Sedang Berkunjung ke Bengkulu? 9 Tempat Wisata Ini Wajib Kamu Kunjungi

Bengkulu

Daya pikat wisata Indonesia nggak akan pernah ada habisnya. Setelah Bang Jho mengulas banyak tempat yang memikat, giliran Kak Zahrina sedikit menambahi objek wisata yang menarik di Bengkulu. Untuk kamu yang kebetulan sedang main ke Bengkulu atau mau mampir ke Bengkulu atau tinggal di Bengkulu, sudahkah berkunjung ke tempat-tempat ini.

1. Pantai Tapak Paderi

Pantai Tapak Paderi Bengkulu

Foto : oldlook.indonesia.travel

Di pantai inilah pelabuhan laut pertama di Bengkulu didirikan. Tujuannya adalah sebagai penunjang transportasi laut bagi pemerintah Inggris pada saat itu. Pantai ini jaraknya hanya 100 meter dari Benteng Marlborough.

Jangan melewatkan momen matahari terbenam yang bisa disaksikan di pantai ini. Selain sunset, Wovger bisa memandang keindahan laut Bengkulu dari atas.

2. Pantai Panjang

Pantai Panjang Bengkulu

Foto : www.1001wisata.com

Pantai Panjang dinamai Pantai Panjang karena garis pantainya yang cukup panjang yaitu 7 kilometer. Pantai ini letaknya hanya 3 kilometer dari pusat kota dan hanya membutuhkan waktu 15 menit.

Keindahan pantai ini dipercantik dengan tumbuhnya pohon pinus dan pohon cemara di sekitar pantai. Pasirnya yang putih semakin menambah keelokannya. Waktu yang tepat berkunjung ke sini yaitu saat matahari terbenam. Dan orang yang tepat diajak traveling kesini adalah pasangan, atau keluarga 😀 eehehehe

3. Danau Dendam Tak Sudah (DDTS)

Danau Dendam Tak Sudah Bengkulu

Foto : www.flickr.com

Iya, nama danaunya memang sedikit alay – meski nggak se-alay anak-anak alay yang suka foto alay di Indomaret atau Zebra Cross. Meski mengusung nama yang sedikit unik, pemandangannya keren banget lho Wovger. Lokasi tepatnya berada di Kelurahan Dusun Besar, Kecamatan Singaran Pati, Kota Bengkulu.

Flora dan fauna di danau ini cukup beragam. Banyak ditemukan jenis-jenis anggrek di danau ini seperti anggrek matahari dan anggrek pensil. Faunanya yaitu siamang, burung kutilang, lutung, kera ekor panjang, ikan kebakun, dan ikan palau.

Di sini, Wovger bisa berfoto ria dengan latar belakang pemandangan hijau dan biru yang cukup indah. Harga tiketnya sekitar Rp 2.000 saja. Mayan murah kan, kencan disini paling-paling habis Rp. 10.000, sudah termasuk dua tiket dan dua gelas es teh buat nikmatin pemandangan bareng pasangan.

4. Pulau Tikus

Pulau Tikus Bengkulu

Foto : www.trendezia.com

Dinamakan Pulau Tikus mungkin karena ukurannya yang kecil mirip seperti tikus. Ya pulau ini luasnya hanya sekitar 1,5-2 hektar saja. Lebih mirip sebuah karang di tengah laut daripada disebut sebagai pulau.

Untuk menuju Pulau Tikus yang letaknya sekitar 10 km dari pusat kota Bengkulu, Wovger bisa menyeberang dari Pantai Panjang dengan perahu motor selama 40 menit. Di siang hari, Wovger bisa menyelam, memancing, atau snorkeling. Di malam hari kalau beruntung, Wovger bisa menyaksikan penyu-penyu sedang bertelur,.. idiihhhh …

5. Benteng Marlborough

Benteng Marlborough Bengkulu

Foto : www.indonesia.travel

Marlborough adalah nama sebuah tempat yang berada di Wiltshire, Inggris. Nama Marlborough bisa kamu temui di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Selandia Baru, Malaysia, Kanada, dan Zimbabwe. Umumnya, kata Marlborough merujuk pada bangsa Inggris. Dengan kata lain, benten ini merupakan bukti bahwa Inggris pernah berkuasa di Bengkulu.

Untuk menuju tempat ini, Wovger bisa naik bus mengambil jurusan Terminal Bengkulu-Alun-alun Bengkulu yang melewati benteng ini secara langsung. Benteng ini buka dari Selasa-Minggu dari jam 09.00-18.00 dan libur setiap hari Senin. Harga tiketnya sangat terjangkau yakni sekitar Rp5.000 saja.

6. Rumah Pengasingan Bung Karno

Rumah Pengasingan Bung Karno Bengkulu

Foto : www.klikhotel.com

Bengkulu menyimpan cerita wisata historis yang cukup banyak. Setelah Benteng Marlborough, Wovger harus berkunjung ke rumah pengasingan Bung Karno. Alamatnya terletak di Jalan Soekarno-Hatta, Kelurahan Anggut Atas, Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu.

Di sanalah Bung Karno harus menjalani hari-hari selama empat tahun dari 1938-1942. Wovger bisa mengamati koleksi-koleksi Bung Karno zaman dulu mulai dari buku, sepeda, perabotan, hingga surat cinta Bung Karno yang ditujukan untuk Fatmawati… duuh cooo cwiitttt. Ingin berkunjung ke sini? Jangan lupa siapkan uang Rp2.500 sebagai retribusi masuk.

7. Kota Curup

Kota Curup Bengkulu

Foto : bencoolencoffee.wordpress.com

Di kota inilah Thomas Stamford Raffles menemukan bunga bangkai raksasa yang kelak dinamai sesuai namanya, Rafflesia Arnoldii. Kabupaten Rejang Lebong beribukotakan suatu kawasan yang bernama Kota Curup. Kota ini terletak tepat di pegunungan yang terkenal di Indonesia, pegunungan Bukit Barisan.

8. Bukit Kaba

Bukit Kaba Bengkulu

Foto : ksmtour.com

Dalam bahasa lokal, ‘kaba’ artinya kamu. Jadi bukit kaba secara harfiah adalah bukit kamu. Bukit Kaba letaknya di Desa Sumber Urip, Kecamatan Sepuluh Rejang, Kabupaten Rejang Lebong. Bukit Kaba sejatinya merupakan sebuah gunung api yang pernah mengalami erupsi.

Di bukit ini, Wovger akan menemukan panorama yang hijau dan memandang keindahan kota dari atas. Terdapat 8 kawah gunung berapi di bukit ini, 5 di antara 8 kawah tersebut tertutup vegetasi karena saking rimbunnya. Jangan lupa bawa tenda dan berkemah di sini.

9. Danau Mas Harun Bastari

Danau Mas Harun Bastari Bengkulu

Foto : oldlook.indonesia.travel

Nama danau yang tidak kalah dengan DDTS. Danau ini letaknya masih satu kota dengan Bukit Kaba. Jaraknya sekitar 17 km dari pusat Kota Curup. Objek wisata Danau Mas Harun Bastari cocok untuk keluarga. Tersedia perahu dan sepeda air untuk berkeliling danau.

Gimana? Udah siap menjelajah tempat-tempat di atas? Atau jangan-jangan masih ragu-ragu? Hmm.. Kalau masih ragu, mendingan kamu baca dulu deh nasihat Bang Jho pentingnya traveling sebelum nikah.