10 Tips Move On dari mantan buat kamu yang terbelenggu masa lalu

move on from ex

Siapa di sini yang nggak punya mantan? Kamu?

Oke.

Berhenti.

Jangan lanjutkan membaca karena tulisan ini ditujukan khusus untuk mereka yang punya mantan, mereka yang terserang patah hati akut sampai nggak tahu gimana caranya move on.

1. Cari gandengan baru. Nggak bisa membuka hati untuk orang lain? Coba aja dulu.

foto: narasshi.wordpress.com

foto: narasshi.wordpress.com

Tips ini merupakan salah satu tips ampuh untuk melupakan sang mantan. Saat baru putus, kamu butuh seseorang untuk menjadi sandaran. Biasanya kemana-mana berdua, ada yang nanyain kabar, eh tau-tau harus sendirian. Sampai-sampai buang air pun harus sendirian.

Biar gap-nya nggak terlalu berasa, carilah pendamping baru. Meski belum cinta-cinta banget, pendamping baru ini setidaknya bisa melengkapi kesendirianmu.

2. Percantik diri dan sering-seringlah update di media sosial ‘seolah-olah’ kamu bahagia.

foto: mobitechtree.com

foto: mobitechtree.com

Saat putus, sebaiknya kamu jangan langsung memblokir semua akun jejaring sosialnya. Biarkan ia tetap seperti semula. Gunakan kesempatan itu sebagai ajang menunjukkan eksistensi diri.

Caranya gampang, unggahlah foto-foto ‘wah’ yang bikin kamu terlihat lebih keren dari biasanya. Unggah juga postingan yang menunjukkan bahwa kamu bahagia dan nggak butuh kehadirannya. Ya meskipun bahagianya bohong-bohongan sih.

Plus, jangan lupa tingkatkan perawatan diri! Jangan slebor-slebor amatlah.

3. Jauhkan diri dari barang-barang yang bisa bikin kamu inget dia.

foto: emirates247.com

foto: emirates247.com

Boneka, buku, kaos couple, sepatu, jam tangan, cincin tunangan, jauhkan semuanya. Enyahkan! Jangan sampai matamu tertumbuk pada barang-barang itu atau dia akan mengeluarkan cairan yang bernama air mata.

4. Kalau memang perlu memblokir, kenapa tidak?

foto: pexels.com

foto: pexels.com

Kalau udah nggak tahan banget dan bikin kamu terus-terusan stalking, nggak ada jalan lain selain memblokir dia dari semua jejaring sosial. Memang sih ada yang bilang cara ini kekana-kanakan banget. Tapi kan tiap orang beda-beda permasalahannya. Lanjutkan keputusanmu jika ingin menghapus jejaknya dari sosmedmu.

5. Perbanyak kegiatan yang bisa bikin kamu lupa sama mantan. Mendalami hobi misalnya.

foto: todayholiday.com

foto: todayholiday.com

6. Traveling! Kamu harus traveling!

foto: blog.tokopedia.com

foto: blog.tokopedia.com

Setelah putus sama mantan, janganlah kamu mengurung diri di kamar dan nangis seharian. Pergilah ke luar sana. Kunjungi tempat-tempat menarik dan temui orang-orang baru. Saat traveling, hatimu dan pikiranmu menjadi lebih terbuka untuk menyadari bahwa lebih banyak yang harus disyukuri daripada diratapi.

7. Hindari berinteraksi dengan teman-temannya jika mereka membuatmu semakin sedih.

foto: huffingtonpost.com

foto: huffingtonpost.com

Wajar dong jika teman-teman kalian ingin tahu kenapa kalian udah nggak lagi terlihat jalan berdua. Wajar dong kalau mereka penasaran kenapa bukan kamu yang diunggah di foto Instagramnya.

Jika Wovger nggak kuat iman menghadapi pertanyaan-pertanyaan itu, sebaiknya jauhi mereka untuk sementara. Nanti jika udah stabil, tinggal di lanjut lagi deh silaturrahminya.

8. Hindari komunikasi sama mantan! Jangan tergoda sedikitpun sama pesan singkat yang ia kirimkan.

foto: techinsider.io

foto: techinsider.io

Tulit..tulit..

1 Pesan Masuk

Mantan:

Hai kamu lagi apa? Udah makan? Kok kangen ya…

Kamu (mata membelalak) (di dalam hati):

BERANINYA KAU!!!

Nggak sedikit lho mantan yang kayak gitu. Dia yang mutusin, dia yang katanya nggak pengen komunikasi lagi, eh tau-taunya dia juga yang ngechat duluan, bilang kangen lagi! Paraaahhh!!

Kalau ada mantan yang macam begini, tebalkan hati, Wovger! Jangan termakan bujuk rayunya yang kedua kali.

9. Meski sedang stres berat, jangan sampai kamu terjerumus ke tindakan yang merugikan diri sendiri.

foto: wallpaperup.com

foto: wallpaperup.com

Duniamu masih tetap utuh meski kamu putus sama mantan. Nggak ada yang runtuh. Hanya hatimu saja sedikit berlubang. Jangan sampai lubang yang kecil ini menjerumuskanmu ke tindakan yang menyesatkan.

Narkoba? Alkhol? Pergaulan bebas? Jangan! Mendingan kamu mendekatkan diri pada Yang Maha Membolak-balikkan Hati.

10. Percayalah bahwa akan ada yang lebih baik.

foto: 7-themes.com

foto: 7-themes.com

Urusan perjodohan sudah ada garisnya masing-masing. Siapa tahu mantanmu itu memang jodohmu yang sebenarnya. Ia hanyalah orang yang sengaja dipertemukan padamu supaya kamu bisa mengambil pelajaran berharga.

Percayalah, pangeranmu ada di masa depan. Bukan di masa lalu.

Cup..cup.. Udah ya jangan sedih lagi. Praktekkin tips-tips di atas deh, biar kamu nggak terus-terusan keinget sama si doi. Ambil hikmahnya. Dengan patah hati, kamu akan belajar banyak hal dan pasti diganti dengan yang lebih baik asalkan mau cari lagi.