Tipe-tipe teman yang harus segera kamu unfriend dari Facebook

status facebook

Facebook tidak lagi sebagia situs jejaring sosial. Ia sudah menjadi media komunikasi dan informasi bagi penggunanya. Berita-berita tersiar dengan cepat dan mudahnya melalui Facebook. Namun sayangnya tidak semua penggunanya punya sifat dewasa dan bijaksana.

Mau tidak mau, kita sendiri yang harus memfilter dan membuat batasan.

Di awal tahun 2016 ini, awali tahunmu dengan menjauhkan diri dari hal-hal yang tidak bermanfaat. Salah satunya jauhkan diri dari teman-teman Facebook seperti yang dibawah ini. Heuheuheu …

1. Teman yang alay y4nG k4LaU NuLi$ $t4tu5 k4Y4k G!n!

status alay

Nggak ada alasan kamu tetap berteman dengan orang-orang seperti ini. Mungkin dia temanmu ketika di SMA dulu atau gebetan waktu kamu masih SD. Saran dari Kak Zahrina sih, sebaiknya kamu tidak mempertahankan hubungan dengannya di jejaring sosial – *CUMA DI JEJARING SOSIAL*. Bukannya apa-apa, tidak bermaksud menyulut permusuhan. Teman yang demikian biasanya membuat kamu terdistraksi. Toh meski nggak berteman di Facebook, hubunganmu dengannya masih baik-baik saja di dunia nyata. 😀

Ngemeng-ngemeng, jujur sih, status 4L4Y 53peRt1 1N1 8i5A biX1N 5AK1t M4T4.

BACA JUGA : Jangan sampai di akhir pekan yang indah ini, ‘social media’ menjadikanmu anti sosial

2. Teman yang sukanya mengeluhkan tentang apapun. Nggak panas nggak hujan semuanya dipermasalahkan.

status facebook mengeluh

“Yah kok hujan sih padahal baru aja jemur baju. Duh gimana nih jemuranku. Sebel deh sama hujan. Turunnya nggak tau waktu. Kenapa sih hujan nggak bisa ngertiin aku!”

“Yah kok panas sih, aku kan pengennya hujan. Mana sumuk banget lagi (((( sumuk )))). Huh bete deh kalau panas gini. Bawaannya males mau ngapa-ngapain.”

Catatan : Sumuk = Gerah dalam bahasa Jawa

Punya teman yang kayak gitu? Unfriend sekarang. Langsung. Nggak usah tanya-tanya lagi.

*** duhh kejem banget ya aku ***

Dia teman dekatmu dan kamu nggak enak kalo nge-unfriend? Klik aja tombol unfollow di dinding Facebook dia. So, kamu nggak bakal ngelihat status-statusnya di beranda Facebook. 😀

Males banget deh, orang kok isinya ngeluh di media sosial. (_ _”)

3. Teman yang sukanya menebar fitnah politik dan menjelek-jelekkan pemerintah.

protes

Kita semua pasti punya teman yang kayak gini. Coba, tag temen kamu yang suka kayak gini…. Kepercayaan dirinya sudah setinggi langit lalu mengkritik semua kebijakan pemerintah. Parahnya, kritikan itu disertai dengan berita yang entah benar entah salah. Beeehhhhh …

Sikap temanmu itu tentu saja baik karena ia perhatian sama politik Indonesia. Tapi sebaiknya nggak berlebihan. Kalau terus-terusan mengkritik yang baca juga jadi eneg. Dan lagi, sebagai warga negara yang baik, tugas kita adalah mendukung langkah pemerintah dan percaya pada mereka. Bukan malah bertindak sebagai musuh dalam selimut dan merongrong mereka dari dalam.

BACA JUGA : Hal-hal yang akan kamu temui di sosial media setelah coblosan

4. Stop. Berhenti stalking kehidupan mantan. Kamu dan dia sudah nggak terkait satu sama lain.

stalking mantan

Manfaatkan waktumu untuk melakukan kegiatan yang berguna daripada menghabiskan waktu kepoin setiap detail kehidupannya.

Yahhh daripada kamu tambah lemes, sakit hati, gagal move on, atau penyakit hati yang lain gara-gara sering kepoin akun sosmednya, ngeliat dia mesra-mesraan sama pasangan barunya atau bahkan sampai pajang foto nikahan dan gendong bayi … nah lho (_ _””)

Gimana? Udah di-unfriend?

5. Teman yang sering bikin kamu iri.

status facebook liburan

Kita semua pasti punya teman yang bikin kita iri. Kita iri karena dia menempuh pendidikan yang lebih baik. Kita iri karena dia sering liburan kemana-mana. Kita iri karena kehidupannya bahagia dan baik-baik saja. Kita iri karena mereka perekonomian mereka lebih mapan.

Unfriend mereka sesegera mungkin dari daftar temanmu. Tujuannya agar kamu berhenti membanding-bandingkan diri dengan orang lain. Kamu harus lebih banyak bersyukur dan lebih banyak bercermin. Kamu dan dia sama-sama baiknya. Lihatlah dirimu sendiri, banyak sekali potensi yang kamu miliki yang belum digunakan dengan maksimal.

6. Teman yang terlalu sering update status kehidupan pribadinya.

status facebook kehidupan pribadi

Adakah temanmu yang terlalu detail menceritakan kehidupan pribadinya? Mulai dari dia bangun tidur, B-A-B, makan, B-A-B lagi, sampai tidur lagi … Pasti ada. Sebaiknya kamu tinggalkan teman-teman yang demikian karena informasi yang dia berikan tidak bermanfaat dan bikin beranda Facebookmu kelihatan sepet.

7. Sepasang kekasih yang status-statusnya bikin kamu sakit mata.

status facebook orang pacaran

Ugghhhh. Nggak peka apa kalau banyak orang jomblo di sekitar mereka. Bikin status romantisnya mbok ya jangan sering-sering. Papa-mama, ayah-bunda, umi-abah. Aduh.. peka dong pekaaa. Banyak jomblo berkeliaran di sekitarmu.

Begitulah salah satu keluhan seorang teman yang teman Facebooknya sering banget bikin status dan unggah foto romantis-romantisan.

8. Teman yang bawaannya berburuk sangka terus dan menyebarkan aura negatif.

status berprasangka buruk

Otak kita butuh asupan yang positif agar bisa menghasilkan perilaku positif. Jika asupannya negatif, maka hasilnya akan menjadi negatif pula. Jangan biarkan teman-teman beraura negatif menjejali sel-sel otakmu. Biarkan mereka pergi dan tenang dalam kehidupannya sendiri.

9. Teman yang bikin kamu baper.

status baper

Pernah nggak sih merasa kesindir sama status orang lain? Biasanya yang bikin baper-baperan gini kalau nggak mantan ya gebetan atau mantan gebetan atau mantannya mantan yang suka saling sindir.

BACA JUGA : 5 Hal yang harus kamu lakukan jika merasa lelah dengan social media

Daripada kamu berlarut-larut memikirkan status yang nggak jelas ditujukan buat siapa, lebih baik unfriend aja. Pikirkan hal-hal lain yang lebih berbobot dan lebih berguna.

Gimana? Sudah siapkah menghapus sedikit jejak mereka dari kehidupan?

***

Nah, mungkin itu dia beberapa list model-model teman yang sebaiknya kamu buang dari Facebook mu atau media sosial yang lain. Ngemeng-ngemeng, ini ada beberapa list situs yang jauh lebih baik dari media sosial, ditulis sama Mbak IndahIni lhoh, website-website keren selain ‘social media’ yang bisa mengubah hidupmu!. Baca ya, semoga bermanfaat 🙂