5 Cara agar hari-harimu makin produktif

produktivitas

Kreatif dan terus produktif. Kerja keras pantang mundur.

Anak muda jaman sekarang, harus bisa berprinsip seperti itu agar masa depannya makin berkembang. Namun, nggak sedikit juga loh di antara mereka yang bingung untuk memulai gimana caranya atur waktu dalam rutinitas kerja. Ada juga yang masih mikir enaknya melakukan kegiatan apa ya supaya bisa dibilang produktif.

Sebenarnya, ada beberapa cara untuk meningkatkan produktivitasmu agar waktu yang kamu gunakan nggak terbuang sia-sia untuk bengong. Mbak Indah punya 5 solusi nih biar kamu aktif, kreatif dan produktif.

Lanjut bacanya ya…

1. Desain harimu dengan agenda yang unik.

Merencanakan kegiatan hari demi hari adalah hal yang penting agar kamu nggak merasa tertinggal. Produktif itu bukan berarti harus up to date soal isu-isu terkini aja loh. Sebelum mencapai itu, biasakan dulu hidup rutin. Atur pola hidupmu dari bangun pagi hingga tidur lagi, begitu juga keesokan harinya.

Jika hal ini dirasa membosankan, jangan segan-segan untuk merubah konsep kerjamu lebih unik. Misalnya membuat desain buku harian lucu kemudian masukkan beberapa kegiatan unik setiap harinya seperti, nonton bioskop sendirian di hari Selasa, ketika semua orang lagi jogging di taman, kamu malah asik duduk sambil nyeduh kopi.

Pola ini akan terlihat di akhir pekan, kamu nggak ngerasa udah checklist semua kegiatan yang menurutmu susah dilakukan tapi akhirnya kelar juga. Ada rasa puas loh ketika lihat kerjaan beres dengan waktu yang sistematis plus kamu bisa ketawa-ketiwi sendiri lihat agenda unikmu dalam seminggu.

BACA JUGA : Ikuti tips berikut ini, ganti motto hidup kamu dengan sebutan ‘Ayo Produktif !’

2. Membangun rutinitas sesuai catatan dan jangan lupa untuk mengevaluasi.

Intinya sih sama aja kayak poin di atas, tapi Mbak Indah mau ngasih tau bedanya. Setelah kamu mendesain rencana harianmu, jangan lupa untuk selalu tepat waktu atau sesuai catatan yang kamu bikin.

Ini emang terdengar textbook , hidupmu berdasarkan rencana, tapi nggak ada salahnya? Toh, rencana itu kamu sendiri yang bangun. Tanpa rencana hidup juga nggak ada pegangan, bukan?

Oke, jika sudah ada dalam catatan, lakukan sedetail mungkin layaknya orang perfeksionis. Usahakan tepat waktu. Contoh bangun jam 5, maka kamu harus bangun tepat jam 5. Jangan biarkan jari-jarimu menggeser tombol snooze. Pokoknya jangannn !!!

Mungkin susah di awal tapi kamu harus memaksa untuk membiasakan hal baik dari sekarang. Kemudian jangan buang waktu, setelah terbangun lihat agenda berikutnya dan lakukan sesuai waktunya. Oh ya, jangan lupa juga untuk mengevaluasi setiap kegiatanmu yang udah sukses dan belum sukses. Ini akan membuatmu merencanakan agenda ulang agar lebih optimal.

Gila, Mbak Indah hidupnya sedetail itu ya?

Ya enggak, detail acara lamaran aja masih ngambang *terus mengembik* :'(

3. Jangan lupa belajar untuk memprioritaskan hal terpenting untuk dikerjakan.

to do list

Poin ini nggak usah dijelasin, kamu udah pada gede, ngerti dong kalau nikah itu penting! Jangan dinomor duain! Yah..baper.

Intinya tulislah kegiatan penting di awal yang berdampak pada sebagian besar hidupmu.

Contoh :

  • 05.00 Bangun pagi
  • 05.10 Jogging
  • 05.30 Istirahat
  • 06.00 Mandi
  • 06.10 Tidur lagi
  • 07.30 Bangun + persiapan berangkat kerja
  • …..

Pak, plis…bener banget sih, udah bikin agenda atau to-do-list tapi nggak gitu-gitu amat. Itu namanya buang waktu pak. Tidur lagi itu nggak berdampak penting bagi sebagian besar hidupmu, lebih baik kamu ganti kegiatan tidur lagi dengan beres-beres kamar atau mempersiapkan dokumen-dokumen pekerjaan. Nah itu lebih prioritas.

Ohiya, kalau kamu males menulis to-do-list, ada juga lho tips dari Kak ZahrinaKamu bisa tetep produktif meski tanpa to do list, coba deh di baca, itu juga nggak kalah manfaatnya buat bikin harimu jadi produktif. Lanjut ke poin selanjutnya.

4. Mengambil istirahat akan meningkatkan produktivitas.

Percaya atau nggak, mengambil istirahat bila diperlukan, benar-benar akan meningkatkan produktivitasmu.

Beberapa orang melakukan aktivitas istirahat di sela-sela pekerjaan yang menumpuk dengan berbagai cara, ada yang menggunakan sistem 14.90 alias 14 menit kerja, 90 detik istirahat. Adapula yang minum secangkir teh hangat atau mendengarkan musik supaya lebih rileks.

Nah, kalau misal istirahat saja kamu masih merasa kurang, mungkin kamu bener-bener lelah. Biar tambah greget membuang lelahmu, coba deh 9 Makanan penghilang lelah.

5. Pastikan pikiranmu itu sedang waras-warasnya.

Pikiran waras ini bisa dilihat dari seimbang atau nggaknya gaya hidup dan pola makanmu. Apa kamu suka olahraga atau nggak? Makan-makanan bergizi atau suka jajan cilok? Atau Makanan yang kamu kira sehat tapi nyatanya nggak sehat ? Itu ngaruh banget sama optimalisasi dan produktivitas kerja. Karena hal ini berhubungan sama energi yang akan kamu keluarkan ketika beraktivitas.

***

Nah itu dia beberapa tips dari Mbak Indah tentang produktivitas, semoga bermanfaat ya. Kalau kamu punya tips lainnya, silakan share di kolom komentar 🙂