14 Terowongan Pohon Paling Keren di Dunia

Jacarandas Walk

Inget gak sih pas jaman kecil, kita seneng banget pas lewat terowongan gitu. Hehehe. Jadi inget nih masa kecil yang fun, tanpa bingung mikirin hidup yang masih sendiri tanpa pasangan. Eaaaak….

Kalian tau gak sih didunia ini ada terowongan-terowongan yang terbentuk dari jajaran pohon yang ditanam berjajar sepanjang tepian jalan gitu. Dengan susunan yang teratur dan pemilihan jenis tumbuhan yang pas, sehingga menghasilkan efek terowongan yang indah banget.

Kalo temen-temen lihat terowongan-terowongan pohon yang bakalan Bang Jho bahas ini, kalian bakalan kesenengan kaya anak kecil juga kali yah.

Nah yok sama-sama liat review dari Bang Jho.

1. Jacarandas Walk, Afrika Selatan.

Jacarandas Walk, Afrika Selatan Terowongan pohon ini terletak di Johannesburg dan juga di Pretoria. Jacaranda itu adalah sebuah jenis pohon dengan bunga berwarna ungu yang indah. Ada setidaknya 49 spesies Jacaranda yang ditanam untuk membentuk terowongan ini. Sebagian besarnya berasal dari Amerika Selatan (terutama di Uruguay, Brasil, Peru & Argentina), dan basin Karibia.

Jacarandas Walk, Afrika Selatan

Pohon-pohon tropis ini diimpor ke Afrika Selatan lebih dari seratus tahun yang lalu – nggak cuma bahan pangan aja ya yang impor, pohon juga.. hmmm. Oktober adalah bulan dimana Kak Zahrina ulang tahun, ehhh bukan-bukan,.. tapi bulan ketika bunga dari ribuan pohon Jacaranda sedang mekar penuh. Jadi saat bulan-bulan inilah pesona keindahan Jacarandas Walk ini bakalan pecah banget.

 2. Cherry Blossom Tunnel, Jerman.

Cherry Blossom Tunnel

Cherry Blossom Tunnel (Heerstrabe) terletak di kota Bonn, Jerman. Sepanjang tepian jalan kenangan kita akan bergandeng tangan,… lhahhh malah nyanyi,.. sepanjang tepian jalan ini bakalan jadi sangat indah saat deretan bunga sakura ditepian jalannya sedang mekar-mekarnya.

Bunga sakura ini berbunga saat musim dan mekar rata-rata selama 7 – 10 hari tergantung pada kondisi cuaca dan semua tergantung pada kamu, mau menjaganya atau malah dirusak demi selfie kerenmisal manjat pohon. Wah keindahan terowongan ini cukup langka juga buat didapati yah.

3. Wisteria Tunnel, Jepang.

Wisteria Tunnel, Jepang

Jepang tak mau ketinggalan. Disini selepas musim bunga sakura, bakalan mekar bunga Wisteria yang cantik. Nah di Jepang ini bahkan ada yang namanya Fuji Matsuri, atau Wisteria Festival. Festival ini dirayakan setiap musim semi di Tokyo, Shizuoka, dan Okazaki.

Wisteria Tunnel atau terowongan bunga dan pohon wisteria ini bisa kalian nikmati di Kawachi Fuji Garden, Kitakyushu, atau Ashikaga Garden di Jepang. KAAWWAAAIIIIII !!!

4. Bamboo Path, Kyoto, Jepang

Bamboo Path, Kyoto Jepang

Bamboo Path ini bisa kalian temui di Hutan Sagano Bamboo yang terletak di Arashiyama, situs bersejarah nasional. Disini kalian akan dibawa melintasi jajaran pohon bambu yang menawan dijalan sepanjang kurang lebih 500 m. Badan Urusan Kebudayaan menyatakan Arashiyama sebagai “Place of Scenic Beauty ” karena keindahannya. Catatan, meski ini banyak bambu, tapi nggak ada gendruwo nya lho… ITU !

5. Ginkgo Tree Tunnel, Jepang

Ginkgo Tree Tunnel Jepang

Jepang memang selalu memiliki pesona keindahan yang tidak ada habisnya. Setelah Wisteria dan Bamboo Path, kini ada Ginkgo tree tunnel yang menjadi bagian dari sekian terowongan indah yang ada di negeri Sakura tersebut. Terowongan yang tersusun dari pohon Ginkgo ini terletak di kawasan luar Meiji Shrine, Tokyo. Ginkgo merupakan pohon yang dihormati dalam budaya masyarakat Jepang. Berawal dari pandangan pertama yang turun ke hati, enam pohon yang berhasil selamat dari serangan bom Hiroshima diselamatkan, dirawat, dan terus tumbuh hingga saat ini. Oleh sebab itu, masyarakat menganggap pohon ini sebagai pembawa harapan – seperti kamu adalah harapan dari masa depan ku. *dikeplak!!!

Pohon ini juga dikenal dengan ‘survivor’ dan ‘fosil hidup’. Waaa keren ya … :3

6. Rua Gonçalo de Carvalho, Brasil

Rua Gonçalo de Carvalho, Brazil Rua Goncalo de Carvalho  ini berada di Porto Alegre, Brasil. Sepanjang 500 meter (0,3 mil), trotoar jalan itu dipenuhi dengan lebih dari seratus pohon Rosewood sehingga membentuk terowongan yang begitu indah. Pohon-pohon ini ditanam pada tahun 1930 oleh para pekerja Jerman yang bekerja di tempat pembuatan bir di lingkungan tersebut.

Rua Gonçalo de Carvalho, Brazil

Sempat ada ancaman dari berbagai usaha untuk menebang beberapa pohon sebagai pengembangan lahan bisnis, yaahh,. Tetapi usaha ini telah digagalkan oleh komunitas aktifis dan pada tahun 2006, dan akhirnya jalan itu secara resmi dinyatakan sebagai Heritage Environment di Amerika Latin. Itu adalah kehormatan yang pertama kalinya diberikan pada sebuah jalan perkotaan.

7. The Dark Hedges, Irlandia Utara

The Dark Hedges

The Dark Hedges ini terdapat di Bregagh dekat desa Stranocum di County Antrim, Irlandia Utara. Terowongan ini terbentuk dari jajaran pohon beech yang dikenal secara lokal sebagai “pagar gelap” yang diperkirakan berusia sekitar 300 tahun. Ada lebih dari 100 pohon beech berbaris di sisi-sisi jalan untuk membentuk terowongan ini.

8. Oak Alley Plantation Tree Tunnel, USA

Oak Alley Plantation

Oak Alley Plantation adalah perkebunan bersejarah yang terletak di Sungai Mississippi di komunitas Vacherie, Louisiana.  Oak Alley Plantation ini bahkan dilindungi sebagai National Historic Landmark. Pohon ek yang tumbuh berjajar membentuk terowongan ini sudah ditanam sekitar awal abad 18 dengan tinggi kurang lebih 800 kaki (240 meter). Bahkan pohon ini sudah dibangun sebelum castil megah dilokasi ini dibangun. Jadi Terowongan pohon ini menghubungkan rumah megah yang hampir mirip castel ini dan Sungai Mississippi.

Cocok buat rumah masa depan kita berdua … (-___-)

9. Natural Tree Tunnel, USA

Natural Tree Tunnel, USA

Terowongan pohon ini terletak di Mendocino County, California. Saat melalui terowongan ini kalian akan dibawa melewati US Highway 1, tepat di sebelah utara pantai Seaside.

10. Autumn Tree Tunnel, USA

Autumn Tree Tunnel

Seperti namanya, puncak keindahan dari terowongan ini adalah saat musim gugur. Terowongan ini terletak di  jalan menuju Notch Smuggler, sebuah taman negara bagian Vermont.

11. Yew Tree Tunnel, Wales

Yew Tree Tunnel

Rumah abad pertengahaan Aberglasney, memiliki salah satu taman yang paling indah di Wales, Inggris. Terowongan Yew diduga telah ditanam oleh keluarga Dyer pada abad kedelapan belas. Terowongan pohon Yew merupakan daya tarik wisata yang populer di daerah ini. Butuh pemangkasan selama sembilan tahun untuk mengembalikan keunikan gerbang lengkung ini. Dan butuh bertahun-tahun buatku untuk meluluhkan hatimu meski akhirnya ditinggal nikah …. trsssssaaahhhhh 🙁

12. Terowongan Cypress, California

Terowongan Cypress

Terowongan ini berada di Pantai Point Reyes. Terowongan ini terbentuk dari jajaran pohon cemara yang menjulang tinggi dan berjajar begitu indah. Pantai Point Reyes merupakan sebuah situs bersejarah stasiun nirkabel Marconi. Ini adalah salah satu stasiun radio paling awal di dunia dan satu-satunya stasiun kode Morse komersial yang masih operasional di Amerika Serikat.

13. Terowongan Laburnum, Wales

Terowongan Laburnum

Terowongan ini terletak di Bodnant Garden. Bodnant Garden merupakan taman bersejarah seluas lebih dari 80 hektar disekitar Bodnant House dekat kota Tal-y-Cafn di Wales. Awalnya dibangun pada akhir abad ke-19, rumah dan taman sekarang menjadi properti National Trust.

Terowongan ini terbentuk dari susunan bunga laburnum yang berwarna kuning emas menakjubkan.

14. The Tunnel of Love, Ukraina

The Tunnel of Love

Lokasi terowongan cinta ini ada di dekat kota Klevan di Ukraina. Terowongan ini sebenarnya adalah sebuah terowongan pohon kereta api. Selama bulan-bulan hangat, pohon-pohon yang ditanam berdekatan disekitar rel ini akan membentuk sebuah terowongan hijau sejauh satu kilometer sepanjang rel kereta api yang akan terlihat begitu indah. Kalau ke sini bisa lhah ngajak pasangan, namanya kan trowongan cinta… hehehe … ((((( pasangan ))))

***

Itu dia beberapa terowongan pohon yang ada didunia dengan view yang Instagramable. Pokoknya kalo bisa kesini bakalan buru-buru foto terus update Instagram. Tapi ingat, jangan dirusak…! Wahh, musti jauh ke luar negeri ya buat liat beginian … hmmmm #nabung dulu aja deh, gunain trik nabung ala Kak Agung ini aja : Trik Nabung Unik – biar cepet kesampaian keliling ke luar negeri dan liat-liat terowongan di atas.

Ngemeng-ngemeng, kalo ada yang tau lokasi lain bisa share di komen yah.