Kembalikan mood bekerjamu setelah libur panjang

gak semangat kerja

Liburan panjang adalah dambaan semua orang. Siswa, mahasiswa, karyawan, bahkan pemilik bisnis pun menanti-nanti datangnya liburan. Di hari itu, kita bisa menyegarkan diri, mengisi ulang energi, dan meningkatkan mood. Hmmm, enak banget ya liburan. Coba kalau ada terus, pasti bosen. Kayak hubungan asmara kamu yang cuma gitu-gitu aja.

Tapi meski liburan kelamaan itu bisa membosankan, tetep aja momen yang tak dinanti-nanti adalah momen ketika liburan usai dan harus kembali beraktivitas seperti biasa. Rasanya berat banget. Padahal tadi katanya kalau libur kelamaan bakal bosan.

Yah, beginilah manusia. Ingin ini, ingin itu, banyak sekali.

“Bukannya yang gitu cuma cewek ya Kak? Terutama yang lagi PMS?”

“Hmm…”

Setelah mengisi ulang energi saat liburan, supaya hari pertamamu pasca liburan nggak berat-berat amat, ini Kak Zahrina punya tips buat kamu… kamu… kamu… yang semoga berguna:

BACA JUGA : Malas masuk kerja setelah liburan? Mungkin kamu sedang mengalami post holiday syndrome

1. Rencanakan kegiatanmu pasca liburan.

foto: blogs.dropbox.com

foto: blogs.dropbox.com

Saat liburan menjelang atau hampir tiba, kamu pasti sudah sibuk menyiapkan semua tetek bengeknya. Tempat tujuan, transportasi, baju, teman liburan, semuanya sudah kamu rencanakan hingga cukup detail.

Selain rencana liburan, kamu perlu merencanakan kegiatanmu pasca liburan. Banyak orang yang tidak menyiapkan rencana pasca liburan. Ujung-ujungnya, mereka kembali bekerja dengan perasaan lesu. Buatlah rencana yang ingin kamu lakukan ketika liburan usai. Misalnya, kembali beraktivitas dengan tepat waktu, bangun pagi di hari pertama, dll.

2. Buat daftar prioritas.

foto: sweetteaandsavinggraceblog.com

foto: sweetteaandsavinggraceblog.com

Biasanya ketika hari pertama beraktivitas setelah liburan, jiwa dan ragamu belum sepenuhnya siap. Pikiranmu pasti masih melayang-layang di tempat liburan. Akibatnya kamu sering bingung pekerjaan apa yang harus diselesaikan. Padahal, seabrek pekerjaan minggu kemarin sudah menunggu.

Supaya nggak keteteran, buatlah daftar prioritas pekerjaan mana yang harus diselesaikan lebih dulu. Siap nggak siap, pekerjaan tersebut harus segera diberesi.

3. Lakukan satu hal saja di satu waktu. Hindari multitasking.

foto: stayinnercity.com.au

foto: stayinnercity.com.au

Sifat multitasking sudah mengurat nadi bagi sebagian orang, terutama kaum hawa yang biasa melakukan banyak pekerjaan di satu waktu. Nggak ada salahnya kalau kamu multitasking supaya kerjaan cepat selesai. Namun tidak disarankan melakukannya di minggu pertama pasca liburan panjang.

Multitasking akan menyita pikiran dan cukup menguras energi. Fokus pada satu hal adalah cara terbaik yang bisa kamu tempuh. Selesaikan pekerjaan satu per satu. Jangan berpindah ke pekerjaan lain jika belum selesai.

4. Jauhkan diri dari hal-hal yang menimbulkan distraksi.

foto: klook.com

foto: klook.com

Distraksi menanti kita di setiap kesempatan bahkan tanpa disadari. Sebelum ia mengganggu aktivitasmu, sebaiknya jauhkan sebisa mungkin. Tahukah kamu bahwa distraksi bisa memakan waktu kerjamu hingga 28%? Distraksi juga menunjukkan kalau kamu tidak sepenuhnya bahagia dalam melakukan pekerjaanmu.

Jauhkan smartphone, tahan untuk tidak browsing yang tidak penting, kalau perlu, pindah ruang kerja supaya tidak diajak ngobrol teman-teman.

5. Buat rencana yang menyenangkan di satu minggu pertama.

foto: popsugar.com

foto: popsugar.com

Minggu pertama bekerja setelah liburan panjang adalah minggu yang berat. Caranya supaya nggak tambah berat, rencanakan aktivtas-aktivitas yang menyenangkan yang bisa kamu lakukan. Misalnya, nongkrong bareng temen, baca buku favoritmu, nonton film, dan mengembangkan hobi.

6. Tinggalkan pekerjaan segera setelah selesai. Lembur sama sekali tidak disarankan.

foto: simplify.com

foto: simplify.com

Mau lembur di minggu pertama bekerja? Nggak! Nggak boleh! Hanya karena kamu liburan beberapa hari tidak berarti kamu harus mengganti waktu liburan itu. Tidak perlu merasa bersalah karena pulang sesuai jam kerja dan nggak lembur di kantor. Lebih baik gunakan waktumu untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan di luar kantor.

7. Berikan waktu jeda antara liburan dan pekerjaan. Jangan langsung kembali bekerja.

foto: ellentv.com

foto: ellentv.com

Dari liburan ke bekerja membutuhkan waktu untuk transisi. Berikan jeda 1-2 hari untuk penyesuaian diri. Jangan habiskan semua hari liburmu untuk liburan ke luar daerah. Sisakan setidaknya 1 hari untuk persiapan bekerja esok hari.

8. Makan-makanan yang meningkatkan kinerja otak.

foto: glassdoor.com

foto: glassdoor.com

Lengkapi tips di atas dengan asupan gizi yang baik. Makanlah makanan yang meningkatkan kinerja otak. Salah asupan gizi bisa menurunkan produktivitas hingga 20% karena menurunnya motivasi, konsentrasi, dan mood. Sediakan buah pisang dan coklat sebagai cemilan. Hindari makanan yang menyebabkan kantuk dan jangan makan sampai kenyang saat jam kerja.

BACA JUGA : Tips jitu mengembalikan semangat setelah libur panjang

Semoga tips di atas dapat membantu meringankan ‘beban’ di minggu pertama. Maunya sih liburan terus dan nggak usah kerja. Tapi kalau liburan terus, nanti kita jadi kurang menghargai momen liburan yang ada karena udah biasa. Jadi biar imbang, harus diselingi dengan bekerja. Ya nggak Wovger?