7 Cara ampuh move on setelah batal nikah

Move on

Kalo ngomongin masalah di percintaan itu pasti gak bakal jauh-jauh dari yang namanya patah hati, diselingkuhi, gak direstui, sampe batal nikah. Iyah BATAL NIKAH, itu lebih sakit daripada sekedar DITINGGAL NIKAH sama mantan. BATAL NIKAH itu sakitnya double porsi, udah sakit pas batal dalam perencanaan pernikahan, abis itu harus merelakan dia nikah sama orang lain. Sakitnya double bro.

Banyak kasus lho tentang batal nikah ini. Jangan salah. Udah pacaran 6 tahun, udah ngerencanain pernikahan abis itu dibatalin sepihak ada juga lho. Lha wong yang udah nyebar undangan ajah terus mbatalin pernikahannya ajah ada kok. Gila yah orang-orang ini. Tapi ya gimana lagi, namanya juga membangun hubungan. Kedua pribadi harus bener-bener sudah siap membangun sesuatu bersama. Jadi tidak ada ego dari masing-masing pribadi yang ditonjolkan.

Nah buat kalian yang udah pernah ngalamin kasus kaya gitu, jangan sedih berlarut-larut. Bang Jho bakal ngasih tips buat kalian bisa segera move on.

1. Hapus Semua Kontak

delete kontak

Foto : www.imore.com

Mengakhiri hubungan memang bukan alasan untuk mengakhiri ikatan silahturahmi. Tapi kalo kalian baru ajah ngalamin kasus batal nikah, hukum ini bakalan susah buat diaplikasikan. Gak munafik lah, semua orang butuh waktu buat gak berurusan sama mantan pasangan yang udah batalin pernikahan.

Makanya hapus semua kontak, block semua akun social media, atau kalau perlu kamu nggak usah mainan sosial media untuk sementara, seperti yang dijelaskan sama Mbak Indah, karena ada banyak keuntungan ketika kamu meninggalkan social media.

Untuk sementara jaga jarak dulu. Tahan keinginan buat stalking juga. Tapi inget, tanda kalian udah move on adalah waktu kalian udah bisa menerima kenyataan dan let it go. Jadi dimasa yang akan datang jika ketemu sama mantan pasangan ini, tetep tebar senyum dan bersikaplah biasa.

Tapi menghapus semua kontak dan jaga jarak sama mantan pasangan bisa jadi cara untuk kalian bisa sejenak menenangkan diri.

2. Buang Semua Kenangan Sama Mantan

menghapus kenangan masa lalu

Semua kenangan dibuang ajah dech. Disumbangin atau kasih ketetangga gitu. Jangan sampe kalian melihat benda-benda kenangan yang mengingatkan sama hubungan kalian. Foto, hadiah dan benda-benda lain singkirin ajah.

Jangan biarkan ada benda-benda yang memancing kalian buat mikirin lagi mantan yang udah sama orang lain.

3. Minta Dukungan Dari Orang Terdekat

dukungan

Waktu kalian batal nikah, langsung datengi orang tua kalian. Jelasin tentang hal yang sedang kalian alami. Kasih pengertian ke orang tua kalian biar gak emosi. Jangan sampe ada pertarungan antara 2 keluarga juga. Sebisa mungkin kasih pengertian biar orang tua kalian ngerti.

Jelasin ke orang tua kalian dan orang-orang terdekat kalian buat gak bahas tentang pernikahan, pasangan pengganti, atau hal-hal seputar itu lah. Minta dukungan dari mereka-mereka ini untuk membantu proses move on kalian.

4. Alihkan Perhatian Kalian Dengan Menekuni Hobby

posting liburan di instagram

Buat diri kalian sesibuk mungkin. Bawa diri kalian memikirkan hal-hal lain diluar pembatalan pernikahan itu. Alasan kenapa seseorang susah move on ya karena dia selalu mikirin hal itu. Kalian habiskan saja waktu dengan menekuni hobby kalian apapun itu. Buat diri kalian bahagia dengan melakukan hal yang kalian suka.

Intinya teruslah sibuk melakukan sesuatu biar gak teru mikirin permasalahan yang kalian hadapi.

5. Jangan menutup diri, tetaplah bersosialisasi

diskusi keluarga

Pembatalan pernikahan mungkin akan membuat kalian sedikit malu untuk bertemu dengan orang-orang terdekat kalian. Tapi jangan terus menerus menutup diri karena lebih malu lagi kalau tersandung kasus korupsi haaalah…. Kalian harus tetap hidup bersosialisasi. Cobalah nongkrong diangkringan, ngobrolah dengan orang-orang baru disitu, kadang dari obrolan dengan orang-orang baru bisa membawa kalian dalam pikiran yang lebih terbuka. Yah selain itu dengan tetap hidup bersosialisasi kalian gak akan merasa kesepian, dan terus kepikiran masalah kalian.

6. Berkaryalah, Hidup Kalian harus tetap produktif

bijak

Walaupun kalian mengalami masalah yang berat, jangan jadikan itu penghalang buat kalian bisa tetap produktif. Kalian harus berusaha berdamai dengan situasi dan tetap berkarya. Kalian harus tetap produktif, kalo perlu dorong diri kalian buat semakin produktif lagi.

Kalau susah produktif, coba baca artikel dari Kak Zahrina tentang cara produktif.

7. Dekatkan diri sama Tuhan

berdoa

Harusnya hal ini kalian lakukan gak cuma pas ada masalah. Harus tiap saat. Dengan mendekatkan diri sama Tuhan kalian bisa mendapat jalan keluar dari yang empunya jalan keluar dari segala masalah. Kalian juga bisa membawa diri pada perenungan yang akan membuat kalian bisa bener-bener move on.

Jadi kalian bukan cuma bersembunyi dibalik kesibukan, tapi kalian sudah benar-benar bisa menerima kenyataan, merelakan itu semua terjadi dan kalian dengan akal sehat kalian memutuskan untuk terus melangkah maju.

***

See. Semua masalah pasti punya penyelesaian kok. Kalian yang sedang mengalami maslah kaya gini, jangan berlarut-larut sedihnya yah. Emang sih butuh wakt buat bener-bener let it go. Tapi kalian tetap harus move on walaupun bertahap.

Tetep semangat yah, mudah-mudahkan kalian bisa menemukan jodoh yang kalian impikan.