Ini lho tempat-tempat paling keren di Indonesia untuk berburu sunrise

rinjani

Bang Jho tahu nih, pasti kalian susah banget ngebedain apa itu sunrise dan apa itu sunset. Atau mungkin kalian pernah tahu dan pernah paham, tapi pas dalam pemakaiannya sering ketuker-tuker. Kayak kamu kalau lagi chatting-an bareng sama pacar dan selingkuhan, eh pas ngirim balesan ternyata ketuker.

Jadi, Bang Jho jelasin lagi aja yah. Intinya, sunrise itu mengarah ke langit cerah (pagi hari gitu), sedangkan sunset mengarah ke langit gelap (malam hari). Paham ya! Jangan kebalik-balik lagi lho.

 

BACA JUGA: Wahai pemburu sunset, coba kesini deh kalau pengen lihat pemandangan keren!

 

Indonesia itu punya keindahan alam yang kece banget, yah sekece Bang Jho gini lah.

 

“Emang, Bang Jho kece?”

“Yoi.”

“Jomblo juga ya?”

“HEH!!!”

 

Nah, Indonesia juga punya pesona alam yang luar biasa. Mulai dari pantai, gunung, keindahan bawah laut, bahkan keindahan mataharinya. Salah satunya ya sunrise itu. Maka dari itu, kali ini Bang Jho bakal me-review tempat-tempat keren di Indonesia buat kalian yang seneng berburu sunrise. Ini khusus buat yang pengen berburu sunrise lho yah. Kalau yang pengen berburu wanita, jangan ke sini.

Danau Toba, Sumatra Utara

foto: dahsyat.net

foto: dahsyat.net

Siapa sih yang gak kenal Danau Toba. Danau terbesar di Indonesia ini, selain menyajikan pemandangan danau yang luar biasa, juga mampu menyajikan pemandangan sunrise yang cakep.

Untuk mendapatkan sunrise yang sempurna, Wovger bisa melihatnya melalui menara Tele. Menara Tele ini lokasinya ada di pertengahan jalan antara Pangururuan – Sidikalang. Menara Tele tersusun atas 3 lantai. Lokasi menara ini berada di lereng bukit di tikungan jalan. Jadi pemandangan di sini benar- benar lepas ke Danau Toba gitu, dan mampu menghasilkan view sunrise di danau Toba yang sempurna.

Gunung Kerinci, Jambi

foto: alidesta.wordpress.com

foto: alidesta.wordpress.com

Pesona keindahan sunrise di gunung ini sudah tidak dipungkiri lagi. Gunung ini menjadi incaran para pendaki professional, baik itu dari Indonesia maupun pendaki dari luar Indonesia.

 

BACA JUGA: Turis Vs Traveller. Kira-kira kalian yang mana?

 

Selain panorama sunrise yang luar biasa indah, kalian juga bakalan mendapati panorama Danau Gunung Tujuh dari ketinggian.

Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat

foto: majawisesa.kirana-fotografi.com

foto: majawisesa.kirana-fotografi.com

Selain terkenal dengan padang Edelweis dan hutan matinya, Gunung Papandayan menjadi tempat yang asik buat melihat sunrise. Di gunung ini Wovger bakalan mendapati sunrise yang sempurna di atas awan, sesempurna Gita Gutawa saat meng-cover lagunya Andra and The Backbone.

Jalan untuk mencapai puncak cukup mudah, bahkan untuk pemula sekalipun. Jadi, ayok kapan ngajak abang buat melihat sunrise di sini dek?

“Dak, dek, dak, dek! Dasar, jomblo gak tau diri! Masa, cewek yang ngajakin. Cowok, lah!”

“Oke deh. Jadi gimana, mau gak, abang ajak ke sini?”

“Ogah!”

*muter backsound lagunya Afgan: “Terlaaalu saaadis caaaramuuuu…”*

Bukit Sikunir, Dieng, Jawa Tengah

foto: dahsyat.net

foto: dahsyat.net

Dieng memang selalu bisa memuaskan para wisatawan dengan pemandangan alamnya. Salah satunya ya di Bukit Sikunir ini. Di sini Wovger akan menemukan golden sunrise yang indah banget, seindah tatapan mata Raisa. Tsaaah.

*ngegombal melulu*

*jomblo itu kudu giat berusaha*

 

BACA JUGA: Nggak cuma surga wisata, Jawa Tengah juga punya 12 kuliner khas yang akan menggoyang lidahmu

 

Waktu paling pas buat menyaksikan sunrise di bukit ini adalah pada saat musim kemarau, yakni antara bulan Juli dan Agustus. Karena pasti gak asik banget kalau sampai pas kamu menikmati sunrise dan tiba-tiba hujan.

Gunung Prau, Dieng, Jawa Tengah

foto: arsiyawenty.wordpress.com

foto: arsiyawenty.wordpress.com

Masih dikawasan Dieng. Puncak gunung Prau yang indah dengan padang rumput luas yang memanjang dari barat ke timur, bukit-bukit kecil dan sabana dengan sedikit pepohonan, seolah menjadi racikan yang pas untuk mampu menghasilkan pemandangan sunrise yang indah.

Bukit Punthuk Setumbu, Magelang, Jawa Tengah

foto: poshariini.blogspot.com

foto: poshariini.blogspot.com

Mungkin masih agak asing di telinga kalian. Tapi di bukit Punthuk Setumbu ini, kalian bisa mendapatkan sunrise yang begitu cantik dimana kalian akan mendapati matahari pagi dengan cahaya oranyenya muncul dari balik gunung Merapi dan Merbabu. Sungguh Epik.

 

BACA JUGA: Jomblo-jomblo kesepian, cobalah berwisata ke kota sejuta bunga: Magelang. Siapa tahu dapet bunga

 

Bukit ini letaknya ada di sebelah Barat Daya candi Borobudur. Jadi buat Wovger, terutama yang dari luar kota Magelang, saran Bang Jho sih sekalian mampir ke Candi Borobudur, biar gak rugi-rugi amat udah nyampe sini.

Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

foto: travelmatekamu.com

foto: travelmatekamu.com

Inget ya, Candi Borobudur itu di Magelang. Bukan di kota lain. Ehehehe.

Hasil foto sunrise di candi ini instagramable banget. Lokasinya yang ada di dataran tinggi memang sangat pas menjadi tempat berburu sunrise. Ketika kabut mulai terangkat, Wovger akan melihat sinar matahari pagi yang menyoroti relief batu dan wajah-wajah Buddha.

Buat yang pengen ke sini, jangan lupa foto-foto. Setelah foto-foto, jangan lupa untuk di upload ke Instagram. Oh, ya, sebelum di upload, bikin akun Instagram dulu kalau belum punya.

Gunung Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur

foto: guesthouse.ub.ac.id

foto: guesthouse.ub.ac.id

Di sini kalian akan dibuat menganga melihat keindahan alam yang luar biasa. Kalian bisa mendaki gunung ini saat malam hari, dan pasti bakalan mendapati Blue Fire atau api biru di kawah Ijen. Pemandangan yang luar biasa dan jarang-jarang bisa kamu dapatkan di tempat lain. Setelah itu, Wovger bisa menunggu fajar di puncak gunung Ijen ini dan mendapati sunrise yang gak kalah luar biasa indahnya.

 

BACA JUGA: Kalau lagi ke Jawa Timur, jangan lupa sekalian berwisata ke Gresik. Karena tempat-tempat keren ini siap bikin kamu terpikat!

 

Sebuah keindahan ganda yang bisa kalian dapatkan dalam sekali pendakian. Speechless lah pokoknya sama keindahan sunrise di Gunung Ijen.

Bromo, Jawa Timur

foto: alidesta.wordpress.com

foto: alidesta.wordpress.com

Siapa sih yang gak tahu Bromo?

Gunung dengan padang pasir yang keindahannya sudah mendunia. Lokasi yang serba guna. Bisa untuk syuting film, maupun foto pre wedding.

Catatan: Kalau Mbak Indah lagi baca ini, dan ngebet pengen foto pre wedding, tahan dulu ya! Sebelum foto pre wedding, itu pacarnya disuruh ngelamar dulu deh.

Semeru, Jawa Timur

foto: alidesta.wordpress.com

foto: alidesta.wordpress.com

Semua pasti mau menikmati sunrise di puncak tertinggi pulau Jawa dong. Kecuali yang emang gak mau sih.

 

BACA JUGA: Pantai selalu menjadi primadona. Nah, buat kamu yang berwisata ke Jawa Timur, wajib banget mengunjungi 10 pantai berikut ini

 

Saat di Semeru, Wovger bakalan melihat sunrise yang muncul di antara samudra awan yang muncul dengan anggunnya. Saat kalian bisa melihat sunrise di puncak Mahameru, kalian bakalan mendapat kepuasan yang tak terkira.

Gunung Batur, Bali

foto: alidesta.wordpress.com

foto: alidesta.wordpress.com

Gunung ini terletak di Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Gunung ini menjadi salah satu gunung paling populer di pulau Dewata. Banyak pendaki yang sengaja mendaki gunung hanya untuk berburu sunrise. Panorama munculnya matahari pagi akan terlihat begitu indah dari ketinggian Gunung batur ini, ditambah dengan pemandangan danau Batur di bawahnya yang tentunya gak kalah keren.

Rinjani, Lombok, NTB

foto: alidesta.wordpress.com

foto: alidesta.wordpress.com

Dengan ketinggian 3,726 mdpl, Gunung Rinjani memang tempat yang sangat indah untuk menikmati indahnya sunrise. Jika Wovger berada di sini, pasti bakalan ngerasa gak kayak lagi di Indonesia.

 

“Terus, kalau bukan di Indonesia, di mana dong Bang?”

“Di Lombok, Dek. Tepatnya, NTB. Ehehe.”

“Itu Indonesia juga Bang!” 🙁

 

BACA JUGA: Ayo ke Lembang! Ada 7 tempat wisata menarik yang bisa kamu…

 

Banyak banget pendaki dari mancanegara yang juga pengen manjadi saksi pesona keindahan gunung Rinjani. Terutama saat pagi hari, waktu matahari terbit pertama kali.

***

Keindahan alam di Indonesia yang udah Bang Jho tulis di atas kurang keren apalagi coba? Buat apa jalan-jalan ke luar negeri kalau pesona alam negeri sendiri aja belum bisa di explore semua. Sungguh bangga menjadi orang Indonesia. Lebih bangga lagi, kalau bisa memiliki kamu. Aaaaaaak…

Pesan Bang Jho, kalau pada ke sana, jangan buang sampah sembarangan yah. Kita jaga alam Indonesia ini bareng-bareng. Jangan pula ngerusak fasilitas-fasilitas umum cuma demi foto selfie. Jangan. Pokoknya jangan!