Jangan ke Maluku! 8 Destinasi ini akan membuatmu nggak mau pulang

Maluku

Maluku dengan bahasa Internasionalnya dikenal dengan Moluccas atau Molukken merupakan sebuah profinsi berbentuk kepulauan yang ada di Indonesia. Maluku ternyata memili sejarah yang cukup panjang. Bahkan ada sebuah catatan tablet tanah liat yang ditemukan di Persia, Mesopotamia, dan Mesir yang menyebutkan adanya negeri dari timur yang sangat kaya, merupakan tanah surga, dengan hasil alam berupa cengkeh, emas dan mutiara, dimana negeri ini tak lain dan tak bukan adalah Maluku. Bahkan bangsa Cina di abad ke-7 menyebut daratan ini sebagai sebuah oasis di tengah lautan.

Dunia sudah mengakui bahwa Maluku memiliki pesona keindahan alam yang luarbiasa. Nah pada kesempatan kali ini Bang Jho bakal mengulas sedikit tetang wisata yang ada di Maluku. Siapin rantang buat nampung air liur, siapa tau kalian ngeces liatnya.

1. Banda Naira Atau Pulau Banda, Maluku Tengah

banda naira maluku

Foto : www.pesonaindo.com

Banda Naira atau Kepulauan Banda merupakan bagian dari kepualauan Maluku dan berada di Maluku tengah. Tempat ini merupakan spot wisata idaman buat para pecinta wisata bawah laut. Ada sebuah taman laut bernama Taman Laut Banda yang terletak di antara Pulau Neira, Pulau Gunung Api, Pulau Ai, Pulau Sjahrir.

Untuk bisa mencapai lokasi ini, kalian bisa menumpang kapal feri selama satu malam dari Kota Ambon. Ditaman laut ini kalian akan dimanjakan dengan sekitar 350 spesies biota laut, termasuk beberapa jenis terumbu karang purba yang keberadaannya terancam punah. Benar-benar indah.

banda naira maluku

Foto : www.ku2h.com

Selain menikmati kegiatan menyelam, kalian juga bisa melihat ikan paus dan lumba-lumba dari atas perahu. Buat kalian yang hobby memancing, kalian juga bisa mencoba memancing ikan tuna dan cakalang dengan bantuan dari para nelayan setempat. Oia perlu kalian ketahui disini juga merupakan tempat pembuangan Mohammad Hatta, Sutan Syahrir, dan Dr Cipto Mangunkusumo dijaman kolonial Belanda. Nah kalian bisa menjejaki kembali sejarah mereka dirumah-rumah yang pernah mereka tinggali. Selain itu ada juga Benteng Belgica yang masih berdiri kokoh.

BACA JUGA : 7 Tempat wisata di Madiun yang pas buat liburanmu bersama keluarga

Ada beberapa fasilitas bagi turis yang tersedia di Pulau Banda, yaitu guest house, rumah makan dengan menu tradisional dan toko suvenir.

2. Pantai Liang, Maluku tengah

Pantai Liang Maluku

Foto : pasirpantai.com

Pantai Hunimua atau lebih dikenal dengan nama Pantai Liang terletak di Desa Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Pantai ini pernah dinobatkan oleh UNDP-PBB sebagai pantai terindah di Indonesia pada tahun 1990. Pantai ini sangat khas dengan dermaga panjang yang membujur diatas laut berwarna biru jernih.

Untuk bisa masuk Pantai Liang, kalian harus membayar 15.000 Rupiah.

3. Pantai Natsepa, Maluku tengah

pantai natsepa ambon

Foto : adeulfah.com

Pantai ini berada di Desa Suli, Salahutu, Maluku Tengah. Pantai yang terletak sekitar 18 KM dari pusat Kota Ambon tersebut sering menjadi pilihan warga Kota yang ingin menikmati liburan.

BACA JUGA : 6 Alasan kenapa orang yang sering traveling cenderung lebih sukses

Pantai Natsepa ini memiliki ciri khas pantai Maluku kebanyakan dengan air laut yang jernih dan pasir putih bersih. Jika berkunjung kesini, jangan lupa membeli rujak Suli yang merupakan kuliner khas disini.

4. Pantai Pintu Kota, Kota Ambon

pantai pintu kota ambon

Foto : travelmatekamu.com

Pantai ini menjadi ikon wisata di kota Ambon. Pantai Pintu Kota merupakan Pantai yang terletak di desa Air Louw, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Maluku.

Pantai ini agak sedikit berbeda dengan pantai kebanyakan di Maluku yang berpasir putih, pantai ini dipenuhi batuan karang. Yang unik dipantai ini adalah adanya lubang besar pada tebing karangnya hingga menembus di kedua sisinya. Di tempat ini kalian juga bisa trekking ke atas bukit karang berlubang ini untuk meilhat Laut Banda dari kejauhan.

Untuk bisa menikmati keindahan pantai ini kalian hanya perlu membayar tiket Rp. 5.000,-

5. Pulau Nusa Pombo, Maluku tengah

Pulau Nusa Pombo

Foto : infojakarta.net

Pulau Nusa Pombo teletak di antara Pulau Ambon dan pulau Haruku. Masuk dalam wilayah Kecamatan Salahhutu, Kabupaten Maluku Tengah.

Nusa Pombo bisa ditempuh dalam waktu satu jam dari pelabuhan di Ambon dengan menggunakan speed boat. Pulau ini tidak berpenghuni. Pulau ini menjadi tempat yang sangat pas buat kalian yang menginginkan sensasi petualan disebuah pulau terpencil tanpa penghuni.

BACA JUGA : 12 Tempat wisata di Cirebon yang populer banget!

Di Pulau Pombo ini merupakan habitat bagi hewan endemik Maluku yaitu burung Pombo. Keindahan bawah lautnya juga tidak kalah kerennya. Biota laut yang terdapat di kawasan ini meliputi berbagai jenis ikan, kerang, rumput laut, beragam terumbu karang, dan moluska yang berada dalam lindungan pemerintah seperti kima, lola, bia gengge dan triton trompet.

6. Pulau Bair, Tual, Maluku tenggara

Pulau Bair

Foto : www.kaskus.co.id

Pulau Bair memiliki keunikan dengan 2 teluk yang air lautnya jernih dan tenang, vegetasi mangrove dan tebing batu. Ada yang bilang bahwa Sekilas Pulau Bair ibarat Raja Ampat versi mini di Maluku tenggara. Pulau Bair juga sebagai tempat hidup anak ikan Hiu jenis Blackpit.

Untuk menuju pulau Bair, perjalanan kalian akan dimulai dengan perjalanan darat dari pusat Kota Tual menuju pelabuhan di Desa Dullah Darat dengan jarak tempuh kurang lebih 30 menit dengan menggunakan kendaraan roda 2 atau 4. Setelah sampai di pelabuhan/dermaga Dullah, akan dilanjutkan lanjutkan dengan perjalanan laut, menggunakan perahu speed dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan. Setelah melewati beberapa pulau yang ada di Desa Dullah Laut kita akan sampai di Pulau Bair dan akan langsung disuguhi oleh tebing tebing batu yang mengelilingi Pulau Bair dan juga klo beruntung kita akan dapat melihat anak ikan hiu blackpit.

7. Pulau Osi, Seram Barat

Pulau Osi

Foto : jejakakibeta.blogspot.com

Pulau Osi ini terletak di Kota Piru Kabupaten Seram Bagian Barat. Pulau ini sebenernya merupakan sebuah gugusan pulau-pulau kecil yang antar pulaunya dihubungkan dengan jembatan kayu diatas laut.

8. Pantai Ora, Pulau Seram

pantai ora

Foto : www.telusurindonesia.com

Pantai ini terletak di Pulau Pulau Seram, Maluku Tengah. Pantai Ora atau Ora Beach ini sering disebut sebagai Maldives nya Indonesia. Disini kalian akan benar-benar merasakan sebuah perjalanan liburan yang menyenangkan. Kalian akan dimanjakan dengan pantai yang sangat bersih dengan air lautnya yang berwarna biru dan ombak yang begitu tenang ditambah lagi kecantikan pasir putihnya hingga pemandangan dasar laut yang sangat mengagumkan.

Disini kalian bisa menginap di resort atas laut yang sangat cantik. Resort tersebut dibangun diatas pantai dan berbentuk seperti rumah panggung.

BACA JUGA : 10 Alasan yang bikin pendatang pada betah di Jogja

Untuk mencapai Ora Beach ini memang dibutuhkan waktu yang agak panjang. Total perjalanan bisa mencapai 5 jam dimana sudah termasuk perjalanan laut dan darat. Rute yang harus ditempuh adalah Kota Ambon – Pelabuhan Tulehu – Amahai – Terminal Masohi – Desa Saleman – Pantai Ora. Tapi tenang saja, perjalanan panjang dan melelahkan ini akan terbayarkan.

***

Kalo ngomongin keindahan Maluku emang gak akan ada hibisnya. Pasti masih ada banyak yang belum Bang Jho ulas, kalian bisa nambahi di komentar. Maluku memang selalu manis.

*Jika kalian mengunjungi wisata disini jangan lupa untuk menjaga kebersihannya yah.