Belajarlah tentang kehidupan dari mereka yang bijaksana, Spongebob misalnya.

spongebob

Siapa yang nggak cinta sama Spongebob?

Makhluk kuning kotak yang satu ini berhasil memikat hati jutaan pemirsa dengan karakternya yang unik. Spongebob, Patrick, Squidward, dan teman-teman lainnya tidak pernah absen di televisi untuk menghibur banyak orang.

Meski dikemas dalam bentuk kartun, tayangan televisi karya Stephen Hillenburg ini sarat akan makna kehidupan. Serial ini memiliki rating tertinggi di Nickelodeon dan yang paling banyak didistribusikan dari MTV Networks. Dari satu tokoh saja kita sudah bisa mengambil banyak pelajaran lho. Apalagi kalau ditambah tokoh-tokoh lainnya.

Tapi, yuk kita belajar kebijaksanaan dari tokoh Spongebob dulu.

1. Spongebob nggak pernah lari dari masalah. Ia selalu menghadapinya seperti gentleman sejati.

foto: spongebob.wikia.com

foto: spongebob.wikia.com

Spongebob tidak pernah lari dari kesalahan. Ia bertanggungjawab penuh atas perbuatannya. Di episode Squidward the Unfriendly Ghost, saat patung lilin Squidward meleleh yang disangkanya Squidward asli, Spongebob tidak lari dan bersembunyi di rumah nanasnya.

BACA JUGA: Jika kamu mengalami masalah dalam belajar, cobalah metode-metode sederhana berikut ini

Justru ia dan Patrick bersedia melayani semua permintaan hantu Squidward. Gentle banget ya!

2. Spongebob punya kemauan yang tinggi untuk belajar. Ia tidak pernah menyerah meski sering gagal.

foto: tilulas.com

foto: tilulas.com

Kegagalan Spongebob dalam menjalani ujian SIM sudah bukan rahasia lagi di Bikini Bottom. Semua warga tahu bahwa dia adalah pengemudi yang payah. Usahanya untuk mendapatkan SIM patut diacungi jempol. Akhrinya dalam season dua di episode No Free Rides, Spongebob berhasil mendapat SIM dari Nyonya Puff.

Dari hal tersebut, kita bisa memetik pelajaran bahwa Spongebob punya semangat belajar yang tinggi. Tak hanya belajar untuk menjalani ujian SIM, tapi juga belajar bermain alat musik seperti pada gambar di atas.

3. Spongebob tulus banget ketika berteman. Ia tidak peduli apa yang dilakukan oleh teman-teman kepadanya, yang penting sang teman bisa bahagia karenanya.

foto: theodysseyonline.com

foto: theodysseyonline.com

Squidward, gurita yang satu ini selalu mengejek tindakan Spongebob. Karakternya yang sinis, pemarah, dan temperamental bukanlah karakter yang ideal untuk dijadikan teman.

BACA JUGA: Ini bukan modus balikan! Tapi cara paling pas untuk membuat mantan jadi teman

Meski demikian, Spongebob tetap berlaku tulus demi ‘sahabatnya’ itu. Siapa lagi yang menyelamatkan Squidward dari Squilliam saat ia diejek karena tidak punya band dan diejek karena bekerja hanya sebagai kasir restoran?

Spongebob dong!

4. Spongebob selalu dalam keadaan siap.

foto: comicvine.com

foto: comicvine.com

“Aku siap. Aku siap. Aku siap. Aku siap. Aku siap.”

Tak ada yang lebih siap dari Spongebob. Bisa banget buat dijadikan contoh tuh. Wovger juga bisa jadi pribadi yang siap dalam keadaan apapun, kan? Nggak cuma saat upacara doang, siapnya!

5. Spongebob membuktikan bahwa sumber kebahagiaan itu letaknya pada diri sendiri, bukan pada materi ataupun fisik.

foto: gambarcantik.blogspot.com

foto: gambarcantik.blogspot.com

Spongebob berhasil membuktikan kalau makhluk kuning kotak, tidak tampan, tidak kaya, tidak cerdas, tidak populer, juga berhak bahagia. Alih-alih menggantungkan pada pengakuan orang lain, ia menciptakan kebahagiaan dari dirinya sendiri.

BACA JUGA: 20 Tips sederhana agar hidupmu lebih bahagia

Pernah sih ia harus berpura-pura menjadi orang lain ketika ada ajang perlombaan otot di Bikini Bottom dan harus bersaing dengan Larry. Namun dari situ ia sadar bahwa kepura-puraan ternyata membuatnya berubah menjadi orang lain, dan menjauhkannya dari kebahagiaan.

6. Spongebob sangat mencintai pekerjaannya. Ia selalu melakukan pekerjaannya dengan sepenuh hati.

foto: fanpop.com

foto: fanpop.com

Meski hanya bekerja sebagai seorang koki di Krusty Krab, Spongebob menjalaninya dengan senang. Ia tidak mengeluh karena setiap hari harus berangkat kerja dan bertemu rekan kerjanya yang sinis, Squidward. ia juga berusaha memenuhi apapun perintah Tuan Krab.

Lebih dari itu, Spongebob mempunyai hati yang bersih. Ia tidak berusaha resign dan mencari pekerjaan lain ataupun mendirikan restoran tandingan Krusty Krab. Lalu membuka franchise, dan seterusnya. Malahan, ia sangat loyal dalam menjaga Krusty Krab dari serangan Plankton yang berambisi mencuri resep rahasia krabby patty.

7. Spongebob tidak mendengarkan cercaan negatif dari orang di sekitarnya.

foto: wallpaperel.com

foto: wallpaperel.com

Bagaimana tanggapan Squidward saat ia diajak berburu ubur-ubur di Taman Ubur-Ubur?

Squidward menolak dan mengejek kalau tindakan itu hanya dilakukan anak kecil. Sedangkan ia, orang dewasa, dan tidak akan melakukannya.

BACA JUGA: Ketika pikiran banyak dirasuki hal-hal negatif, sudah saatnya kamu rutin melatih kebiasaan ini agar menjadi pribadi yang positif

Tanggapan Spongebob justru di luar dugaan. Ia berhasil membujuk Squidward untuk ikut serta bersamanya.

Kalau Wovger yang diejek begitu, kira-kira bakal sakit hati nggak?

8. I-M-A-J-I-N-A-S-I adalah salah satu kunci menuju kebahagiaan.

imajinasi spongebob

Foto : kaskushootthreads.blogspot.jp

Wovger masih ingat dengan salah satu episode Spongebob yang berjudul Idiot Box?

Spongebob dan Patrick menghabiskan waktu seharian bermain di dalam sebuah kardus, sedangkan Squidward menolak untuk ikut main. Dari luar ia mendengar suara-suara seperti orang balap mobil, padahal di dalam tidak apa-apa. Suara itu tak lain ialah suara yang lahir dari imajinasi Spongebob dan Patrick.

Di dalam kardus yang sempit, mereka berhasil mengubahnya menjadi benda yang menarik, yakni melalui imajinasi yang diciptakan.

9. Hidup menjomblo tanpa pasangan? Spongebob santai-santai aja tuh.

foto: fanpop.com

foto: fanpop.com

Spongebob hanya tinggal dengan sebuah siput piaraannya yang bernama Gary. Dia nggak punya kekasih atau bahkan gebetan. Hubungannya dengan Sandy hanya sebatas teman biasa. Kakak-Adekan, lah. Walaupun demikian, ia masih bisa hidup bahagia cukup ditemani dengan Patrick yang setia mendampinginya.

BACA JUGA: Nasihat untuk para pria dan wanita single di luar sana. Bersabarlah, Tuhan sedang menyiapkan suratan takdir yang baik untukmu.

Pelajaran hidup bisa diambil di mana saja. Bahkan dari figure kartun seperti Spongebob. Jadilah Spongebob, jadilah sederhana, jadilah apa adanya.