7 Pelajaran hidup yang bisa kamu petik dari game Clash of Clans

clash of clans

Kali ini Mbak Indah pingin bahas soal permainan COC alias Clash of Clans yang memang sudah lama hits abis dikalangan pengguna smartphone.

Di game RPG ini kamu harus membangun sebuah desa dan memperkuat pasukan agar menang melawan musuh. Musuhmu itu adalah orang lain yang juga membentuk strategi desanya sendiri. Akhirnya mereka harus duel dengan cara berperang.

Dilihat dari kacamata orang awam yang nggak suka sama COC pasti sebel bukan main. Pasalnya, itu berpengaruh buruk bagi penggunanya. Gimana nggak buruk, demi COC mereka jadi boros kuota internet, senyum-senyum sendiri sambil teriak ‘PERAANG!!’.

Bahkan yang lebih parah mencuat berita negatif dampak permainan ini. Ditemukan karyawan yang tega membunuh bosnya gara-gara ditegur main COC. Ada pula polisi yang nyuekin pelapor karena keasikan main game. Ini mah kelewatan!

Mereka udah nagih sama permainan yang satu ini. Tapi jangan menelan mentah-mentah pemberitaan negatif tersebut, semua pasti ada pelajarannya. Baik main game macam COC pun, pasti ada hikmah yang bisa dipetik untuk kehidupan.

Kok bisa?

Ya bisalah, nggak percaya? Simak nih pelajaran yang bisa kamu ambil dari game COC.

1. Belajar untuk rela berkorban.

wallbreaker

Sebenernya, Mbak Indah sih gagal paham sama permainan ini tapi karena banyak yang request untuk menulis artikel tentang COC ini, akhirnya mbak Indah harus mau nggak mau mempelajarinya demi kalian. Nah itu namanya rela berkorban.

Sama halnya dengan game ini, kamu yang paham, pasti tau yang namanya wallbreaker. Dia ini tugasnya menghancurkan dinding pertahanan lawan. Dia akan meledakkan dirinya sendiri demi keselamatan umat.

Pelajaran yang bisa diambil adalah jiwa rela berkorban. Meskipun ini mirip aksi teroris tapi kamu nggak harus meledakkan diri pake bom. Kamu bisa mengalihkan jiwa rela berkorbanmu demi hal yang lain. Misalnya rela berkorban banting tulang demi istrimu atau orang tuamu. Atau rela berkorban ngasih pacarmu, demi temanmu yang suka sama pacarmu,.. *dikeplak ..

BACA JUGA : 10 Game keren yang akan rilis tahun 2016 ini!

2. Nggak selamanya wanita itu ditakdirkan lemah, nyatanya di COC Valkyrie digambarkan strong.

Valkyrie coc

Valkyrie merupakan cewek tangguh yang suka bawa kapak mirip mafia berbahaya. Dia mengajarkan kita semua tentang arti ketangguhan seorang wanita. Nggak selamanya men wanita itu ditakdirkan lemah, adanya istilah emansipasi wanita membuat mereka kian sukses melawan tekanan hidup. Kekuatannya udah hampir setara dengan cowok.

3. Belajarlah bersabar dan menghargai waktu.

upgrade troops

Dalam game COC ada yang namanya sistem membangun/upgrade troop/bangunan/spell yang membutuhkan waktu. Semakin besar level bangunanmu semakin lama juga waktu tunggunya.

Kecuali kalau kamu orang yang berduit dan bisa beli gem buat ‘finish now’. Tapi menurut Mbak Indah kecurangan seperti itu sama aja mencerminkan sikap orang yang nggak sabaran dan COC mengajarkan kita apa itu arti sabar dan menghargai waktu yang bisa diaplikasikan di dunia nyata.

4. Teamwork dan sosialisasi.

Clan COC

Dalam game ini kamu akan diberi fitur clan. Kamu bisa saling perang dan saling kerja sama. Tapi nggak sedikit juga orang yang ribut karena kalah perang. Men, ini cuma dunia game. Dalam clan, kita dituntut untuk saling kenal antar anggota agar jaringan meluas.

Yang harus kamu tau adalah manusia itu makhluk sosial, nggak bisa hidup sendiri, harus mengenal satu sama lain dan membangun kerja sama agar tetap survive. Kalau ada musibah siapa coba yang akan datang duluan? Ya pasti tetangga kan?

5. Dengan bermain game, kamu dididik jadi dermawan.

gem coc

Fitur unyu dalam COC ada yang namanya donate yaitu fitur di mana kamu bisa menyumbang troops atau spell. Dan dalam hitungan tertentu kamu bisa mendapat imbalan berupa gem. Misalnya aja kamu mendonasikan 25.000 maka kamu juga akan dapat imbalan gem 250.

Kalau dipalikasikan ke dunia nyata, itu sama halnya dengan sedekah. Semakin banyak yang kamu sedekahkan, semakin banyak pula imbalan yang bisa kamu terima berupa pahala di akhirat atau rejeki dalam bentuk lain. Mengajarkan kita untuk lebih dermawan bukan?

6. Dituntut untuk kerja keras supaya jadi yang terbaik.

loot coc

Bukan perkara mudah memainkan COC, pasti para pemainnya juga merasakan susahnya mencari loot. Loot ini ibaratnya mata uang. Membangun atau upgrade butuh loot . Nah, di COC ini kamu jadi dapet pelajarn betapa susahnya cari uang, udah capek-capek ngumpulin eh malah dirampok. Kan kamvret :p

Di dunia nyata juga begitu, kamu harus kerja keras untuk mengumpulkan pundi-pundi uang kesuksesanmu apalagi jaman sekarang cari kerja makin susah. Hadehh…ampun dah, nikahkan aku sekarang!

7. Belajar menjadi pribadi yang bertanggung jawab terhadap sesuatu.

village coc

Di COC kamu punya desa, so kamu dituntut untuk bertanggung jawab atas berdirinya desa itu. Ibaratnya kamu adalah pemimpin desa setempat. Jadi, kalau ada hancur-hancurnya kamu yang tanggung semuanya.

Sama dengan dunia nyata, kamu punya beban hidup yang harus dipertanggung jawabkan. Segala pilihan yang kamu tentukan sekarang adalah tanggung jawabmu. Kamu sedang kuliah, kamu juga harus berani bertanggung jawab untuk menyelesaikannya. Kamu pengangguran, maka segeralah cari kerja. Jangan menunda-nunda pekerjaan karena itu ciri orang yagn menghindari tanggung jawab.