selesai pantainya. Pantai lain yang harus kamu kunjungi adalah pantai Jolosutro. Pantai ini berada di desa Ringenrejo, kecamatan Wates. Jaraknya sekitar 45 km dari pusat kota Blitar. Dibanding pantai Serang, ombak di pantai ini cukup besar, ciri khas pantai selatan.

BACA JUGA : 10 Pantai di Malang ini akan membuatmu klepek-klepek

6. Puas dengan pantai, kembali lagi ke kota. Ada Pemandian Sumber Udel yang nggak jauh dari Makam Bung Karno.

Pemandian Sumber Udel Blitar

Foto : anekatempatwisata.com

Lokasi pemandian ini sangat dekat dengan alun-alun Blitar. Dari makam Bung Karno, jaraknya hanya sekitar 500 m. Alamat tepatnya berada di Jalan Kali Brantas, Bendo, Blitar. Di sini kamu bisa berenang sepuasnya. Tempatnya sangat cocok untuk rekreasi bersama keluarga.

Harga tiket masuknya cukup murah yaitu Rp7.500-Rp10.000 saja. Kamu bisa datang dari pukul 6.30-18.00 setiap hari kecuali hari Selasa karena pemandian sedang dibersihkan.

7. Istana Gebang, rumah masa kecil Presiden Soekarno.

Istana Gebang Blitar

Foto : ranselsibungsu.wordpress.com

Rumah itu kini dibuka untuk umum dan bisa dikunjungi wisatawan. Tapi nggak semuanya juga sih yang dibuka untuk umum. Komplek istana tersebut memiliki luas sebesar 1300 meter persegi dan terdapat bangunan yang berbeda dengan kegunaan yang berbeda pula. Yang dibuka untuk umum adalah 1 bangunan yang letaknya di tengah-tengah.

Bentuknya sangat klasik dan penuh dengan barang-barang antik. Alamat lengkapnya berada di Jalan Sultan Agung Nomor 69 Kabupaten Blitar. Kalau mau kesana, pas tanggal 6 Juni aja karena pada tanggal tersebut diselenggarakan haul beliau, banyak pertunjukan seni dan hiburan.

BACA JUGA : Mantan boleh kamu acuhkan. Tapi melewatkan tempat wisata di Probolinggo? Jangaaaaan

***

Wah jadi nggak sabar ya ingin berkunjung ke Blitar. Oh iya, jangan lupa mencicipi kuliner khasnya juga. Ada peyek uceng, rujak cingur, wajik kletik, dan geti. Pokoke maknyuusss …

Btw, kalau ada tempat wisata lain di Blitar, share di kolom komentar yaaa 🙂