Makanan yang kamu kira sehat tapi nyatanya nggak sehat

Mie bayam

Agar bisa bertahan hidup, manusia butuh makan. Seperti kamu yang cuma baru bisa semangat setelah stalking timeline mantan. Namun, tahukah Wovger, bahwa nggak semua makanan itu baik bagi tubuh.

“Contoh makanan yang nggak baik bagi tubuh itu seperti apa, Kak Zahrina?”

“Ya seperti makan temen, misalnya.”

Tapi dalam artikel kali ini Kak Zahrina bukan lagi mau ngebahas tentang makanan yang begitu-begitu. Tapi, makanan yang asli. Ya, makanan beneran pokoknya. Makanan yang bisa jadi menurut kamu sehat, padahal aslinya nggak. Tapi ya karena rasanya sering membuat lidah ketagihan, jadinya kita males memperhatikan informasi gizinya. Nih, Kak Zahrina kasih tahu beberapa makanan yang sebaiknya Wovger kurangi konsumsinya.

1. Keripik pisang

Keripik pisang

Foto : resepmakansedap.com

Cemilan tradisional ini banyak disajikan di mana-mana. Apalagi ketika hari raya tiba. Meskipun terbuat dari buah pisang, tidak menjamin bahwa keripik pisang sama sehatnya dengan buah pisang.

BACA JUGA : 7 Resep sarapan sehat yang bisa kamu coba sebelum beraktifitas

Buah pisang kaya akan serat, vitamin C, kalium, dan sedikit lemak dan kalori. Sedangkan untuk keripik pisang, memakan satu ons saja sudah menambah 150 kalori. Belum ditambah dengan minyak dan gula yang membuatnya semakin tidak sehat.

2. Teh hijau instan yang dikemas di dalam botol

Teh hijau instan

Foto : www.dreamstime.com

Hayo, siapa yang sering minum nih?

Teh hijau mengandung antioksidan yang tinggi dan bagus bagi tubuh. Tapi itu teh hijau yang disajikan secara alami, bukan teh hijau kemasan yang tersedia di toko-toko. Karena berdasarkan survei yang dilakukan ConsumerLab.com, ditemukan bahwa kandungan antioksidan dalam teh hijau kemasan lebih sedikit dari apa yang tertera di label.

Jadi jika Wovger minum teh ini sebagai sekedar penghilang dahaga, maka tidak apa-apa. Namun jika tujuannya untuk penyembuhan, sebaiknya rebus teh hijaumu sendiri. Iya, sendiri. Kan, jomblo.

3. Mie bayam

Mie bayam

Foto : togaboga.wordpress.com

Tren mie bayam sempat ramai beberapa waktu lalu. Mie bayam lahir sebagai variasi dari mie-mie yang sudah ada. Tujuannya agar mie yang dikonsumsi jadi lebih sehat. Namun sayangnya penambahan bayam malah menjadikannya semakin tidak sehat. Gizi di dalam bayam menjadi menurun drastis.

BACA JUGA : Manfaat daun-daunan untuk kuliner Indonesia

Jadi kalau memang Wovger pengen makan, saran Kak Zahrina, lebih baik tak usah makan mie bayam. Apalagi kalau lagi nggak punya duit. Jadi mending langsung tambahkan saja beberapa helai daun bayam ke mie rebus/mie gorengmu.

4. Sushi

Sushi

Foto : www.belmontmarket.com

Kurang sehat apalagi makanan asal Jepang yang satu ini? Ikan segar tanpa bumbu, tanpa saus, tanpa minyak, tanpa MSG, tanpa pengawet dan tanpa ada yang bisa diajak makan bareng. Pokoknya sempurna banget untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh dan kantong.

Saat mengkonsumsi sushi, tubuh bisa menjadi tidak sehat lantaran nasi yang digunakan sebagai pembungkus mengandung banyak lemak. Agar sushi yang Wovger makan lebih sehat, tambahkan salad, dan berhati-hatilah dalam memilih nasinya. Jangan pilih nasi aking, karena nggak ada.

5. Selai kacang

Selai kacang

Foto : batampos.co.id

Makan roti tawar nggak lengkap rasanya jika tidak didampingi dengan selai kacang. Kacang-kacangan sangat baik untuk kesehatan.

BACA JUGA : 9 Makanan penghilang lelah yang wajib kamu konsumsi

Suatu penelitian dari Harvard menunjukkan bahwa dengan rutin memakan satu ons kacang-kacangan, bisa menurunkan risiko kematian hingga 20%!

“Lho, Kak Zahrina, bukannya itu malah baik ya?”

“Iya sih, baik. Tapi kan, yang baik itu belum tentu setia.”

“….”

Nah, bagian kurang baiknya adalah: karena kandungan gulanya yang cukup tinggi.

6. Oatmeal instan yang berbumbu

Oatmeal instan

Foto : lifestyle.analisadaily.com

Cewek yang senang diet pasti sudah akrab dengan oatmeal. Bubur gandum ini memang sangat ampuh untuk menahan lapar dan memenuhi kebutuhan gizi tubuh, tanpa membuat kamu kegemukan. Tapi jangan senang dulu. Diam-diam makanan ini nggak sehat lho.

Usahakan memilih oatmeal instan yang tanpa rasa. Oatmeal yang ada rasanya atau berbumbu, memiliki kandungan gula dan sodium yang lebih tinggi dari yang reguler.

7. Burger vegetarian

Burger vegetarian

Foto : www.finedininglovers.com

Sekilas dari luar, burger tampak seperti makanan yang sehat. Dua irisan roti diisi dengan tomat, selada, bawang merah, keju, jamur, daging ikan ditambah dengan mayonnaise, dan saus nampaknya sehat untuk dikonsumsi. Burger tersebut memang tidak mengandung kolesterol, karena daging sapi yang digunakan diganti dengan ikan. Sayurannya pun banyak.

BACA JUGA : Beginilah cara santan membuat hidup kamu jadi lebih sehat

Namun ternyata, gizinya tak sesehat yang kita bayangkan. Pasalnya, sayur-mayur tersebut tidak disajikan dari sayuran segar, melainkan telah dibekukan beberapa hari di dalam lemari pendigin. Sayuran tersebut tentunya tidak lagi baik untuk kesehatan dong.

8. Popcorn yang dijual di bioskop

Popcorn Bioskop

Foto : pixabay.com

Pasti banyak nih yang sering makan. Yakin deh!

Sekilas, popcorn memang tampak sehat, karena bahan utamanya adalah jagung. Jagung sendiri kaya akan Natrium, Kalium, dan protein. Tapi jagung popcorn yang dijual di bioskop bisa jadi tidak sesehat jagung alami lho. Karena popcorn siap saji mengandung banyak MSG, terlalu banyak lemak jenuh, dan terlalu banyak kalori. Jika ingin memakan popcorn, mending masak sendiri aja di rumah.

“Bukannya kalo nonton di bioskop nggak boleh bawa makanan sendiri ya Kak? Nanti kalo ditahan gimana?”

“Ya jangan ditahan-tahan. Lepasin aja, biar plong dan nggak berceceran di bioskop.”

“Ini kita ngomongin apa ya Kak?” 🙁

Udah, pokoknya nurut aja. Masak popcorn sendiri di rumah. Bawa ke bioskop. Selipin di ketek biar nggak ketahuan.

***

Itulah tadi beberapa makanan yang kandungan gizinya cukup sedikit bagi tubuh dan perlu kamu kurangi konsumsinya. Jaga kesehatan yang sudah dititipkan Tuhan dengan tidak meracuninya dengan makanan-makanan di atas. Buat kesehatan kok main-main.