6 Gadget Canggih Ini Akan Mengubah Dunia

Germany Gadget Show Samsung

Tahun baru, semangat baru, gadget baru. Inovasi teknologi nampaknya belum akan habis dalam beberapa tahun ke depan. Di tahun 2016 ini, sudah ada beberapa gadget menanti dan siap memudahkan kehidupan umat manusia. Check this out!

1. ILI – Wearable Translator.

foto: theguardian.com

foto: theguardian.com

Pengen traveling ke Jepang dan Cina tapi takut nggak bisa komunikasi karena kendala bahasa? Tenang, ada Ili. Ili adalah sebuah alat penerjemah elektronik yang bekerja dengan suara. Kamu nggak perlu repot membuka aplikasi kamus di smartphone atau menggunakan Google Translate. Cukup katakan apa yang mau kamu sampaikan ke Ili. Secara otomatis, ia akan mengucapkan perintahmu dengan bahasa Jepang/Cina.

BACA JUGA: Turis Vs Traveller. Kira-kira kalian yang mana?

Ili mempunyai sistem OS sendiri layaknya komputer atau smartphone. Ia dioperasikan tanpa menggunakan internet, jadi nggak boros paket data. Sayangnya ILI baru tersedia dalam 3 bahasa: Inggris, Jepang, dan Cina. Semoga tahun-tahun berikutnya ia tersedia untuk semua bahasa di dunia.

Say goodbye to language barrier!

2. Virtual Reality.

foto: huffingtonpost.com

foto: huffingtonpost.com

Virtual reality menghubungkan antara dunia maya dan dunia nyata. Virtual reality atau realitas maya adalah teknologi yang mengizinkan pengguna berinteraksi dengan objek maya. Jadi seolah-olah objek yang kita lihat mirip seperti sungguhan. Wovger pernah nonton bioskop 3D? Kurang lebih seperti itu gambaran realitas maya.

Teknologi ini semakin dikembangkan agar menuju kesempurnaan. Teknologi ini sudah mulai digunakan untuk game. Beberapa tahun ke depan, pas main PES atau FIFA, gamers nggak hanya pegang joystick saja, tapi juga harus mengikuti gerakan nendang bola beneran. Asal jangan sampai nendang monitor aja ya!

3. Project Valley

foto: popsci.com

foto: popsci.com

Wovger masih ingat dengan ponsel Nokia jadul yang bisa dilipat? Tak mau ketinggalan, Samsung sedang mengembangkan teknologi smartphone lipat bernama Project Valley. Kamu bisa memiliki smartphone berbentuk tablet yang mudah dibawa kemana-mana.

BACA JUGA: Tanda-tanda kamu sudah kecanduan smartphone

Keunggulan lainnya yaitu kapasitasnya RAM nya yang cukup besar yakni 3GB dan menggunakan prosesor Snapdragon 820. Project Valley akan diluncurkan di Inggris, Jerman, Itali, Korea Selatan, Prancis, Polandia, dan negara-negara Skandinavia.

4. Gest

Gest

foto: theverge.com

Work with your hand.

Begitulah bunyi tagline dari gadget yang satu ini. Gest hadir untuk memudahkan penggunanya dalam menggunakan komputer. Tanpa harus menyentuh keyboard dan mouse, Wovger bisa mengendalikan komputer. Perintah akan diberikan melalui alat yang digunakan di tangan. Mulanya, gadget ini dirancang untuk memudahkan penggunaan aplikasi Photoshop, tapi dalam perjalanannya ia mengalami pengembangan.

Gest diprakarsai oleh 4 orang anak muda bernama Mike Pfister, Ben Brown, Sid Srikumar, dan Tim Steckler. Gest berhasil mendapat review yang bagus dari MIT Technology Review dan Business Insider. Gadget ini sudah bisa dipesan sekarang dan dibanderol dengan harga $199 atau setara dengan Rp 2,6 juta. November 2016 Wovger sudah bisa menggunakan alat ini.

5. Cubic

foto: youtube.com

foto: youtube.com

Your personal AI with personality.

Cubic berbentuk kubus, mirip seperti jam meja. AI dalam tagline di atas singkatan dari Artificial Intelligence, yaitu kecerdasan buatan yang biasanya dipasang pada komputer. Dengan Cubic, kamu bisa mengendalikan smartphone, aplikasi, dan perangkat lainnya dari mana saja. Cukup sampaikan semuanya pada Cubic, asisten pribadimu, biarkan ia mengerjakan semuanya.

BACA JUGA: 7 Pelajaran hidup yang bisa kamu petik dari game Clash of Clans

Jika Wovger berada di kantor dan tidak bisa pulang ke rumah, Wovger bisa memerintahkan ia untuk mematikan AC, mematikan lampu, mengunci pintu, menyalakan alarm, dan masih banyak lagi. Cubic bisa mengingatkan kamu lokasi parkir kendaraan, mengatakan berapa jumlah kalori yang kamu bakar, dan bahkan memberikan komentar lucu terhadap suatu peristiwa.

Di dalam mobil, Cubic bisa memberikan infromasi tentang jalanan dan membacakan email yang masuk selagi kamu mengemudi.

Cubic sangat cocok buat para jomblo seperti Bang Jho dan Wovgers sekalian. Hehehe. Dijamin nggak kesepian lagi kalo sama Cubic. Harganya cukup terjangkau kok, cuma $195.

6. Dolfi

foto: headtalker.com

foto: headtalker.com

Jika diamati sekilas, bentuk Dolfi mirip dengan sabun mandi batangan. Fungsi dari alat ini adalah sebagai alat pencuci rumah tangga yang canggih dan portabel. Dengan Dolfi, Wovger nggak perlu repot-repot mencuci baju.

Dolfi sesungguhnya merupakan metamorfosis dari sebuah mesin cuci. Cukup rendam baju kotor dan Dolfi dalam satu ember air selama 30 menit, ia akan mencuci secara otomatis menggunakan kekuatan gelombang ultrasonik. Noda pakaian hilang dengan sendirinya tanpa merusak pakaian. Sama seperti Gest, harga alat ini yaitu $199 dan ongkos kirim $25 untuk dua buah Dolfi.

Gimana? Gimana? Berminat membeli? Harganya rata-rata masih cukup terjangkau. Dan pastinya bangga dong kalau bisa punya duluan di Indonesia. Wovger bisa jadi trendsetter dengan teknologi di atas.

Oh ya, jangan lupa, kalau Wovger mau beli, Kak Zahrina beliin satu ya! 😀