7 Hobi Yang Bikin Kamu Tambah Cerdas

Hobby

Hobi itu bermacam-macam, dari hobi ngumpulin sesuatu seperti koleksi tas atau ngumpulin mantan sampai hobi melakukan sesuatu seperti main game atau nonton film.

Apalagi jaman sekarang, kita hidup di tengah-tengah kondisi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean), jadi pilihlah hobi yang nggak hanya untuk kesenangan semata tapi sekalian aja memilih hobi yang banyak manfaatnya dan menambah kecerdasan.

Terus, apa hubungannya sama MEA ??

Di ada-adain aja biar panjang.

Ngomong-ngomong soal hobi yang menambah kecerdasan, Mbak Indah punya loh beberapa referensi mengenai hobi yang ternyata, hobi tersebut bikin kamu semua lebih pinter.

Nah penasaran kan, hobi yang kayak apa?

Ini dia…

1. Hobi mempelajari bahasa asing.

belajar bahasa

Tau nggak sih, belajar bahasa asing itu bikin otak semakin cerdas. Soalnya, kata-kata yang sering dipelajari akan kembali menggugah kemampuan otak untuk terus berpikir.

Wah, ini salah satu hobinya Kak Zahrina loh, pantesan artikelnya keren-keren, coba deh baca surat untuk diri sendiri. Di jamin kamu bakalan terlena sama kata-katanya.

2. Selain mempelajari bahasa asing, hobi membaca buku juga bisa bikin kamu semakin cerdas.

baca buku

Kalau yang satu ini, banyak orang yang menerapkan dan tentunya sudah diakui bahwa dengan membaca buku itu memperluas wawasan.

Jadi, nggak ada ruginya loh kalau kamu mulai buka buku dan menggali kembali pengetahuan dari sana. Jangan malas-malasan.

3. Mendengarkan ataupun bermain musik.

main musik

Ada yang tau nggak dengan mendengarkan atau bermain musik itu bikin otak tambah kreatif.

Jangan jauh-jauh deh, lihat aja berapa musisi di dunia yang sukses dengan ide-idenya dan nggak pernah merasa kehabisan ide dalam bikin lagu.

Studi menunjukkan bahwa musik membantu untuk merangsang otak dan mempertajam konsentrasi. Selain itu, para peneliti mengatakan, mendengarkan musik atau memainkan alat musik membantu untuk meningkatkan memori serta dapat mempengaruhi psikologis dan emosi manusia.

4. Tambah hobimu dengan melakukan meditasi.

meditasi

Meditasi atau yoga bisa membantu kamu lebih fokus dan berkonsentrasi. Tentunya ini akan bermanfaat pada rutinitasmu dalam bekerja. Selain itu, meditasi bisa mengurangi stress karena sifatnya yang menenangkan dan merilekskan pikiran. Otak jadi lebih damai dan jernih. Orang sukses pada umumnya melakukan meditasi di pagi hari sebelum mereka sarapan, baca : Ritual pagi hari orang-orang sukses sebelum sarapan.

5. Jadikan memasak sebagai hobi.

memasak

Sekarang, hobi masak itu nggak hanya dilakukan kaum Hawa aja tapi para Adam, Adam Levine, dan Adam Inul juga melakukannya.

Dengan memasak, kamu bisa lebih eksplore bahan-bahan masak untuk merangsang kreativitasmu dalam bikin sesuatu. Misalnya saja dengan bikin Kue Cubit Green Tea.

Entah itu masakanmu di mix and match macam rujak soto, rawon pecel atau sate mawut, suka-suka kamu yang penting hobi yang satu ini udah terjamin bisa bikin kecerdasan otakmu naik satu level lebih tinggi.

6. Main catur dengan orang tua atau muda.

catur

Sekilas, catur ini merupakan permainan yang membosankan, tapi jangan salah justru permainan skak mat inilah yang bikin otakmu tajam, setajam silet … jeng-jeng-jeng jeeenggg..

Nggak bisa disangkal lagi kalau main catur itu emang bikin otak makin terasah. Pasalnya, permainan ini membuatmu jadi mikir keras untuk menemukan rumus yang tepat agar lawanmu kalah.

Kamu juga dituntut untuk membuat strategi dalam melangkah dan membuat jebakan. Itu kenapa sampai sekarang masih ada tuh, olimpiade catur dunia yang isinya nggak hanya orang-orang tua tapi juga anak muda.

7. Nggak cuma bkin sehat aja, olahraga juga bikin kamu pinter.

olahraga

Otak nggak cuma di suruh mikir aja tapi dia butuh nutrisi dari pola hidup kita juga. Semakin banyak kamu olahraga semakin tinggi pula kecerdasanmu. Olahraga membantu untuk menjaga otak dan tubuh untuk berfungsi aktif. Olahraga juga mengurangi ketegangan, dan mampu membuat kamu tidur lebih nyenyak.

***

Nah, itu dia beberapa hobi yang bisa bikin kamu tambah cerdas. Kamu punya hobi apa aja ? Share di kolom komentar yaaawww 🙂