@ogeskatok : Komunitas asal Malang yang berbagi nasi kotak kepada mereka yang membutuhkan

ogeskatok

Sebagai warga Indonesia yang baik, hendaknya kita harus saling tolong menolong antar umat.

Kalimat ini dirasa cukup jelas ya, soalnya pelajaran tolong-menolong udah ada dari jaman kita SD. Beda lagi ceritanya kalau kamu suka bolos pas SD, jadinya nggak dapet pelajaran itu.

Kegiatan tolong-menolong bisa dilakukan dalam bentuk apa aja, ada yang ngasih bantuan berupa sikap. Misalnya, bantu nenek-nenek nyebrangin jalan, dorong gerobak abang bakso yang kejebur kubangan atau bantuin temen yang motornya lagi mogok. Asal ikhlas dan nggak berharap imbalan apalagi ngarep jadi gebetan.

Ada juga beberapa orang ngasih bantuan berupa uang, sumbangan baju bekas layak pakai hingga kebutuhan pokok seperti nasi kotak.

Oke, kamu belum kenalan kan sama mereka?

Kenalan dulu yuk sama komunitas asal Malang @ogeskatok

Apa itu @ogeskatok? Mereka bukan gerakan sosial biasa. Coba deh kamu lihat logonya, unyu bukan main.

ogeskatok

Logo @OgesKatok

Sekarang, banyak banget bermunculan gerakan sosial—terutama yang basic-nya dari sosial media— yang meramaikan belahan bumi Indonesia termasuk @ogeSkatoK.

Hal ini pertanda bagus, karena semakin banyak gerakan sosial semakin banyak pula manusia yang memiliki jiwa peduli antar sesama dan pastinya mereka nggak segan untuk membantu orang yang kurang beruntung dari kegiatan positifnya.

Balik lagi ke @ogeSkatoK, mereka ini merupakan komunitas asli Malang, Jawa Timur yang berhasil mencuri perhatian lewat Twitter.

Coba kamu perhatiin nama ‘@ogeSkatoK’, ucapkan dengan ejaan yang pelan. O-ges ka-tok.

Udah nemu polanya belum?

Yup, betul! @ogeskatok merupakan kebalikan dari  ‘Sego Kotak’ yang dalam bahasa Indonesia artinya Nasi Kotak.

Meskipun logo komunitas ini tergolong unik karena ada kotak kardus yang dililit celana dalam alias katok (dalam bahasa Jawa), seperti yang Mbak Indah bilang, mereka ini memiliki misi menyebar kebaikan dengan bagi-bagi nasi kotak untuk warga yang membutuhkan.

 

Kenali lebih dekat @ogeskatok — coba deh cari hashtag #ogeSkatok di Instagram dan Twitter.

Kegiatan mereka seperti apa? Tentunya nggak asal nyebarin nasi kotak aja tapi ada berkah yang ikut dibagi di setiap nasi kotaknya.

ogeskatok

Foto : @lintangjingga_malang

Kegiatan inti @ogeskatok ini adalah bagi-bagi nasi kotak secara keliling. Disebarluaskan di beberapa titik yang telah ditentukan. Aktivitas ini udah dilaksanakan kedua kalinya loh. Pertama pada tanggal 14 Desember 2015 dan kedua pada tanggal 10 Januari 2016 – dibaca : kemarin.  @ogeskatok mengupayakan kegiatan ini berlangsung secara rutin setiap 2 minggu sekali.

Target penerima nasi kotak ini merupakan para tuna wisma, pedagang yang sudah renta dan tukang becak di jalan-jalan kawasan Malang. Jika saat itu donasi berlimpah maka mereka juga nggak segan untuk menyalurkannya ke panti asuhan.

Adanya koordinasi dengan para sukarelawan yang merupakan gabungan member @ogeskatok ini, membuat nasi kotak yang tersebar jadi penuh berkah dan kebersamaan. Mereka melakukannya dengan ikhlas dengan niat membantu sesama.

Nah, bagi kamu yang punya ketertarikan ikut komunitas unyu ini, gabung aja karena nggak ada ruginya.

Keluarkan jiwa pedulimu dengan bergabung bersama @ogeskatok yuk!

ogeskatok

Foto : @lintangjingga_malang

Kamu udah tau nih, apa itu @ogeSkatoK, sejarah terbentuknya dan  kayak gimana sih kegiatannya. Udah saatnya juga kamu cari tau gimana cara join sama mereka.

Kamu tinggal klik aja Twitter dan Instagramnya di @ogeSkatoK, follow mereka dan mulai gabung sebagai sukarelawan atau volunteer setiap ada kegiatan bagi-bagi nasi kotak.

Bagi kamu yang jauh dari kota Malang dan nggak bisa jadi volunteer, nggak usah sedih, kamu juga bisa membantu mereka melalui donasi berupa uang via transfer yang nantinya akan diganti jadi nasi kotak yang siap untuk disebarkan.

Jadikan hidupmu makin berkah dengan berbagi antar sesama ya..

Seperti tagline @ogeSkatoK, berbagi suka-suka [sukarela] nasi kotak 🙂

ogeskatok

Foto : @doyoke

ogeskatok

Foto : @malangchannel

ogeskatok

Foto : @malangchannel

ogeskatok

Foto : @malangchannel

ogeskatok

Foto : @malangchannel

ogeskatok

Foto : @malangchannel

ogeskatok

Foto : @malangchannel

ogeskatok

Foto : @malangchannel

ogeskatok

Foto : @malangchannel

ogeskatok

Foto : @malangchannel

ogeskatok

Foto : @lintangjingga_malang

ogeskatok

Foto : @lintangjingga_malang

ogeskatok

Foto : @lintangjingga_malang

ogeskatok

Foto : @lintangjingga_malang

ogeskatok

Foto : @lintangjingga_malang

ogeskatok

Foto : @lintangjingga_malang

ogeskatok

Foto : @lintangjingga_malang

ogeskatok

Foto : @lintangjingga_malang

ogeskatok

Foto : @doyoke

ogeskatok

Foto : @lintangjingga_malang